PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR AKTIVA, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Ni Kadek Dwi Pebriyanti Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Sukadana Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Widnyana Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Struktur Modal, Profitabilitas, Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan

Abstract

Struktur modal merupakan perimbangan atau perbandingan antara hutang jangka panjang dengan modal sendiri, dimana struktur modal merupakan bagian dari struktur keuangan. Adanya faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal menjadi hal yang penting sebagai dasar dalam penentuan komposisi struktur modal optimal perusahaan. Struktur modal dapat dipengaruhi beberapa faktor diantaranya yaitu stabilitas penjualan, struktur aktiva, operating leverage, tingkat pertumbuhan, profitabilitas, pajak, pengendalian, sikap manajemen, sikap pemberi pinjaman dan penilai kredibilitas, kondisi pasar, kondisi internal perusahaan dan fleksibilitas keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, struktur aktiva dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal. Penelitian ini dilakukan pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2017. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 67 perusahaan, dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel profitabilitas, struktur aktiva dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Secara parsial variabel profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap struktur modal dengan nilai signifikansi 0,016. Variabel struktur aktiva tidak berpengaruh terhadap struktur modal yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,250. Sedangkan variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal dengan nilai signifikansi 0,007.

References

Angg, R. 1997. Pasar Modal Indonesia. Jakarta: Mediasoft Indonesia.

Andi Kartika. 2009. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan manufaktur yang Go Public di BEI. Jurnal Dinamika Keuangan dan Perbankan. Vol 1, No 2. Hal 105-122.

Ariyanto, T. 2002. Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Struktur Modal Perusahaan. Jurnal Manajemen Indonesia. Vol.1, No.1. Universitas Gajah Mada.

Atmaja, Lukas Setia. 2008. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Andi.

Brigham dan Houston. 2011. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Bursa Efek Indonesia. 2018. www.idx.co.id, diunduh Juli 2018.

Dahlan, Siamat. 2010. Manajemen Lembaga Keuangan, Edisi Keempat. Lembaga Penerbit FE Universitas Indonesia, Jakarta.

Deviani, Made Yunitri. 2018. Pengaruh Tingkat Pertumbuhan, Struktur Aktiva, Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Struktur Modal Perusahaan Pertambangan Di BEI. Jurnal Manajemen. Universitas Udayana. Vol 7, No 3, Hal 1222-1254.

Febriyani, Nina dan Ceacilia Srimindarti. 2010. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan-Perusahaan LQ 45 di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2008. Dinamika Keuangan dan Perbankan. Vol 2, No 2, Hal 138-159.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Hadianto, Bram. 2007. Pengaruh Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Struktur Modal Emiten Sektor Telekomunikasi periode 2000-2006: sebuah Pengujian Hipotesis Pecking Order. Paper. Bandung: Universitas Kristen Maranatha Bandung.

Halim, Abdul. 2007. Manajemen Keuangan Bisnis. Bogor: Ghalia Indonesia.

Indrajaya, Glenn. 2011. Pengaruh Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Tingkat Pertumbuhan, Profitabilitas, dan Risiko Bisnis terhadap Struktur Modal: Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Listing di Bursa Efek Indonesia periode 2004-2007. Jurnal Ilmiah. No.06. Universitas Islam Indonesia.

Indriantoro, Nur dan Supomo, Bambang. 2002. Metodelogi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE.

Joni dan Lina. 2010. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Vol 12, No 2, Hal: 81-96.

Kartika, Andi. 2016. Pengaruh Profitabilitasm Struktur Asset, Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal. Infokom. Vol 1, No 1, Hal 49-58.

Kartini dan Tulus Arianto. 2008. Struktur Kepemilikan, Profitabilitas, Pertumbuhan Aktiva dan Ukuran Perusahaan terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Keuangan dan Perbankan. Vol. 12 No. 1: 11-21.

Keown, A J dkk. 2000. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Lukaman Syamsudin. 2007. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mai, Muhammad Umar. 2006. Analisis Variabel-variabel yang mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan LQ-45 di Bursa Efek Jakarta. Ekonomika. Bandung: Politeknik Negeri Bandung.

Mardiansyah, Tommy. 2012. Pengaruh Profitabilitas dan Operating Leverage terhadap Struktur Modal Perusahaaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi. Universitas Negeri Padang.

Mardiyanto. 2010. Intisari Manajemen Keuangan. Edisi pertama. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia (GRASINDO).

Munawir, S. 2004. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Penerbit Liberty.

Myers, Stewart C., and Nicholas S Majluf. 1984. Corporate Financing and Investment Decisions When Firmz Have Information That Investors Do Not Have. Journal of Financial Economis, (13), pp: 187-221.

Nafarin, M. 2007. Penganggaran Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Prastowo, Dwi dan Rifka Julianty. 2002. Analisis Laporan Keuangan: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: PP AMP YKPN.

Putri, Meidera Elsa Dwi. 2012. Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva dan Ukuran Perusahaan terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen. Vol.01, No.01. Universitas Negeri Padang.

Putra, Dwi Ema dan Kesuma, I Ketut Wijaya. 2013. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan terhadap Struktur Modal Industri Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi. Bali: Universitas Udayana.

Riyanto, Bambang. 2001. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan Edisi 4. Yogyakarta: Bagian Penerbitan FE.

Sambharakresnha, Yudhanta. 2010. Pengaruh Size of Firm, growth dan Profitabilitas terhadap Struktur Modal Perusahaan. Jurnal Akuntansi, Manajemen Bisnis dan Sektor Publik. JAMBSP Vol. 6 No. 2, Hal: 197-216.

Sartono, R. Agus. 2000. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Bagian Penerbitan FE.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujianto. 2001. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE.

Sujoko dan Soebiantoro, Ugy. 2007. Pengaruh Struktur kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Intern dan Faktor Ekstern terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi Manajemen. Universitas Petra.

Wiwelda, Linda dan Marlinah, Aan. 2013. Variabel-variabel yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Publik Sektor Non Keuangan. Media Bisnis. Edisi Khusus November.

Wijaya, S W I Putu dan Utama K I Made. 2014. Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aset, dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Struktur Modal serta Harga Saham. Jurnal Akuntansi. Bali: Universitas Udayana.

Weston, Fred, J dan Brigham, F. Eugene. 1990. Manajemen Keuangan Edisi Ketujuh Jilid Dua. Jakarta: Erlangga

Weston, J. Fred. dan Copeland, Thomas. 1997. Manajemen Keuangan Jilid 2 Edisi 9. Jakarta: Penerbit Binarupa Aksara.

Wild, J J, Subramanyam, dan Halsey, R F. 2005. Analisis Laporan Keuangan Buku 2 Edisi 8. Jakarta: Salemba Empat.

Published
2020-12-05
Section
Articles