PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN EFEKTIVITAS KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. TELKOM AKSES DI PLAZA TEUKU UMAR DENPASAR

Authors

  • Ni Wayan Indah Safitri Rahayuni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nengah Sudja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Dwi Puspitawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Motivasi Kerja, Efektivitas Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Kinerja karyawan adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugasnya atas kecakapan, usaha dan kesempatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan efektivitas kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Telkom Akses di Plaza Teuku Umar Denpasar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Telkom Akses di Plaza Teuku Umar Denpasar yang berjumlah 36 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh, sehingga jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 36 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Begitupula dengan efektivitas kerja juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,876. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 87,6% kinerja karyawan dipengaruhi oleh motivasi kerja dan efektivitas kerja. Sedangakan sisanya sebesar 12,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

References

Afandi, Pandi. 2016. Concept & Indicator Human Resources Management for Management Research. Yogyakarta : Deepublish.

Bintoro dan Daryanto. 2017. Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan Cetakan 1. Yogyakarta : Gava Media.

Fattah, Husein. 2017. Kepuasan Kerja & Kinerja Pegawai. Yogyakarta: Elmatera.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hakimah, Yusro. 2019. Analisis Pengaruh Efektifitas Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Bunga Mas Kikim Palembang. Jurnal Ekonomi, Volume 21 Nomor 1, Pebruari 2019.

Halawa, Welinus. 2019. Pengaruh Keterampilan dan Efektivitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Jefrindo Consultant Medan. Skripsi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Medan Area Medan.

Hamali, A. Y. 2018. Pemahaman Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: PT Buku Seru.

Hasibuan, Malayu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi. Aksara

Hasmalawati, Nur. 2017. Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal MEDIAPSI 2017, Vol. 3, No. 2, 1-9.

Hernawati. 2017. Pengaruh Efektivitas Kerja dan Kemandirian Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Kecamatan Samarinda Seberang. Jurnal Administrasi Negara Fisipol Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.

Inaray, Jelita Caroline. 2016. Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Amanah Finance di Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Volume 16 No. 02 Tahun 2016.

Kristanti, Renny. 2019. Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, Pengawasan, Komitmen Organisasi, dan Ketepatan Waktu Terhadap Kinerja Anggaran Berkonsep Value For Money (Studi Empiris pada OPD Kota Magelang). Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Magelang.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2015. Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan kedua belas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mardiasmo. 2017. Perpajakan. Yogyakarta: Andi.

Mariani, Luh Mang Indah. 2017. Pengaruh Motivasi, Komunikasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Warung Mina Peguyangan di Denpasar. Jurnal E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 7.

Masyita, Siti. 2016. Efektivitas Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Masyarakat Untuk Pembuatan E-KTP Pada Kantor Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros. Jurnal Ilmiah BONGAYA. 10 (1).

Misnawati. 2016. Efektivitas Kerja Pegawai Negeri Sipil di Kantor Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara. eJournal Ilmu Administrasi Negara, 2016, 4 (1) : 2592 – 2604.

Putro, Guntur Suryo. 2018. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) Area Makassar. Jurnal Economix Volume 6 Nomor 1 Juni 2018.

Rahmawati, Nina. 2019. Pengaruh Efektivitas Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Indomarco Prismatama Dapertemen Inventory Control Palembang. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palembang.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sunyoto, Danang. 2016. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama.

Syam, Shofiana. 2020. Pengaruh Efektifitas dan Efisiensi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Banggae Timur. Jurnal Profitability: Jurnal Ilmu Manajemen Vol.4 Nomor 2 Agustus 2020.

Widiyanto, Darmawan. 2018. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Karyawan Outsourcing Kantor PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Kandatel Kebumen). Jurnal Diponegoro Journal of Management Volume 7, Nomor 4, Tahun 2018, Halaman 1-9.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles