PENGARUH HEDONIC SHOPPING LIFESTYLE, SALES PROMOTION, DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPULSE BUYING PRODUCT FASHION DI MALL LIVING WORLD BALI

Authors

  • I Putu Aris Wirananda Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Hedonic Shopping Lifestyle, Sales Promotion, Fashion Involvement, dan Impulse Buying

Abstract

Dalam era konsumsi modern, perilaku belanja impulse menjadi fenomena yang semakin umum terjadi di kalangan konsumen. Fenomena ini menjadi perhatian para praktisi pemasaran karena dapat berdampak signifikan pada keputusan pembelian konsumen.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh dari hedonic shopping lifestyle, sales promotion, dan fashion involvement terhadap impulse buying product fashion di Mall Living World Bali. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Mall Living World Bali yang pernah melakukan impulse buying pada product fashion. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui populasi secara pasti. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 100 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, uji determinasi, regresi linier berganda, dan uji t dengan menggunakan IBM SPSS 24.0 for Windows.

Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Hedonic shopping motivation berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying 2) Sales promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying 3) Fashion involvement berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Saran dalam penelitian ini adalah 1) agar memperhatikan shopping lifestyle pelanggan dapat meningkat 2) agar membuat pemberian kupon lebih efektif untuk promosi pelanggan.

References

Afif, M., & Purwanto. (2020). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis , Gaya Hidup Berbelanja dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian

Impulsif pada Konsumen Shopee ID. Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 2(2), 34–50.

Andani, K., & Wahyono. (2018). Influence Of Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation, And Fashion Involvement Toward impulse buying product fashion Through A Positive Emotion. Management Analysis Journal, 448-457

Angelina, S. A., (2022). Pengaruh hedonic shopping motivation, dan shopping lifestyle terhadap impulse buying product fashion pada produk fashion dikalangan generasi z di kota Medan. Skripsi.

Baghi, I., & Antonetti, P. (2017). High- fit charitable initiatives increase hedonic consumption through guilt reduction. European Journal of Marketing, 51(11/12).

Daulay, R., Handayani, S., & Ningsih,

I. P. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Store Atmosphere dan Sales Promotion Terhadap impulse buying product fashion Konsumen Department Store di Kota Medan. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA), 1(2), 1–

Dhurup, M. 2014. Impulsive Fashion Apparel Consumption: The Role of Hedonism, Fashion

Involvement and Emotional Gratficationin Fashion Apparel Impulsive Buying Behaviourina Dveloping Country. Mediteranean Journal of Social Sciences 5(6)

Febriani, S.F., Purwanto, N. (2019). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap impulse buying product fashion Pada Konsumen Hijab Butik Rabbani Jombang. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Dewantara. 2(2).

Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Surabaya: Qiara Media

Hursepuny, C. V., & Oktafani, F. (2018). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan Shopping Lifestyle Terhadap impulse buying product fashion Pada Konsumen Shopee_Id. E- Proceeding of Management, 5(1), 1041–1048.

Imbayani, I. G. A., & Novarini, N. N. A. (2018). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement Dan Positive Emotion Terhadap impulse buying product fashion Behavior. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 3(2), 199–

Irawan, B., Wulandari, G. A., Anggraini,

N. A., Subagio, N. A., & Indraningrat, K. (2022). Pengaruh Hedonic Shopping, Fashion Involvement, Store Environment dan Price Discount Terhadap Impulse Buying Pada Store Three Second Di Lippo Plaza Mall Jember. Value: Journal of Business Studies, 1(1), 40-

Irawan, D. O., Arifin, R., & Basalama,

M. R. (2020). Pengaruh Shopping Lifestyle, Discount, Fashion Involvement, Hedonic Shopping Motivation, Dan Promosi Penjualan Terhadap impulse

buying product fashion (Studi Kasus Pada Mahasiswi Yang Pernah Berkunjung Ke Center Point Di Mall Olympic Garden Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(04).

Japarianto, E. and Sugiharto, S., (2011). Pengaruh shopping Life style dan Fashion Involvement terhadap impulse buying product fashion behavior masyarakat high income Surabaya . Jurnal Manajemen Pemasaran. 6(11) Konsep, Pengembangan, dan Aplikasi. Denpasar : CV. Noah Aletheia

Listriyani, & Wahyono. (2019). The Role Of Positive Emotion In Increasing Impulse Buying. Management Analysis Journal, 8(3), 312-320.

Maulana ,R.I., (2018). Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Shopping Emotion dan Impulse Buying. Jurnal Ecodemica. 2(2). 213-225.

Mutanafisa, Tasneem Al, & Retnaningsih. (2021). The Effect Of SalesPromotion And Knowledge On Impulsive Buying Of Online Platform Consumers. Journal Of Consumer Sciences, 6(1), 77–91.

Nurudin, K., Mahfudz, Y., Efendi, B., & Nurhayati, E. C. (2021). Pengaruh Price Discount, Hedonic Shopping Motivation, Merchandising, dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying. Jamasy, 1(1), 71–

Poluan, F. J., Tampi, J. R., & Mukuan, D.

D. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Motives dan Promosi

Penjualan Terhadap Impulse Buying Konsumen di Matahari

Department Store Manado Town Square. JURNAL

ADMINISTRASI BISNIS (JAB), 8(2), 113-120.

Poluan, F.J., Johny, T.R.E., & Danny, M.D.S., (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Motives dan Promosi Penjualan Terhadap impulse buying product fashion Konsumen di Matahari Department Store Manado Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis. 8(2), 113-120

Pramestya, Ni Luh Putu Utami Mita, & Rahmasarari, A. N., Quintania, M., Napitupulu, R. L., (2021). Pengaruh Nilai Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Kopi Janji Jiwa Melalui Aplikasi Ojek Online di Wilayah Jabodetabek. Excellent : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Pendidikan.9(1), 28-39.

Rahmawati, A. (2018). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Promosi Penjualan Terhadap Emosi Positif dan Dampaknya Terhadap Pembelian Impulsif Dalam E-Commerce Berrybenka.Com. Skripsi.

Rahmisyari, R., Piola, M. P. S., & Rizal,

R. (2021). impulse buying product fashion By Consumers At Top Indonesia Online Shopping. Jurnal Manajemen Bisnis, 8(1), 198–204.

Ratih, I. A. T., & Astiti, D. P. (2016). Pengaruh motivasi hedonis dan atmosfer toko terhadap

pembelian impulsif pada remaja putri di Denpasar. Jurnal Psikologi

Udayana, 3(2), 209-219.

Rusni, A., & Solihin, A. (2022). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Diskon Harga Dan

Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online Di Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 167-179.

Sari, A. K. (2019). Pengaruh Price Discount, Hedonic Shopping Motivation, Merchandising, Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying. Skripsi.

Sumampow, K. Z., Soepeno, D., & Raintung, M. C. (2022). Pengaruh Fashion Involvement, Sales Promotion dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying Pada Matahari Departement

Store Megamall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(2), 809-819.

Themba, Orfyanny S. (2021). Online Buying Impulse : Via Shopping, Sales Promotion And Trust. Journal Accounting Point Of View Research Management, 2(1), 19–

Tirtayasa, s., nevianda, m., & syahrial,

h. (2020). The effect of hedonic shopping motivation, shopping lifestyle and fashion involvement with impulse buying. International journal of business economics (ijbe), 2(1), 18–28.

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

I Putu Aris Wirananda, I Gusti Ayu Imbayani, & I Made Surya Prayoga. (2024). PENGARUH HEDONIC SHOPPING LIFESTYLE, SALES PROMOTION, DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPULSE BUYING PRODUCT FASHION DI MALL LIVING WORLD BALI. EMAS, 5(7), 25–35. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10003

Issue

Section

Articles