PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN, KEBIJAKAN HUTANG, PROFITABILITAS DAN KEPUTUSAN INVESTASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR PERIODE 2017-2019

Authors

  • Diah Ayu Marta Budiawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Agus Wahyudi Salasa Gama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

kebijakan dividen, kebijakan hutang, profitabilitas, keputusan investasi

Abstract

Tujuan utama perusahaan adalah memaksimalkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang sering dikaitkan dengan harga saham. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebijakan dividen, kebijakan hutang, profitabilitas dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Sample dalam penelitian ini sebanyak 25 perusahaan manufaktur yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari Indonesian Capital Directory Market (ICMD). Teknik analisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis regresi dalam penelitian ini menunjukan bahwa kebijakan dividen, kebijakan hutang, profitabilitas dan keputusan investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan manufaktur.

References

Analisa, Yangs. 2011. Pengaruh Kebijakan Investasi,Keputusan Pendanaan dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur BEI. Skripsi. FEB Universitas Diponegoro. Semarang.

Aprianto, Afzal, Arie.dan Rohman, A. 2012. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan. Diponegoro. Journal Of Accounting Volume 1, Nomor 2.

Aprianto, Rachmat dan Dista. A. A. 2014 .Keputusan Investasi,Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen dan Struktur Kepemilikan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Volume 15 No. 1. Hal. 74–84.

Adhitya, Restu., dan Rofika. 2015. Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Utang, Keputusan Investasi dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Pekanbaru.

Azis, Rifandi Yoki. 2017. Pengaruh Keputusan Investasi, Kebijakan Dividen, dan Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomin Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Andreas, N,. Dan Joy E, T. 2018. Pengaruh Kebijakan Deviden, Keputusan Pendanaan, dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Pada Saham Bluechip Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal EMBA, Vol. 6 Nomor 4.

Anjis. Nadia. 2018. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Bagaskara, Galih. 2020. Pengaruh keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Deviden dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018). Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah. Magelang.

Dewi, D. S. 2017. Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume 7 (1):16-17.

Dewi, N.L.P.A., Endiana, I.D.M., dan Arizona,I.P.E. (2019). Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Leverage Dan Rasio Profitabilitas Terhadap Financial Distress Pada Perusahaan Manufaktur. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA).

Ervita. 2017. Manajemen Keuangan. Edisi Pertama. Palembang: Universitas Muhammadiyah Palembang.

Endiana, I. D. M. 2019. Implementasi Corporate Governance Pada Corporate Social Responsbility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi (JUARA), 9(1).

Fahmi, Irham. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariat dengan SPSS. Cetakan Keempat. Badan Penerbit UNDIP. Semarang

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Mutivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayat, Wahyu. M . 2019. Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Volume 8, Nomor 11.

Indriawati, dkk. 2018. Pengaruh Profitabilitas, Keputusan Investasi dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Deviden Sebagai Variabel Intervening. Universitas Pangandaran. Journal of Accounting.

Jogiyanto. 2016. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE.

Pertiwi, P.J., Tommy, P., dan Tumiwa, J. R. 2016. Pengaruh Kebijakan Hutang, Keputusan Investasi dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Food and Baverages Yang Terdaftas Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi. Vol.4.

Purnama, Hari. 2016. Pengaruh Profitanilitas, Kebijakan Hutang, Kebijakan Dividen, dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur Yang Go Publik di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014). Jurnal Akuntansi, Vol. 4 No. 1.

Purnomo, Hendi. 2017. Pengaruh Kebijakan Dividen dan Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variable Moderating. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Unversitas Negeri Semarang. Semarang.

Rahmanto, Agung. 2017. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Deviden terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Ratna, Sita Dian. 2016. Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hitang, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. Surabaya.

Ratnasari, S., Tahwin, M., dan Sari, D. A. 2017. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Volume 03, Nomor 1.

Rizqia, Dwita Ayu, Aisjah, Siti dan Sumiati. 2016. Effect of Managerial Ownership, Financial Leverage, Profitability, Firm Size and Investment Opportunity on Divident Policy and Firm Value. Research Journal of Finance and Acconting. 4(11), h:120-130.

Saragih, Joana. L dan Sihotang, Derita. R. 2017. Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang dan Prpfitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi, Vol. 3 Nomor 1.

Sri, Ayem. Nugroho, Ragil. 2016. Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Kebijakan Dividen, dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan. (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur Yang Go Publik di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014). Jurnal Akuntansi. Volume 4 Nomor 1.

Suardana, Ketut. Endiana dan Edy Arizona. 2020. Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Utang, Kebijakan Dividen, Keputusan Investasi dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Kharisma, Vol.2, Nomor 2.

Suhartadi, A. 2017. Pengaruh Keputusan Investasi, Profitabilitas dan Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Roset Manajemen. Volume 7(1):15-17.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Manis. 2018. Pengertian Kebijakan Deviden, Teori, Jenis dan Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Deviden.

Marinda, Rika. L. 2019. Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Volume 8, Nomor 11.

Mardiyati, dkk. 2012. Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2005-2010. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), Vol. 3 Nomor 1.

Nurmayasari. 2012. Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2007- 2010). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Makassar.

Wedyanti, Ahyundasari. Mendra dan Saitri, W. 2021. Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI Tahun 2017-2019. Jurnal Kharisma Vol. 3 Nomor 2.

Downloads

Published

2022-08-15

Issue

Section

Articles