PENGARUH PRICE DISCOUNT, BONUS PACK DAN PELAYANAN PRAMUNIAGA TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PELANGGAN ALFAMART DI KOTA DENPASAR

Authors

  • Ruditus Harson Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Price Discount, Bonus Pack, Pelayanan Pramuniaga, Impulse Buying

Abstract

Perkembangan usaha ritel modern tidak luput dari peran usaha ritel modern Alfamart untuk meningkatkan penjualan eceran di Indonesia. Penelitian ini dilakukan berdasarkan kesenjangan hasil penelitian terdahulu (research gap). Selain itu ditemukan permasalah penelitian (research problem) yaitu banyaknya persaingan di dunia bisnis ritel terutama di Kota Denpasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh price discount, bonus pack, pelayanan pramuniaga terhadap impulse buying pada pelanggan di Alfamart Kota Denpasar. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian di Alfamart Kota Denpasar yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah teknik non probability sampling tepatnya accidental sampling dengan rumus Cochran dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 97 responden. Teknik analisisd data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, (2) bonus pack berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, (3) pelayanan pramuniaga berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying pada Alfamart di Kota Denpasar.

References

Artana, Wisesa, Setiawan, Utami, Yasa., & Jatra. 2019. Pengaruh Store Atmosphere, Display Product, dan Price Discount Terhadap Impulse Buying (Studi kasus pada Indomaret di kota Denpasar). Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 8(4) 369-393.

Astuti. 2021. Analisis Variabel Atmosfer Toko, Promosi dan Pelayanan Pramuniaga Terhadap Impulse Buying Pada Kelas Konsumen Baru di Kota Semarang. Jurnal studi manajemen dan organisasi 178-201.

Bahri, Nisa. 2017. Pengaruh Pengembangan Karir Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis Vol. 18 No. 1, 9-15.

Iriawan. 2019. Pengaruh Lingkungan Toko dan Potongan Harga Terhadap Pembelian Tidak Terencana Pada Yogya Departemen Store Kosambi. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pasundan. Bandung.

Lestari, Kusumadewi., & Ghani. 2021. Pengaruh Bonus Pack dan Price Discount Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Produk Sari Roti (Survey Pada Pembeli Sari Roti Agen Weru Kab. Cirebon). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati. Cirebon.

Melina, Kadafi. 2017. Pengaruh price discount dan in-store display terhadap impulse buying. Forum Ekonomi Volume 19 (2).

Rofidi. (2017). Pengaruh Price Discount, Bonus Pack dan Pelayanan Terhadap Peningkatan Impulse Buying Pada Toko Bangunan UD ARYAN Kec. Plemahan Kab. Kediri. Simki-Economic, 1(3) 1-16.

Rook, Fisher. 2017. Normative Influences on Impulsive Buying Behavior. Journal Of Consumer Research. Vol. 22.

Saputri. 2016. Hubungan Antara Fashion Involvement dan, Impulsive Buying dengan Harga Diri (Self Esteem) Pada Remaja Di Sman 2 Samarinda. Psikoborneo, Vol 3, No 4, 2015: 343-353.

Sari. 2018. Peran In Store Stimuli Dalam Customer Impulse Buying Serta Implikasinya Terhadap Strategi Pemasaran Pada Minimarket. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13 (2), 101-110.

Sonata. 2019. Riset Manajemen & Bisnis (JRMB).

Sunarwarman, Rohendi., & Sofyan. 2018. Membangkit Spontanitas Belanja Pada Supermarket Melalui Promosi, Pramuniaga dan Atmosfer Toko. Jurnal Ecodemica, Vol. 2 No. 1.

Terrence A, Shimp. Periklanan: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu Jilid 1. Jakarta: Erlangga, 2016.

Wahyudi. 2017. Pengaruh Price Discount Terhadap Impulse Buying. Jurnal Valuta Vol. 3 No 2.

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Ruditus Harson, Ni Putu Nita Anggraini, & I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi. (2024). PENGARUH PRICE DISCOUNT, BONUS PACK DAN PELAYANAN PRAMUNIAGA TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PELANGGAN ALFAMART DI KOTA DENPASAR. EMAS, 5(2), 102–112. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/9965

Issue

Section

Articles