PENGARUH KOMUNIKASI, MOTIVASI, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA RSU BHAKTI RAHAYU DENPASAR

Authors

  • I Putu Bhagaskara Sunggu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Sujana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Ari Novarini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

komunikasi, motivasi, kepuasan kerja, kinerja karyawan

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam suatu perusahaan. Oleh karena itu, sumber daya manusia harus dapat dikelola dengan baik agar mampu menunjang pencapaian tujuan-tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi, motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada Rumah Sakit Umum Bhakti Rahayu Denpasar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan tetap RSU Bhakti Rahayu Denpasar sebanyak 234 karyawan. Sampel yang diambil pada penelitian ini berjumlah 139 karyawan berdasarkan tabel penentuan jumlah sampel Isaac dan Michael. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda dengan program SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (2) motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dan (3) kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Diharapkan penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan variabel lain yang secara teori mempunyai pengaruh terhadap kinerja karyawan.

References

Amirullah, 2015. Pengantar Manajemen. Mitra Wacana Media. Jakarta.

Damayanti. (2018). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada RS Islam Siti Khadijah Palembang. Jurnal Ilmiah Manajemen. 15 (2).

Desani, Asrian., Tangelica, Meidy., & Irisa, Winny. (2019). Pengaruh Komunikasi Dan Komitmen Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Garuda Mesin Agri. Jurnal Darma Agung. Vol.2.

Dewi. (2021). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Indosurya Kencana Di Bekasi. Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia. 4 (2).

Halim, Abdul. (2012). Sistem Pengendalian Manajemen. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Hariandja, 2016, Manajemen Sumber Daya Manusia, Gramedia Widiasarana, Jakarta.

Hasibuan, Malayu S.P, (2015), Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.

Jannah. (2019). Pengaruh Beban Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Artha Dana Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia. 2 (2).

Juniantara & Riana. (2017). Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Koperasi di Denpasar. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 4 (9).

Lunenburg. Fred C. 2011. Goal-Setting Theory of Motivation. International Journal of Management, Business, and Administration, vol 15, no 1.

Locke, E.A. 1968. Toward A Theory of Task Motivation and Incentives. Organizational Behavior and Human Performance. pp: 68-106.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Permansari. (2019). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja PT. Anugrah Raharjo Semarang. Management Analysis Journal. 2 (2).

Sekaran, Uma. 2011. Research Methods For Business, Edisi 4, Buku 2, Jakarta: Salemba Empat.

Sekaran, Uma. 2013 . Metedologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sutardji. 2016. Perencanaan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Edisi 2

Suwardi. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Pegawai pada Setda Kabupaten Pati. Jurnal Analisis Manajemen. 5 (1).

Umar, Husein. 2011. Riset sumber daya manusia dalam organsasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Wandi, Didi., Adha, Suhroji., & Asriyah., Iyah. (2019). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Bpbd) Provinsi Banten. Jurnal Ekonomi Vokasi, 2 (2).

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles