PENGARUH RETURN ON ASSETS (ROA), DEBT TO EQUITY RATIO (DER) DAN FIRM SIZE TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2019

Authors

  • I Gusti Ayu Dhian Wahyuni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Agus Wahyudi Salasa Gama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kebijakan Dividen, Return On Assets, Debt To Equity Ratio, Firm Size

Abstract

Kebijakan dividen merupakan keputusan penting yang dilakukan perusahaan, karena berkaitan dengan minat investor dan rencana investasi perusahaan di masa mendatang. Kebijakan dividen adalah keputusan direksi apakah laba yang dihasilkan perusahaan pada akhir periode dibagikan kepada para pemegang saham atau laba tersebut ditahan sebagai penambah modal perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh Return On Assets (ROA), Debt To Equity Ratio (DER) dan Firm Size terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019.

            Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Sampel penelitian ini sebanyak 8 perusahaan farmasi yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier  berganda.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa Return On Assets (ROA) berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen perusahaan. Sedangkan Debt To Equity Ratio (DER) dan Firm Size berpengaruh negatif terhadap kebijakan dividen perusahaan. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambah atau menggunakan variabel lain yang secara teori berpengaruh terhadap kebijakan dividen, seperti growth, cash ratio dan sebagainya.

References

Abdul, Halim. 2015. Auditing (Dasar-Dasar Audit Laporan Keuangan). Jilid1. Edisi Kelima. UPP STIM YKPN: Yogyakarta.

Agustini, S. Y., & Fuadati, S. R. (2017). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Kebijakan Dividen Perusahaan Batubara Di Bei. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 6(6).

Agus, Sartono. 2015. Manajemen Keuangan:Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Akmal, A., Zainuddin, Z., & Yulianti, R. (2016). Pengaruh Return On Asset, Sales Growth, Firm Size Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Pembayaran Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010- 2014. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (JEMSI), 2 (2).

Arief Sugiono dan Edy Untung. 2016. Panduan Praktis Dasar Analisa Laporan Keuangan Edisi Revisi. Jakarta : Grasindo.

Atmoko, Y., Defung, F., &Tricahyadinata, I. (2017). Pengaruh Return On Assets, Debt To Equity Ratio, Dan Firm Size Terhadap Dividend Payout Ratio. Kinerja, 14(2), 103-109.

Cahyanti, S. (2018). Pengaruh Rasio Keuangan Dan Pertumbuhan Laba Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI.

Darmawan, Deni. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Rosda

Diantini, O., & Badjra, I. B. (2016). Pengaruh Earning Per Share, Tingkat Pertumbuhan Perusahaan Dan Current Ratio Terhadap Kebijakan Dividen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(11).

Dinimadarina, A. M. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Kebijakan Dividen Sektor Properti, Real Estate, Dan Kontruksi Bangunan Periode 2014-2018 (Studi Pada Perusahaan Pemeringkatan LQ45) (Doctoral Dissertation, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Jember).

Elinda, F. (2015). Pengaruh Cash Ratio, Return On Assets, Debt To Equity Ratio,Assets Growth Dan Firm Size Terhadap Kebijakan Dividen (Studi EmpirisPada Emiten Pembentuk Indeks Lq45 Di BEI Tahun 2011-2013) (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Fitri, R. R., Hosen, M. N., & Muhari, S. (2016). Analysis Of Factors That Impact Dividend Payout Ratio On Listed Companies At Jakarta Islamic Index. International Journal Of Academic Research In Accounting, Finance, And Management Sciences, 6(2), Hal: 87-97.

Ghozali, H. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9 Ed.). Badan Penerbit Universitas Dipongoro.

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Halim Dan Abdul, 2015. Manajemen Keuangan Bisnis: Konsep Dan Aplikasinya. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Hanafi, Mamduh M dan Abdul Halim. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Hanafi, Mamduh M dan Abdul Halim. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Kelima. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Handayani, Ida Ayu Ria Paramita dan I Wayan Putra, 2016, “Pengaruh Risk, Legal Reserve Requirement, dan Firm Size pada Profitabilitas Perbankan”, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 14, No. 2, Februari (2016).

Handayani, T. (2019). Pengaruh Current Ratio (CR), Debt To Equity Ratio (DER), Firm Size, Return On Asset (ROA), Sales Growth Terhadap Dividen Payout Ratio (DPR)(Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017) (Doctoral dissertation,Universitas Mercu Buana Yogyakarta).

Hanif, M., & Bustamam, B. (2017). Pengaruh Debt To Equity Ratio, Return On Asset, Firm Size, Dan Earning Per Share Terhadap Dividend Payout Ratio (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun2011-2015). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 2(1), 73-81.

Harahap, SofyanSyafri. 2015. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Edisi1-10. Jakarta: Rajawali Pers.

Hasanah, N. T., Mardani, R. M., & Salim, M. A. (2019). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Kebijakan Dividen (Studi Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2016-2018). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(14).

Hendra, J. (2017). Pengaruh Rasio Keuangan Dan Jaminan Aset Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi, Keuangan, Dan Pajak, 1(1).

Hery. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Hery. (2017). Kajian Riset Akuntansi. PT, Grasindo anggota IKAPI.

Kasmir.2016. Analisis Laporan Keuangan.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mulyawan, S. 2015. Manajemen Keuangan. Bandung : CV. Pustaka Setia.

Nufiati Dan Suwitho. 2015. Pengaruh Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Kebijakan Dividen Kas Pada Perusahaan Pefindo 25. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen. Volume 4 (3): 1-18.

Pasaribu, P., &Sampurno, R. D. (2018). Analisis Pengaruh Debt To Equity Ratio, Return On Asset, Cash Ratio, Firm Size Dan Growth Opportunity Terhadap Dividend Payout Ratio (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2012-2016) (Doctoral Dissertation,FakultasEkonomika Dan Bisnis).

Periansya. 2015. Analisa Laporan Keuangan. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya.

Riastini, N. N. A., &Pradnyani, N. L. P. S. P. (2017). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Yang Tergabung Dalam Indeks Lq45 Di Bursa Efek Indonesia Tahun2011–2015. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 12(2).

Sari, N., Ayu, K., & Sudjarni, L. K. (2015). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(10).

Sartono, Agus. 2016. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : BPFE.

Septiana, M., & Prasetiono, P. (2015). Analisis Pengaruh Cash Ratio, Debt To Equity Ratio, Return On Asset, Firm Size dan Growth Opportunity Terhadap Kebijakan Dividen (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009–2013) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Situs Bursa Efek Indonesia www.idx.co.id. Diakses tanggal 03 Mei 2021

Supriyono, R. A. (2018). Akuntansi Keprilakuan. Gajah Mada University Press.

Sujarweni, V. Wiratna. (2017). Analisis Laporan Keuangan : Teori, Aplikasi, & Hasil Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Wedhana, N. A. N. S Dan I. G. B. Wiksuana 2015. Determinan Kebijakan Dividen Perusahaan-Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. E- Jurnal Manajemen Unud. 4(11).

Widiasty Rizkia Pratiwi, 2016. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen Pada Subsektor Farmasi. Universitas Pendidikan Indonesia. Repository. Upi. Edu. Perpustakaan. Upi.Edu.

Downloads

Published

2022-12-01

Issue

Section

Articles