PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, DAN SOLVABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM DI PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR KIMIA YANG TERDAFTAR DI BEI

Authors

  • Ni Putu Yulik Paramitha Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Agus Wahyudi Salasa Gama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

likuiditas, profitabilitas, solvabilitas, harga saham

Abstract

Harga saham adalah nilai saham yang terjadi akibat diperjual-belikan saham tersebut di pasar sekunder. Harga saham dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal suatu perusahaan. Faktor internal terdiri dari:  Current ratio (CR), Earning Per Share (EPS), dan Debt To Equity Ratio (DER). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Likuiditas, Profitabiitas, dan Solvabilitas terhadap harga saham perusahaan manufaktur sub sektor kimia yang terdaftar di BEI.

Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu atau dengan kriteria-kriteria tertentu. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas, profitabilitas dan solvabiltas berpengaruh positif dan signifikan terhadap  harga saham pada perusahaan manufaktur sub sektor kimia.

References

Amalya, N. T. 2018. Pengaruh Return On Asset, Return On Equity, Net Profit Margin Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Harga Saham. Jurnal Sekuritas (Saham, Ekonomi, Keuangan Dan Investasi), Vol 1, No. 3, pp. 157-181.

Buchari, S. S. 2015. Pengaruh ROA, ROE, Dan EPS Terhadap Harga Saham PT Unilever Indonesia Tbk. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin. Makassar.

Jama‘An, J. A. 2008. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Dan Kualitas Kantor Akuntan Publik Terhadap Integritas Informasi Laporan Keuangan (Studi Pada Perusahaan Publik Di BEJ). Skripsi. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro. Semarang.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nisa, H. 2018. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Industri Sektor Pertanian Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, Vol 7, No. 5, pp. 399-407.

Puspitasari, W. 2017. Analisis Pengaruh Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS) Dan Debt To Equity Ratio (DER) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2008-2014. Skripsi. Universitas Muhammadiyah. Surakarta.

Ramadhani, F. H. 2017. Pengaruh Debt To Equity Ratio (Der), Return On Equity (ROE), Dan Net Profit Margin (NPM) Terhadap Harga Saham Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, Vol 5, No. 8, pp. 1-13.

Suryani, M. V. 2015. Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan Sektor Manufaktur Yang Terdaftarpada BEI Tahun 2010–2013). Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang

Wahnida, S. 2017. Pengaruh Current Ratio (CR), Debt To Asset Ratio (DAR) Dan Return On Equity (ROE) Terhadap Harga Saham Perusahaan Pada Sektor Pertanian Dalam Kelompok ISSI.Skripsi. UIN Raden Fatah. Palembang.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles