PENGARUH KEPEMIMPINAN, KOMPENSASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA LPD DESA ADAT JIMBARAN

Authors

  • Ni Luh Yuvina Natalia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nengah Sudja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Dwi Puspitawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kepemimpinan, Kompensasi, Komitmen Organisasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada LPD Desa Adat Jimbaran. Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah kepemimpinan, kompensasi dan komitmen organisasi dan kinerja karyawan pada LPD Desa Adat Jimbaran. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 56 orang. Metode penentuan sampel menggunakan metode sampling jenuh. Jumlah sampel dalam penelitian ini 56 responden. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada LPD Desa Adat Jimbaran. Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada LPD Desa Adat Jimbaran. Komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada LPD Desa Adat Jimbaran.

References

Afandi, P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Ajabar. 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish.

Anggapradja, I. T., dan Wijaya, R. 2017. Effect of Commitment Organization, Organizational Culture, And Motivation to Performance of Employees, 74(1),74-80.

Aromega, T. N., Kojo, C., dan Lengkong, V. P. 2019. Pengaruh kompensasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan di yuta hotel manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1).

Benjamin. 2017. Pengembangan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta, ZAHR Publishing.

Cahyani, N. I. 2020. Pengaruh Burnout, Komitmen Organisasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Kantor Pos Pusat Ponorogo (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Duryat, H. M. 2021. Kepemimpinan Pendidikan: Meneguhkan Legitimasi dalam Berkontestasi Di Bidang Pendidikan. Penerbit Alfabeta.

Elmi, F. 2018. Telisik Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Handoko, T. H. 2016. Manajemen. Yogyakarta: BPFE

Hasibuan, M. S. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Hidayati, N. 2020. Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Global Nusantara. Publikasi Ilmiah.

Hutagalung, I., dan Ritonga, R. 2018. Pengaruh Iklim Komunikasi dan Komitmen Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Kecamatan XYZ Bekasi. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(2), 204-216.

Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok: PT Rajagrafindo Persada

Marwansyah. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Dua. Cetakan Keempat. Bandung: Alfabeta, CV

Meutia, K. I., dan Husada, C. 2019. Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 119-126.

Nurcahyani, N. M., dan Adnyani, I. D. 2016. Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Doctoral dissertation, Udayana University).

Paramartha, A. I. W. 2021. Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin Kerja Dan Kompetensi SDM Terhadap Kinerja Karyawan Pada Lpd Desa Adat Tegal Darmasaba Badung. Skripsi Manajemen. Universitas Mahasaraswati Denpasar

Robbins, S. 2015. Perilaku Organisasi, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Romli, K. 2016. Komunikasi Massa. Jakarta: PT Grasindo, Anggota Ikapi.

Simamora, H. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIEY

Suryadharma, I. M. A., Riana, I. G., dan Sintaasih, D. K. 2016. Pengaruh Kepemimpinan Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi pada PT. BPR Sri Artha Lestari Denpasar). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 5(2), 335-358.

Sutrisno, E. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Media Group, Jakarta

Tamara, M. 2016. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Kantor Pusat PDAM Kota Samarinda. Agora, 4(1), 44- 50.

Wijaya, T. dan Andreani, F. 2015. Pengaruh Motivasi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Sinar Jaya Abadi Bersama.

Wijono, S. 2018. Kepemimpinan Dalam Perspektif Organisasi. Kencana.

Yusuf, R. M., dan Syarif, D. 2018. Komitmen Organisasi. Nas Media Pustaka.

Downloads

Published

2022-08-15

Issue

Section

Articles