PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI(Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode2017-2019

Authors

  • Gissella Nurcahyani Suharto Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Agus Wahyudi Salasa Gama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Nilai Perusahaan, Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan.

Abstract

Nilai perusahaan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi minat investor untuk membuat suatu keputusan investasi di sebuah perusahaan. Perusahaan yang memiliki tata kelola perusahaan yang baik, kinerja yang baik dan tanggung jawab pada lingkungan sosial akan membuat investor yakin mengenai saham yang diinvestasikan di pasar. Selain itu profitabilitas dan ukuran perusahaan juga masih menjadi perhatian yang penting bagi perusahaan sehinga perlu dilakukan pengujian mengenai pengaruh Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance pada nilai perusahaan melalui profitabilitas dan ukuran perusahaan sebagai varaibel moderasi. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia, dengan objek penelitian perusahaan manufaktur periode 2017 – 2019. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling, sehingga diperoleh sebanyak 50 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Moderate Regression Analysis (MRA). Hasil pengujian menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi pengungkapan CSR dan pelaksanaan GCG, maka nilai perusahaan akan semakin tinggi. Profitabilitas dan ukuran perusahaan mampu memoderasi hubungan antara Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance terhadap nilai perusahaan.

References

Cahyono, Deddy Dyas; Andini, Rita; Raharjo, Kharis. 2016. Pengaruh komite audit, kepemilikan institusional, dewan komisaris, ukuran perusahaan (Size), leverage (DER) dan profitabilitas (ROA) terhadap tindakan penghindaran pajak (tax avoidance) pada perusahaan perbankan yang listing BEI periode tahun 2011–2013. Journal of Accounting, Vol 2, No. 2.

Efriyenti, Dian. 2018. Analisis Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Pemoderasi. Aksara Public, Vol 2, No. 4, pp. 1-15..

Fauzi, A. S., Suransi, N.K. 2016. Pengaruh GCG dan CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Investasi. Vol.12 No.1. Pp. 1 – 19.

Firmansyah, Didi; Surasni, Ni Ketut; Pancawati, Sri. 2020. Pengaruh CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, Vol.30 No.1. pp. 163 – 178.

Hakim, Luqman Nur, et al. 2019. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Dan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi. Probisnis, Vol.12 No.2. pp. 25 – 32.

Julianti, Defy Kurnia. 2015. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. Skripsi. Program Studi Akuntansi Universitas Negeri Semarang

Kusumadilaga, Rimba. 2010. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.

Melani, Sulistia; Wahidahwati, Wahidahwati. 2017. Pengaruh CSR dan GCG terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), Vol.6 No.10.

Nur Hidayah, T. 2020. Pengaruh Pengungkapan Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Program Studi Akuntansi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Panjaitan, Clinton Marshal; Chariri, Anis. 2014. Pengaruh Tenure, Ukuran Kap Dan Spesialisasi Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Phd Thesis. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis.

Puspaningrum, Yustisia. 2014. Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating. Skripsi. Program Studi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta.

Rachman, Nurdizal M.; Efendi, Asep; Wicaksana, Emir. 2011. Panduan lengkap perencanaan CSR. Penebar Swadaya Grup.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyono.R.A. 2018. Akuntansi Keperilakuan. Gajah Mada University Press.

Ulum, Ihyaul. 2017. Intellectual Capital: Model Pengukuran, Framework Pengungkapan & Kinerja Organisasi. Ummpress.

Wardhani, Rulyanti Susi. 2013. “Pengaruh Csr Disclosure Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei).” Jurnal Ekonomi Akuntansi Manajemen Issn: 1412-5366 Xii (1): 54–86.

Wardoyo Dan Theodora Martina Veronica. 2013. Pengaruh Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility Dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Dinamika Manajemen, Vol 4, No. 2. Universitas Gunadarma Fakultas Ekonomi. Jakarta.

Web.Idx.Id Diakses Pada Bulan September – Desember.

Widyantari, Ni Luh Putu; Yadnya, I. Putu. 2017. Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Food and Baverage. PhD Thesis. Udayana University.

Downloads

Published

2022-09-03

Issue

Section

Articles