PENGARUH ENVIRONMENTAL AWARENESS, GREEN PRODUCT DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN AQUA DI KABUPATEN BADUNG
Keywords:
EEnvironmental Awareness, Green Product, Brand ImageAbstract
Permasalahan lingkungan saat ini menjadi salah satu persoalan yang terus di amati dan berusaha dicarikan solusi agar segera teratasi. Kemajuan teknologi membuat manusia semakin pintar untuk menciptakan berbagai produk baru yang lebih praktis dengan berbagai bentuk kemasan yang memiliki fungsi memudahkan pemasaran dan pendistribusian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh environmental awareness, green product dan brand image terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan aqua di Kabupaten Badung. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Badung pada konsumen Air Minum Dalam Kemasan Aqua dengan menggunakan sampel sebanyak
130 orang responden. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan software SPSS versi 26. Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa environmental awareness, green product dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Air Minum Dalam Kemasan Aqua di Kabupaten Badung. Hal ini berarti bahwa semakin baik environmental awareness, green product dan brand image pada Air Minum Dalam Kemasan Aqua di Kabupaten Badung maka semakin baik pula keputusan pembelian.
References
Alhamad, A., Ahmed, E. R., Akyürek, M.,
& Baadhem, A. M. S. (2023). The
Impact of Environmental Awareness and Attitude on Green Purchase Intention: An Empirical Study of Turkish Consumers of Green Product. Malatya Turgut Özal Üniversitesi İşletme ve Yönetim Bilimleri Dergisi, 4(1), 22–36.
Guiao, B. G. M., & Lacap, J. P. G. (2022).
Effects of Environmental Sustainability Awareness and Altruism on Green Purchase Intention and Brand Evangelism. Asian Journal of Business Research,
(3), 43–62. https://doi.org/10.14707/ajbr.220134
Hartelina, H., & Suyaman, D. J. (2022).
The Influence of Brand Image,
Perceived Quality & Price on Purchasing Decisions for Dunkin Donuts Products in Bekasi. Enrichment: Journal of Management,
(3), 1562–1569.
Immawati, S. A., & Anggi, A. (2023). The
Effects of e-WOM and Green
Product Innovation on Consumer
Purchase Decisions through Social Media Marketing on Beauty Products in Sociolla. Telaah Bisnis, 23(2),
–179.
Juniwati, M. Y. I. E. L. (2021). The Effect
of Environmental Awareness, Green Product Knowledge and Product Quality on Trust and The Impact on Purchasing Decisions (Study on Tupperware Product Consumers in Pontianak). Equator Journal of Management and Entrepreneurship (EJME), 09(03), 165–176.
Kotler, P., dan Amstrong, G, M. (2017).
Principles of Marketing. Pearson.
Kotler, P. and K. L. K. (2016). Marketing Management. Pearson Pretice Hall, Inc.
Lisarini, D. N., & Supriyono. (2023).
Pengaruh Brand Image Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Grab Food di Surabaya. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(3), 3025–3030.
Mahmoud, M. A., Tsetse, E. K. K., Tulasi,
E. E., & Muddey, D. K. (2022). Green Packaging, Environmental Awareness, Willingness to Pay and Consumers’ Purchase Decisions. Sustainability, 14(26), 1–15.
Okadiani, N. L. B., Mitariani, N. W. E., &
Imbayani, I. G. A. (2019). Green product, social media marketing and its influence on purchasing decisions. International Journal of Applied Business and International Management, 4(3), 69–74.
Pratiwi, R. A., Juliati, R., & Sa’diyah, C. (2022). The Influence of Brand Image, Product Quality, and Price on Purchase Decisions: Study on iPhone Smartphone Users in Malang City. Jamanika (Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan), 02(02), 127–
https://doi.org/10.22219/jamanika.v2 i02.21963
Putri, T. A. N. R., Lindawati, T., & Handayani, Y. I. (2023). Pengaruh
Green Product Innovation dan Green Marketing Terhadap Brand Image Dalam Purchase Decision Produk Avoskin Pada Konsumen di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 12(1), 47–59. https://doi.org/10.33508/jumma.v12i
4711
Roslina. (2017). Citra Merek: Dimensi,
Proses Pengembangan, Serta Pengukurannya. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 6(3), 333–346.
Sari, A. K., & Wahjoedi, T. (2022). The
influence of brand image and brand awareness on purchasing decisions is moderated by brand ambassadors. World Journal of Advanced Research and Reviews, 16(03), 947–957.
Sari, G. L. (2022). Pengaruh Harga,
Promosi dan Green Product Terhadap Keputusan Pembelian Sayuran Hidroponik Darul Qur’an Bengkel. Journal of Law, Social, and Humanities, 1(1), 36–42.
Suryono, I. A., Alfan, A., & Sudaryatie, S.
(2023). The Influence of Green Product, Green Marketing, and Brand Image on Consumer Purchasing Decisions of Bottled Water. Journal of Economics and Business UBS,
(3), 1405–1415.
Tjiptono, F. (2017). Manajemen Pemasaran Jasa. PT Indeks Kelompok Gramedia.
Willyana, M., Wijaya, E., Junaedi, A. T.,
& David, D. (2023). Pengaruh Green
Marketing dan Environmental Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Aqua. Lucrum: Jurnal Bisnis Terapan, 3(1),
–54.
Yunita, P., & Indriyatni, L. (2022).
Pengaruh brand image, daya tarik iklan, dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian MS Glow (Studi kasus pada pelanggan MS Glow Kota Semarang). Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5(22), 279–287