PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT. DELTA SATRIA DEWATA

Authors

  • Ni Kadek Ferdiana Sukmaningsih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Sujana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Ari Novarini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Pengembangan Karir, Komitmen Organisasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Kinerja merupakan hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang karyawan dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan karir dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan di PT. Delta Satria Dewata. Penelitian ini dilakukan di PT. Delta Satria Dewata dengan total sampel sebanyak 55 orang karyawan. Metode penentuan sampel pada penelitian ini adalah metode sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah análisis regresi linier berganda melalui program SPSS versi 23. Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Delta Satria Dewata. Semakin baik pengembangan karir yang ada pada PT. Delta Satria Dewata maka semakin baik pula kinerja karyawan. Komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Delta Satria Dewata. Semakin meningkat komitmen organisasi yang ada di PT. Delta Satria Dewata maka kinerja karyawan akan semakin meningkat.

References

Hayati, R., Arafat, Y., & Sari, A. P. 2020. Pengaruh Komitmen Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. JMKSP (jurnal manajemen, kepemimpinan, dan supervisi pendidikan), Volume 5(2), pp. 100-111.

Kurniawan, D., Sunaryo, H., & Wahono, B. 2020. Pengaruh Komitmen Organisasi, Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, Volume 9(05), pp.74-90.

Luthans, Fred. 2016. Perilaku Organisasi, (Alih Bahasa V.A Yuwono, dkk), Edisi Bahasa Indonesia, Yogyakarta.

Mahennoko, Anandhika Angga. 2016. Pengaruh Motivasi Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Bidang Keuangan Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Demak. Skripsi. Progam Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Mahmud, M. 2020. Pengaruh Kepemimpinan, Iklim, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Grand Palace Hotel Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 4(1), pp. 200-208.

Mangkunegara, AA. Anwar Prabu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Nugroho, Agus Dwi., dan Kunartinah. 2017. Analisis Pengaruh Kompensasi dan Pengembangan Karier terhadap Kepuasan Kerja dengan Mediasi

Motivasi Kerja. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Vol.19, No.2.

Nurliani, Hadi Sunaryo, and Afi Rachmat Slamet. 2019. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Spiritual, Terhadap Kinerja Karyawan (Pada Karyawan Non Medis Rumah Sakit Islam Malang UNISMA). e-Jurnal Riset Manajemen, 8(8), 55–65.

Rahmawati, M., & Juwita, K. 2019. Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Implementasi Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Bank Syariah Lantabur. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara (JMD), Volumen 2(2), 63-72.

Robbins, Stephen. 2016. Perilaku Organisasi, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Ronia, A. R., Graha, A. N., & Suryaningtyas, D. 2020. Pengaruh Pengembangan Karir Dan Reward Terhadap Kinerja Karyawan PR. Trubus Alami. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, Volumen 6(1), pp. 1-8.

Simamora. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia.Yogyakarta: STIE TKPN

Sudaryana, Y. 2020. Effect of Compensation and Carerr Development to The Employee Performance (Study at PT. Benesse Indonesia). Journal of Management Review, 4(2), 491-500.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Widayati, C., & Triana, R. 2020. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK), Volumen 1(1), 15-25.

Yulita, H. 2017. Pengaruh Pengembangan Karir Yang Tidak Jelas Dan Ketidakpuasan Kerja Terhadap Keinginan Untuk Berpindah Dengan Stres Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal. Jakarta, 12.

Yusup, A. Y., & Saragih, R. 2020. Pengaruh Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Karyawan Kantor Pusat PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), Volumen 4(1), 208-215.

Downloads

Published

2022-10-17

Issue

Section

Articles