PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, FASILITAS KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. FIF GROUP CABANG DENPASAR 2

Authors

  • I Kadek Dwijaya Pramana Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Mendra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Gede Putu Purnawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Gaya kepemimpinan, Fasilitas kerja, Disiplin kerja, Kinerja karyawan

Abstract

Sumber daya manusia memiliki peran utama dalam setiap kegiatan. Tanpa dukungan karyawan yaitu sumber daya manusia yang memadai, kegiatan perusahaan tidak akan dapat berjalan dengan baik. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan adalah gaya kepemimpinan, fasilitas kerja dan disiplin kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, fasilitas kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan PT. FIF Group Cabang Denpasar 2.

Populasi dalam penelitian ini adalah 60 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang karyawan pada PT. FIF Group Cabang Denpasar 2. Penentuan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh, di mana seluruh jumlah populasi dijadikan sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, fasilitas kerja berpengaruh positif dan signfikan terhadap kinerja karyawan, dan disiplin kerja berpengaruh positif dan signfikan terhadap kinerja karyawan pada PT. FIF Group Cabang Denpasar 2.

References

Basna, F. 2016. Analisis Gaya Kepemimpinan, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, dan Komppetensi Terhadap Kinerja Pegawai Badan Pendaatan Daerah Manado. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 319-334.

Busro, M. 2018. Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadameidia Group.

Hasibuan, M. S. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara

Huzaini, I. 2020. Pengaruh Perencanaan Sumber Daya Manusia Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan Di PT Selatan Agro Makmur Lestari.

Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Khodijah, S. 2021. Pengaruh Pengalaman Kerja, Pelatihan Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Labersa Hutahean Riau. Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Madinati, D. 2020. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Disiplin Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai BPJS Keternagakerjaan Kota Tegal.

Tegal: Universitas Pancasakti Tegal.

Matana, A. 2017. Pengaruh Total Quality Management Terhadap Ekspektasi Kinerja Karyawan Pada PT. Pelabuhan Indonesia IV (persero). Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Hasanuddin. Makasar.

Moeheriono. 2016. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi Edisi Revisi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Moenir. 2016. Manajemen Kepegawaian dan Hubungan dalam Perusahaan. Bandung : Mandar Maju

Prayoga, K. T. 2018. Pengaruh Fasilitas Kerja dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Kantor Kecamatan Depok Kabupaten Sleman.

Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Rivai, V. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk

Perusahaan Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sedarmayanti. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi Dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, E. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit: Jakarta, Kencana.

Wahyuni, Sri. 2016. Pengaruh Motivasi, Pelatihan Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal. Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Tadulako. Sulawesi Tengah

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles