PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KOMITMEN ORGANISASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PT. JASA RAHARJA CABANG BALI

Authors

  • I Wayan Lutfi Andaresta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Mendra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Tjok Istri Sri Harwathy Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi, Motivasi, Kinerja Pegawai

Abstract

Setiap perusahaan akan selalu berusaha meningkatkan kinerja pegawai, dengan harapan bahwa apa yang menjadi tujuan perusahaan akan tercapai. Kemampuan pegawai tercermin dari kinerja, kinerja yang baik adalah kinerja yang optimal. Kinerja pegawai tersebut merupakan salah satu modal bagi perusahaan untuk mencapai tujuannya.

Penelitian ini dilakukan di PT. Jasa Raharja Cabang Bali dengan menggunakan populasi dan sampel sebanyak 49 pegawai pada Jasa Raharja. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode sampling jenuh atau metode sensus. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan software SPSS versi 23.

Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Jasa Raharja Cabang Bali, komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Jasa Raharja Cabang Bali, dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Jasa Raharja Cabang Bali.

References

Andi, (2019), Effect Of Organizational Culture, Work Motivation, And Organizational Commitment On Work Motivation And Performance Of PT. Arta Boga Cemerlang Pekanbaru. Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis. Vol. 4 No. 1, Juni 2019 (59-70) ISSN 2527-8223.

Anggiani, S. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Pegawai di PT. Garuda Indonesia Tbk. E-Jurnal Akuntansi., 31(2),427-437.

Ayuni, Zahrah. 2017. Pengaruh Komitmen Organisasi, Disiplin Kerja dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada PT. Farrasindo Perkasa). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Darmawan, Danny Septya. 2017. Pengaruh Motivasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Harahap, Sandhi Fialy., & Tirtayasa, Satria. 2020. Pengaruh Motivasi, Disiplin, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Kualanamu. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, Vol 3, 120-135. Program Studi Magister Manajemen Universitas Muhammadizah Sumatera Utara Medan.

Hariyanto, (2021). Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan Rs Aisyiyah Bojonegoro, JMM Online, Vol. 5 No. 4 April (2021) 277-289

Holau, Bhova Lyca Saputra. 2019. Pengaruh Komitmen Organisasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Rumah Sakit Umum Daerah Palembang Bari. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palembang.

Kuddy, Andarias. 2017. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Papua. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Volume 1, (ISSN 2615-0425). Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Cenderawasih.

Mekta, Hendrawan Qonit. 2017. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Indra Kelana Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Muris, Muhammad. 2018. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Yogyakarta. Skripsi. Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Novitasari, Y. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Organisasional dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. XXX. Jurnal Mirai Management, e-ISSN : 2597 - 4084, Vol. 5, No.2.

Pangestu, Meinaky Idhi. 2017. Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Pada Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. Kaligawe Semarang). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Shaliha, Mar’Atu. 2017. Pengaruh Budaya Organisasi dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Pemerintah Kota Makassar. Skripsi. Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar.

Tambunan, Kelven Daniel. 2018. Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Generasi Y di PT. Bank Sumut Dengan Kepemimpinan Transformasional Sebagai Variabel Moderasi. Tesis. Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara Medan.

Widhianingrum, Wahna. 2017. Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan BRI Syariah Magetan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(03),193-198. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles