PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN PADA LPD (LEMBAGA PERKREDITAN DESA) DESA ADAT INTARAN

Authors

  • Ni Kadek Nelita Setiawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Sujana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Ari Novarini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kepemimpinan, Motivasi, Komitmen Organisasi, Semangat Kerja Karyawan

Abstract

Sumber daya manusia merupakan aset utama bagi organisasi yang menjadi perencana dan pelaku aktif berbagai aktivitas dalam organisasi. Sumber daya manusia dalam perusahaan memiliki peranan dan fungsi yang penting bagi tercapainya tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, motivasi, dan komitmen organisasi terhadap semangat kerja karyawan pada LPD Desa Adat Intaran dengan total sampel sebanyak 35 orang karyawan. Metode penentuan sampel pada penelitian ini adalah sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah análisis regresi linier melalui program SPSS versi 25. Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja karyawan pada LPD Desa Adat Intaran. Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja karyawan pada LPD Desa Adat Intaran. Komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja karyawan pada LPD Desa Adat Intaran.

References

Baharuddin, A. A., Musa, M. I., & Burhanuddin, B. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kompetensi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Sales. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 55–62.

Gellerman, S.W. 1984. Motivasi dan Produktivitas. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.Singaraja.

Hasibuan, Malayu S.P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Luthans, Fred. 2019. Organizztional Behavior. McGraw-Hill Companies,Inc. New York. Luthans, Fred. 2012. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sugiyono. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Rahmah, D., Setiawati, B.,& Susiani 2019. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perindustian Dan Perdagangan Kabupaten Tablong. Jurnal Manajemen. Vol 5, No.3, pp.123-133

Robbins, Stephen P. 2018. Manajemen.

Jakarta: Erlangga

Wibowo. 2018. Perilaku Dalam Organisasi. Edisi Kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles