PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Ni Luh Silvia Ratna Juliantari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Widnyana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ngurah Bagus Gunadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan, kebijakan dividen

Abstract

Kebijakan dividen merupakan keputusan untuk membagi laba yang diperoleh perusahaan kepada pemegang saham sebagai dividen atau akan menahan dalam bentuk laba ditahan untuk digunakan sebagai pembiayaan investasi pada masa yang akan datang. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan diveden pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Obyek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Profitabilitas, Likuiditas, Dan Ukuran Perusahaan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode penelitian 2016-2018. Pemilihan sampel dalam penelitian didasarkan pada metode purposive sampling, jumlah pengamatan dalam penelitian ini adalah 36. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Likuiditas tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

References

Alifian. 2020. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Ahmad, N. (2017). Determinants of Dividend Payout: An Empirical Study of Pharmaceutical Companies of Pakistan Stock Exchange (PSX). Journal of Financial Studies & Research, 2017.

Evi, 2018. Analisis Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI (Studi Kasus Pada Sektor Industri Makanan Dan Minuman 2013-2017). Skrpsi Universitas Islam Indonesia Fakultas Ekonomi Yogyakarta.

Bangun, N., & Hardiman, S. (2012). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Cash Position, Debt to Equity Ratio (DER), dan Kesempatan Investasi terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2008-2010. Jurnal Pasar Modal dan Perbankan, 1(2), 80-102.

Badu, Ebenezer Agyemang. 2013. Determinants of Dividend Payout Policy of Listed Financial Institutions in Ghana. Research Journal of Finance and Accounting, Volume 4, No. 7, Hal. 185-191

Bella, Ayuningthias (2019) Analisis Pengaruh Leverage, Likuiditas, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Properti, Real Estate Dan Sub Sektor Konstruksi Bangunan Yang Terdaftar Di Bei Periode 2013-2017). Jurnal Prodi S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Telkom

Brigham & Houston. (2011). Dasar- dasar Manajemen Keuangan Buku 2 (Essentials Of Financial Management) Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Evi (2018) Analisis Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI (Studi Kasus Pada Sektor Industri Makanan Dan Minuman 2013-2017). Skrpsi Universitas Islam Indonesia Fakultas Ekonomi Yogyakarta.

Fahmi, Irham 2015. Pengantar Manajemen Keuangan Teori. Bandung: Alfabeta.

Hajar, I. (2016). Analisis Pengaruh Cash Position, Debt to Equity Ratio, Return On Assets, Current Ratio, dan Firm Size Terhadap Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014. Skripsi Sarjana. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Helen. 2013. Skripsi. Pengaruh Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Growth Terhadap Kebijakan Dividen.

Hikmiyati, Nisfu Lailatul. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.

Hendika, 2016. Analisis Pengaruh Leverage, Likuiditas, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2012-2014. Skripsi Program Studi Manajemen-Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Jayanti, Dwi. 2020. Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Leverage, Pertumbuhan, Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2017- 2019. Jurnal. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Lestari (2016) Pengaruh Likuiditas, dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen Pada BUSN Devisa yang terdaftar di BEI periode 2010-2014. E-Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.

Mamduh M. Hanafi dan Abdul Halim. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: AMP-YKPN.

Novia (2019) Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Lembaga KeuanganYang Terdaftar Di BEI Tahun 2013-2016. Skripsi Manajemen Universitas Mahasaraswati Denpasar

Rahayuningtyas, Septi. Suhadak dan Siti Ragil Handayani. 2014. Pengaruh Rasio- Rasio Keuangan Terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) (Studi Pada Perusahaan Yang Listing Di BEI Tahun 2009-2011). Jurnal Akuntansi Bisnis. Volume 7.Nomor 2.

Sari, Ni Made Vironika, and Budiasih, I. G. A. N. 2014. "Pengaruh Debt To Equity Ratio, Firm Size, Inventory Turnover Dan Assets Turnover Pada Profitabilitas." E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol. 6, pp: 261-273

Saragih, Pebrianti Miranda. 2015. Analisis PengaruhPertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas, Likuiditas, Kepemilikan Institusional Dan Ukuran perusahaanTerhadap Kebijakan Deviden dengan Risiko Bisnis Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009 – 2014. USU, E-Jurnal Universitas Medan

Sindhu, M. I., Hashmi, S. H., & Haq, E. U. (2016). Impact of ownership structure on dividend payout in Pakistani non-financial sector. Cogent Business & Management, 15(1), 1–11.

Sudiartha, Merta (2013) Jurnal Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen Perusahaan Manufaktur Di BEI Periode 2009-2011. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia.

Sudiartana, Pande. (2020) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Pada Periode 2016-2018. Jurnal Program Studi S1 Akuntansi, Jurusan Ekonomi dan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.

Sudana, I Made. 2015. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik Edisi 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Suriani. (2018) Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas. Dan Leverage Terhadap Kebijakan Deviden Pada Perusahaan Lq45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016. Jurnal Akutansi Program Studi Akuntansi STIE Mikroskil.

Tania, L. 2014. Analisis Pengaruh Cash Position, Debt To Equity Ratio, Return on Asset, Cash Ratio, Asset Growth dan Firm Size Terhadap Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2012. Jurnal Online.

Wahyu, Dony. 2013 Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Dividend Payout Ratio (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Membagikan Dividen Tunai di BEI Tahun 2008 – 2011). Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Wiendharta, A. D. 2019. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Deviden. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA). Surabaya.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles