PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU, BUDAYA ORGANISASI DAN IKLIM KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT BPR TISH GIANYAR

Authors

  • Ida Ayu Mega Suryantari Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Mendra Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Yenny Verawati Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Karakteristik Individu, Budaya Organisasi, Iklim Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Setiap perusahaan membutuhkan karyawan yang akan memberikan kinerja melebihi harapan perusahaan. Kinerja dapat mempengaruhi berlangsungnya kegiatan suatu perusahaan, semakin baik kinerja yang ditunjukkan oleh karyawan akan semakin membantu dalam perkembangan perusahaan tersebut. Dalam hal ini diperlukan adanya peran perusahaan dalam menciptakan karakteristik individu, budaya organisasi dan iklim kerja yang baik guna meningkatkan kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh karakteristik individu, budaya organisasi dan iklim kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. BPR Tish Gianyar.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 dengan menggunakan metode sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda dan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji F dan uji t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karakteristik individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (2) budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dan (3) iklim kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan

Downloads

Published

2021-01-03

Issue

Section

Articles