PENGARUH PENGALAMAN KERJA, PENGETAHUAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA CV. CATUR YOGA MAS DENPASAR

Authors

  • I Gusti Ayu Artini Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Putu Agung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kinerja Karyawan, Pengalaman Kerja, Pengetahuan, Motivasi

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor penentu dalam pelaksanaan fungsi-fungsi operasional maupun manajemen dari suatu perusahaan. Maka dari itu, pengunaan sumber daya manusia yang berkualitas juga diperlukan. Berdasarkan latar belakang, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengalaman kerja, pengetahuan dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada CV. Catur Yoga Mas Denpasar.

Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah pengalaman kerja, pengetahuan dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada CV. Catur Yoga Mas Denpasar. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 38 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi liner berganda.

Berdasarkan hasil pengujian dapat diambil kesimpulan bahwa pengalaman kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan yang dapat dilihat dari nilai sig 0,005 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan yang dapat dilihat dari nilai sig 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H2 diterima. motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan yang dapat dilihat dari nilai sig 0,020 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H3 diterima.

References

Afandi, P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori,Kinerja karyawan). Riau: Zanafa Publishing.

Mangkunegara. 2015. Sumber Daya Manusia Perusahaan. Kinerja karyawan. Remaja Rosdakarya: Bandung

Bangun, 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Kinerja karyawan. Alfabeta, Bandung.

Manulang, 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Aristarini, 2014. Pengalaman Kerja, Kompetensi Sosial & Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bagian Pemasaran PT Adira Finance Singaraja”. Jurnal Manajemen, Nomor 2, Tahun 2014

Sastrohadiwiryo, 2016. Sumber Daya Manusia, Pengalaman kerja, Jakarta

Nasution, 2016. Pengetahuan kerja. Jogyakarta : Graha ilmu.

Merihot, 2016. Sumber Daya Manusia, Motivasi Kerja. Edisi Keempat, Grasindo. Jakarta

Locke, 1968. Theory of Goal Setting and Task Performance. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Simanjutak, 2015. Manajemen dan Evaluasi kinerja, Lembaga Penerbit Universitas Indonesia, Jakarta.

Hasibuan, 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, PT. Bumi Aksara.

Latifah, 2018. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Adi Satria Abadi. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta

Santoso, 2015. Pengaruh Pengalaman Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai (Studi pada Kantor Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso). Skripsi Universitas Muhammadiyah Jember.

Primadanti, 2017. Pengaruh Pengetahuan, Keterampilan, Dan Kemampuan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Mirambi Energi, Semarang. Skripsi Universitas Diponegoro Semarang.

Nisak, 2015. Pengaruh Pengetahuan, Keterampilan, Konsep Diri Dan Karakteristik Pribadi Terhadap Kinerja Staf Pada Smk N Se- Kota Pekalongan. Skripsi Universitas Negeri Semarang

Octavianus, 2018. Pengaruh Pengalaman Kerja Dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Telkom Indonesia Cabang Manado. Skripsi Universitas Sam Ratulangi Manado.

Puspita, 2018. Pengaruh Pengetahuan Kerja, Kemampuan Kerja Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Muslimat Nusantara Utama Kabupaten Malang. Skripsi Universitas Kanjuruhan Malang.

Bautler, 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono, 2016. Metode penelitian Populasi dan Sampel. Bandung

Robbin & Judge, 2015. Perilaku Organisasi. Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat.

Andrey, 2019. Pengaruh Pengalaman Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Rumah Makan Di Manado. Skripsi Universitas Sam Ratulangi Manado.

Saptiani, 2017. Pengaruh Motivasi Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Medan. Skripsi Universitas Medan Area.

Gunawan, 2020. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pada Kantor Desa Pasirsari Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi. Skripsi Universitas Pelita Bangsa.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Siswanto Sastrohadiwiryo, 2003. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Pendekatan Administrasi dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara

Sutrisno, Edi. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles