PENGARUH LIKUIDITAS, SOLVABILITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018-2020

Authors

  • I Gusti Ayu Diah Listhya Artarini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Agus Wahyudi Salasa Gama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

kebijakan dividen, likuiditas, solvabilitas, profitabilitas

Abstract

Kebijakan dividen merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan keputusan pendanaan suatu perusahaan. Kebijakan dividen merupakan keputusan apakah laba yang diperoleh perusahaan akan dibagikan kepada para pemegang saham dalam bentuk dividen atau akan ditahan dalam bentuk laba ditahan yang nantinya akan digunakan sebagai pembiayaan investasi dimasa yang akan datang. Sedikit banyaknya dividen yang akan dibagikan kepada para pemegang saham tergantung kepada hasil rapat umum pemegang saham (RUPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan Profitabilitas terhadap Kebijakan Dividen pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020.

Populasi pada penelitian ini berjumlah 193 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Purposive Sampling, dengan menggunakan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya, sehingga diperoleh sampel penelitian yang berjumlah 50 perusahaan manufaktur. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Likuiditas dan Profitabilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kebijakan Dividen. Sedangkan Solvabilitas tidak berpengaruh terhadap Kebijakan Dividen. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan variabel lain yang secara teori mempunyai pengaruh terhadap kebijakan dividen, seperti tingkat pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan dan nilai perusahaan.

References

Adilla, N. (2018). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen (Studi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2016) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Anisah, A. (2019). Pengaruh Rasio Likuiditas, Solvabilitas Dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2013-2016.

Adam, M. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, FirmSize dan Solvabilitas terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium, 6(1), 60-86.

Damayanti, K., & Bachtiar, N. K. (2019). Analisis Pengaruh Current Ratio (CR), Return On Asset (ROA), Debt To Equity Ratio (DER), Dan Sales Growth Terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) (Studi Empiris Pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018). In UMMagelang Conference Series (pp. 598-608).

Fauhan, S. L. (2022). Pengaruh Rasio Profitabilitas, Likuiditas Dan Solvabilitas Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Food And Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2017-2021 (Doctoral dissertation, Universitas Internasional Semen Indonesia).

Ghozali, I. 2018. Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi ke 9). Semarang : BPFE Universitas Diponegoro.

Hery, S.E., M.Si., CRP., RSA.. 2019, Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT Grasindo.

Hanum, M., Febriyanto, F., & Japlani, A. (2020). Pengaruh Rasio Profitabilitas, Solvabilitas Dan Likuiditas Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Consumer Goods Di BEI (Periode 2016-2018). Derivatif: Jurnal Manajemen, 14(2).

Kasmir, S.E., M.M. 2019. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Martins, M. T. G. C. (2021). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Kebijakan Dividen (Studi kasus pada perusahaan Manufaktur Sektor Barang dan Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020) (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).

Permatasari, D. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Doctoral dissertation).

Rusanto, G. P. (2019). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, dan Umur Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. UniversitasMahasaraswati Denpasar.

Syahputra, R. A., & Ijma, I. (2020). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Efektivitas, Dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen (Studi pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018). JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 12-23.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.

Windy, O. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Solvabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Sektor Property, Real Estate dan Building Construction yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019 (Doctoral dissertation, STIM YKPN Yogyakarta).

Yusuf, R. A. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas Dan Likuiditas Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen (Studi Empiris pada Perusahaan Perkebunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2015) (Doctoral dissertation,Universitas Airlangga).

Yuliani, Y. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Solvabilitas terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 19(1), 31-48.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles