PENGARUH KOMUNIKASI, KERJASAMA TIM DAN REWARD TERHADAP KINERJA GURU PADA SMK SARASWATI 2 DENPASAR

Authors

  • Ni Kadek Eli Meliantari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Sujana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Ari Novarini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

teacher performance, communication, teamwork, reward

Abstract

Maintaining and improving teacher performance today is very important for all schools in order to increase the number of students for the sustainability of the school, because currently there are so many new Public Vocational High Schools and Private Vocational High Schools that have been established resulting in increasingly fierce competition to get students. Therefore, the role of teachers today is very important in improving the existence of schools.

 

The population and sample in this study amounted to 35 people, namely all teachers who are actively teaching at SMK Saraswati 2 Denpasar, to find out respondents' responses to each variable, the saturated sample method was used. The type of data in this study is quantitative data. Data collection methods are interviews, observations and questionnaires. Data analysis techniques include validity and reliability testing, classical assumption test, normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, multiple linear regression analysis, multiple correlation analysis, coefficient of determination (R2), t test and F test.

 

The results showed that communication, teamwork and rewards has a positive and significant effect on teacher performance, so the school leader or principal should always communicate well with teachers, provide direction and guidance regarding teamwork and pay attention to appropriate rewards for teachers to improve teacher performance at SMK Saraswati 2 Denpasar.

References

Bachtiar, M. Y. (2016). Pendidik dan tenaga kependidikan. Publikasi Pendidikan, 6(3).

Fahmi, I. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia . Bandung: Alfabeta.

Firmansyah, Hilman & Syamsudin, Acep. (2016). Organisasi dan Manajemen Bisnis. Ombak, Yogyakarta.

Hatta, M., & Musnadi, S. (2017). Pengaruh gaya kepemimpinan, kerjasama tim dan kompensasi terhadap kinerja guru SMK Negeri wilayah Aceh. Jurnal Magister Manajemen, 1(1), 70-80.

Imania, R. (2018). Pengaruh Penghargaan (reward) dan Hukuman (punishment) terhadap Kinerja Guru dan dampaknya terhadap prestasi anak berkebutuhan khusus (abk) di pk-plk dan homeschooling abk lentera fajar indonesia sidoarjo (doctoral dissertation, stie mahardhika surabaya).

Indonesia, M. P. D. K. R. (2009). Nomor 16 tahun 2009.

Kaswan, A., Nitesh, K., & Jana, P. K. (2017). Bentuk – bentuk kerjasama tim. Jurnal sumber daya manusia, 73, 110-118.

Locke, E. A., & Latham, G. P. (2011:243). Goal setting theory. In Motivation: Theory and research (pp. 23-40). Routledge.

Mahmudi. (2020). Reward Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru (Studi pada Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan). Melati Stiekhad, 36(3), 110-110.

Mangkunegara, AA. Prabu. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Safitri. (2011:224). Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan,Edisi Kedua : Ghalia Indonesia . Bogor

Muryadi, M. A. (2018). Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja (Qwl) Dan Penghargaan Terhadap Produktivitas Guru Sd Negeri Di Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta Barat. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 71-80.

Mustopa, Z. (2017). Pengaruh Komunikasi dan Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMP Islam Ta’allumul huda dan SMP Islam Miftahul manan kecamatan bumiayu kabupaten Brebes (doctoral dissertation, iain purwokerto).

Nasional, D. P. (2004). Undang-undang nomor 14 tahun 2004, tentang guru dan dosen. Jakarta: Depdiknas.

Panggiki, A. C., Lumanauw, B., & Lumintang, G. G. (2017). Pengaruh Kompensasi, Kerjasama Tim dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada SMA Jakarta Cabang Sam Ratulangi. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(3).

Rahmat, A. (2018). Pengaruh kepemimpinan transformasional, dan iklim kerja Ter-hadap komitmen kerja dosen berdampak pada kerjasama tim serta berimplikasi terhadap kinerja dosen (survey pada perguruan tinggi swasta berdasarkan rumpun ilmu ekonomi di riau) (doctoral dissertation, perpustakaan pascasarjana).

Rivai (2016). Penerapan teknologi web sekolah bagi smp dan sma muhammadiyah kartasura. Warta LPM, 19(1), 39-52.

Rivai, Veitza, 2015 : 407 “Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan” Edisi ke 6, Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Saad, A. (2017). Hubungan antara Pemberian Reward dengan Kinerja Guru di SD Hikmatul Fadhillah Medan. Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1).

Satria, D. D., & Akbar, M. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Komunikasi Terhadap Kinerja Guru SMP Swasta di Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 4(3), 30-39.

Shafira, I. (2016). Pengaruh komunikasi organisasi, kerjasama tim dan pembagian tugas terhadap kinerja guru SMK negeri 2 pelayaran Sungailiat (Doctoral dissertation, Universitas Bangka Belitung).

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian. Badung: Alfabetta.

Sulistio, Ningsih. M. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Ma Al-Hikmah Wayhalim Kedaton Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Sumali, A. (2019). Pengaruh Komunikasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SDN Parakan-Tangerang Selatan. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 2(3), 436-446.

Siagan, A. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Situasional Dan Pemberian Reward Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1), 209694.

Wibowo, B. K. (2018). Pengaruh Komunikasi, Motivasi Kerja, Dan Loyalitas Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Rumpun Bisnis Sekota Semarang. Jurnal Stie Semarang (Edisi Elektronik), 5(2), 36-47.

Downloads

Published

2022-09-03

Issue

Section

Articles