PENGARUH CELEBRITY WORSHIP, HEDONIC SHOPPING MOTIVATION, DAN MATERIALISME TERHADAP COMPULSIVE BUYING (Studi Kasus Pembelian Merchandise NCT di Bali)

Authors

  • Putu Dinda Laksmita Mayuli Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Eka Mitariani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Yudhi Hendrawan Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/emas.v6i3.10967

Keywords:

celebrity worship, hedonic shopping motivation, materialism, compulsive buying

Abstract

Pengaruh globalisasi dan kemajuan teknologi yang pesat membuat segala bentuk informasi dapat dengan mudah diakses dari mana saja. Tidak dapat dipungkiri bahwa orang-orang dari budaya yang berbeda akan berinteraksi dan mempengaruhi perubahan perilaku konsumen masa kini. Salah satu contohnya adalah masuknya budaya Korea Selatan ke Indonesia, yang dikenal dengan istilah Korean wave atau Hallyu, yang menyebabkan perubahan perilaku pembelian konsumen. Melalui pemujaan terhadap selebriti, motivasi belanja hedonis, dan materialisme, faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi pembelian kompulsif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak dari celebrity worship, hedonic shopping motivation, dan materialism terhadap compulsive buying, khususnya pada kasus pembelian merchandise NCT di Bali. Populasi penelitian ini adalah seluruh anggota komunitas NCTEAZENBALI. Sampel terdiri dari 193 orang penggemar, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity worship berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian kompulsif, motivasi belanja hedonis berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian kompulsif, dan materialisme berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian kompulsif. Disarankan agar anggota masyarakat lebih mengontrol perilaku pembelian kompulsif dan menyadari konsekuensi dari pembelian kompulsif yang berlebihan. Penelitian ini dapat menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya dengan menambahkan variabel baru atau memperluas ruang lingkup pada komunitas lain.

References

Ali, A., Li, C., Hussain, A., & Bakhtawar. (2024). Hedonic shopping motivations and obsessive–compulsive buying on the internet. Global Business Review, 25(1), 198–215. https://doi.org/10.1177/0972150920937535

Anggriani, R., Jati, L. J., Sidharta, R. B. F. I., & Widyasti, B. D. (2022). Pengaruh motivasi hedonik terhadap impulsive buying dan compulsive buying. Target: Jurnal Manajemen Bisnis, 4(1), 87–96. https://doi.org/10.30812/target.v4i1.2087

Arnould, E. J., & Thompson, C. J. (2005). Consumer culture theory (CCT): Twenty years of research. Journal of Consumer Research, 31(4), 868–882. https://doi.org/10.1086/426626

Driana, H. I., & Indrawati, A. (2021). Pengaruh celebrity worship, gaya hidup hedonis, dan kecanduan internet terhadap pembelian kompulsif merchandise band day 6 pada online shop Uriharu Id. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan (JEBP), 1(5), 452–469. https://doi.org/10.17977/um066v1i52021p452-469

Edwards, E. A. (1993). Development of a new scale for measuring compulsive buying behavior. Journal of Consumer Research, 4(2), 123–137.

Febrianti, N. P., Ahmad, Z., Osman, S., & Rohmah, A. N. (2023). The K-Pop fans perception over a cancel culture phenomenon. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.51544/jlmk.v7i1.3862

Fianiyanti, Y., Sari, K., & Yuliadi, I. (2022). Hubungan celebrity worship dengan perilaku berbelanja kompulsif pada remaja. Plexus Medical Journal, 1(2), 75–80. https://doi.org/10.20961/plexus.v1i2.28

Fromm, E. (1967). Psychoanalysis and religion. Bantam Books.

HA, Y. (2020). The effects of shoppers’ motivation on self-service technology use intention: Moderating effects of the presence of employee. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(9), 489–497. https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no9.489

Ikhsantoro, E., & Mujiasih, E. (2023). Hubungan antara materialisme dengan membeli fashion secara kompulsif pada mahasiswa fakultas psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal EMPATI, 12(4), 282–289. https://doi.org/10.14710/empati.2023.28292

Jain, A., Shukla, A., & Srivast, S. (2024). Self-esteem and compulsive buying behavior: The role of hedonic motivation. Research Square. https://doi.org/10.21203/rs.3.rs-4503672/v1

Kasser, T. (2002). The high price of materialism. MIT Press.

Kusumadewi, A. N., Marlina, R., Mawardi, A., & Tu’sadiyah, A. (2023). Celebrity worship dan materialism serta pengaruhnya terhadap compulsive buying merchandise pada generasi milenial di Purwakarta. Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 12(04), 1–15. https://doi.org/10.34308/eqien.v12i04.1506

Luffiana, N. R., & Putra, H. B. (2024). Pengaruh motivasi belanja hedonis terhadap pembelian kompulsif. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(6), 1–12. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i6.1696

Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku konsumen (5th ed., Vol. 1). Penerbit Erlangga.

Pasya, A. D. (2023). Pengaruh celebrity worship pada penggemar Kpop generasi Z terhadap online compulsive buying dengan materialism sebagai variabel mediasi. Konsumen & Konsumsi: Jurnal Manajemen, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.32524/kkjm.v2i1.773

Putri, D. E., & Rositawati, S. (2020). Pengaruh celebrity worship terhadap perilaku compulsive buying pada dewasa awal anggota komunitas Baia Bandung. Jurnal Psikologi, 6(1), 1–10.

Ramanayake, H. R. D. A. N., & Pushpasiri, G. T. T. K. (2023). The impact of hedonic shopping motives on online fashion clothing shoppers’ compulsive buying behaviour in Sri Lanka. Colombo Journal of Multi-Disciplinary Research, 8(1–2), 51–74. https://doi.org/10.4038/cjmr.v8i1-2.75

Riwanda, F., & Aprilia, E. D. (2024). Pembelian online pada dewasa awal: Peran materialisme terhadap compulsive buying pada kelompok pekerja. Seurune: Jurnal Psikologi Unsyiah, 7(2), 108–124. https://doi.org/10.24815/s-jpu.v7i2.37893

Song, K. Y., & Velding, V. (2020). Transnational masculinity in the eyes of local beholders? Young Americans’ perception of K-Pop masculinities. The Journal of Men’s Studies, 28(1), 3–21. https://doi.org/10.1177/1060826519838869

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wijaya, A. P., & Yuniarinto, A. (2015). Pengaruh hedonisme dan materialisme terhadap kecenderungan pembelian kompulsif di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 4(1), 1–10.

Winiardani, D. V. D., & Oktaviana, M. (2023). Pengaruh celebrity worship terhadap compulsive buying pada Kpopers dewasa awal. Merpsy Journal, 15(1), 16–23.

Downloads

Published

2025-03-26

How to Cite

Mayuli, P. D. L., Mitariani, N. W. E., & Hendrawan, I. G. Y. (2025). PENGARUH CELEBRITY WORSHIP, HEDONIC SHOPPING MOTIVATION, DAN MATERIALISME TERHADAP COMPULSIVE BUYING (Studi Kasus Pembelian Merchandise NCT di Bali). EMAS, 6(3), 563–577. https://doi.org/10.36733/emas.v6i3.10967

Issue

Section

Articles