PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, HEDONIC SHOPPING VALUE, DAN POSITIVE EMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING PADA KKV TRANS STUDIO MALL BALI

Authors

  • Gusti Ayu Komang Tri Wahyuni Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

shopping lifestyle, hedonic shopping value, positive emotion, impulse buying

Abstract

Impulse buying merupakan salah satu perilaku konsumen yang perlu dikaji oleh pelaku usaha karena merupakan salah satu langkah efektif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemasaran dan suatu fenomena yang sangat menarik untuk di teliti melihat banyaknya pembelian secara implusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh shopping lifestyle, hedonic shopping value, dan positive emotion terhadap Impulse Buying KKV Trans Studio Mall Bali. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang pernah dan telah melakukan kegiatan belanja dan mengalami impulse buying saat berbelanja di KKV Trans Studio Mall Bali yang berlokasi di Jl. Iman Bonjol, Pemecutan Klod, Kec Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali, dengan jumlah sampel 130. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. 

Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Shopping lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying pada KKV Trans Studio Mall Bali. 2) Hedonic Shopping Value berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying pada KKV Trans Studio Mall Bali. 3) Positive Emotion berpengaruh terhadap impulse buying pada KKV Trans Studio Mall Bali.

References

Ahmad., Muhammad Bilal. 2019. Factors Affecting Impulsive Buying Behavior with Mediating role of Positive Mood: An Empirical Study. European Online Journal of Natural and Social Sciences, Vol.8, No.1, Hal.17-35.

Andani, K., dan Wahyono, W. 2018. Influence of Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation and Fashion Involvement Toward Impulse Buying through a Positive Emotion. Management Analysis Journal, Vol.7, No.4, Hal. 448-457.

Angelita, A., dan Rachmi, A. 2021. Pengaruh Store Atmosphere dan Keragaman Produk Terhadap Impulse Buying. Jurnal Aplikasi Bisnis, Vol.7, No.2, Hal. 65–68.

Arnold, M. J., dan Reynolds, K. E. 2012. Approach and avoidance motivation: Investigating hedonic consumption in a retail setting. Journal of Retailing, Vol.88, No.3, Hal. 399–411.

Artana, I. P. W., dkk. 2019. Pengaruh store Atmosphere, Display poduct, dan pice Discount terhadap Impulse Buying. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, Vol.8, No.4), Hal.369–394.

Cinjarevic, M., Tatic, K., and S. Petric. 2011. See It, Like It, Buy It! Hedonic Shopping Motivations and Impulse Buying. Journal of Economics and Business.

Daulay, Sholihatul Hamidah., dkk. 2021. Online Learning Problems in the Covid-19 Pandemic for English Education Students. AL-ISHLAH Jurnal Pendidikan, Vol.13, No.3, Hal. 2373-2380.

Dedeoglu, Bekir Bora., dkk. 2018. The impact of servicescape on hedonic value and behavioral intentions: The importance of previous experience. International Journal of Hospitality Management, Vol.72, Hal.10-20

Hermanto, E. Y. 2016. Pengaruh Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behaviour Masyarakat Surabaya Dengan Hedonic Shopping Motivation Dan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Merek Zara. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol.10, No.1, Hal. 11-19

Imbayani, IGA., dan Novarini, NNA. 2018. Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement Dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying Behavior. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, Vol.3, No.2, Hal. 199-210.

Indri, Florencia., dan Siagian, Dergibson. 2019.Dampak Emosi Positif Dan Keterlibatan Konsumen dalam Rangka Meningkatkan repat ronage Intentions (Studi Empirik pada Farmers Market Mall Kelapa Gading). Manajemen Pemasaran, Vol.8, No.1, Hal.1-14.

Irani, Neda and K. H Hanzaee. 2011. The Effects of Variety-seeking Buying Tendency and Price Sensitivity on Utilitarian and Hedonic Value in Apparel Shopping Satisfaction. International Journal of Marketing Studies.

Irma Sucidha. 2019. Pengaruh Fashion Involvement, Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Value Dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying Produk Fashion Pada Pelanggan Duta Mall Banjarmasin. AT – TADBIR Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol.3, No.1, Hal. 1-10.

Isnaini, N. S., dan Noerchoidah. 2021. Miniso Royal Plaza Surabaya Consumer Impulse Buying Behavior. Journal of Applied Management and Business (JAMB), Vol.2, No.1, Hal. 1–11.

Juwitaningrum, I., Wyandini, D. Z., dan Putri, M. N. D. 2019. Pengaruh Emosi Positif Dan Ekuitas Merek Terhadap Pembelian Impulsif Wanita. Jurnal Psikologi Insight,Vol. 3, No.1, Hal. 70–78.

kearney.com. 2022. The 2021 Global Retail Development Index.

Maulana, A., ., M., dan Novalia, N. 2019. The Effect of Shopping Life Style and Positive Emotion on Buying Impulse (Case Study of the Palembang City Hypermarket). Information Management and Business Review, Vol.11, No.1, Hal.17-23.

Nurlinda, N., Napitupulu, I., Wardayani, W., Azlina, A., Andina, A., Ulfah, A., dan Supriyanto, S. 2020. Can E- Commerce Adoption Improve SME’s Performance?(Case Studies on Micro, Small and Medium Enterprises with Gojek Services in Indonesia). Proceedings of the Third Workshop on Multidisciplinary and Its Applications, WMA-3.

Pangestu, I Kadek Bramantya., dan Santika, I Wayan. 2019. Peran Emosi Positif Memediasi Pengaruh Fashion Involvement Dan Hedonic Consumption Tendency Terhadap Impulse Buying. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Vol.8, No.3, Hal.287-314.

Park HB, Yokota A, Gill HS, El Rassi G, McFarland EG .2005. Diagnostic accuracy of clinical tests for the different degrees of subacromial impingement syndrome. Journal of Bone Joint Surgery–American Vol.87, Hal. 1446–1455.

Peng, C., dan Kim, Y.G. 2014. Application of the Stimuli-Organism- Response (S-O-R) Framework to Online Shopping Behavior, Journal of Internet Commerce, Vol. 13, No.4, Hal. 159-176.

Rachmawati, A. K. 2021.Pengaruh Persuasi #Racuntiktok Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Di Masa Pandemi COVID-19. Skripsi. Universitas Pendidikan.

Widayanti, Enny., dkk. 2019. Pengembangan Kewirausahaan Dengan Menciptakan Wirausaha Baru Dan Mandiri. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi), Vol.6, No.2, Hal. 98-105.

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Gusti Ayu Komang Tri Wahyuni, I Gusti Ayu Imbayani, & I Made Surya Prayoga. (2024). PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, HEDONIC SHOPPING VALUE, DAN POSITIVE EMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING PADA KKV TRANS STUDIO MALL BALI. EMAS, 5(2), 70–80. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/9963

Issue

Section

Articles