PENGARUH DISIPLIN KERJA, MOTIVASI, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA SARASWATI KONVEKSI GUWANG

Authors

  • I Wayan Adi Juniarta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Eka Mitariani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Disiplin Kerja, Motivasi, Komitmen Organisasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Karyawan merupakan aset perusahaan yang sangat berharga yang harus dikelola dengan baik oleh perusahaan agar dapat memberikan kontribusi yang maksimal. Salah satu hal yang harus menjadi perhatian perusahaan adalah kinerja karyawan. Kinerja karyawan merupakan suatu hal yang sangat penting dan harus dimiliki dalam upaya mencapai tujuan organisasi atau perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada Saraswati Konveksi Guwang, (2) pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan pada Saraswati Konveksi Guwang, dan (3) pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan pada Saraswati Konveksi Guwang. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah Teknik sensus (sampling jenuh) sehingga jumlah sampel yang diperoleh adalah 52 orang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Saraswati Konveksi Guwang dengan nilai signifikansi sebesar 0,005, (2) motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Saraswati Konveksi Guwang dengan nilai signifikasi sebesar 0,006, dan (3) komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Saraswati Konveksi Guwang dengan nilai signifikasi sebesar 0,008.

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Ahmad Tohardi, 2002, Pemahaman Praktis Manajemen Sumber Daya Manusia, Universitas Tanjung Pura, Mandar Maju, Bandung.

Ambar, Teguh Sulistiyani dan Rosidah, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Yogyakarta : Graha Ilmu). 2009.

Arianto.,dkk. 2020. Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arsanti, T. A, 2009. Hubungan Antara Penetapan Tujuan, Self-Efficacy Terhadap Kinerja: Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), September 2009, Hal. 97 – 110, Vol. 16, No.2

Frimayasa.,dkk. 2020. Pengaruh Komitmen Organisasi dan Human Capital Terhadap Kinerja pada Karyawan PT. Frisian Flag.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haedar.,dkk. 2020. Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Barru.

Handayani.,dkk. 2020. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Suasana Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Gunung Agung Tangerang Selatan.

Handry. 2020. Dampak Gaya Kepemimpinan, Komitmen Organisasi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Sosial Kabupaten Lombok Timur.

Hasibuan, Malayu Sp. 2012. Manajemen SDM. Edisi Revisi, Cetakan Ke Tigabelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Illanisa.,dkk. 2019. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Sekolah Dasar Islam Binar Indonesia Bandung.

Imamul.,dkk. 2020. Pengaruh Disiplin kerja, Motivasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A P2KB) Kota Batu.

Lubis.,dkk. 2020. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Tiki Jalur Nugraha Eka Kurir.

Luthans, Fred. 2014. Perilaku Organisasi, (Alih Bahasa V.A Yuwono, dkk), Edisi Bahasa Indonesia, Yogyakarta

Ma’ruf.,dkk. 2020. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Nirha Jaya Teknik Makassar.

Marihot., Tua Efendi Hariandja. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia, Pengadaan, Pengembangan, Pengkompesasian, Peningkatan Produktivitas Pegawai. Jakarta: Grafindo

Matana, Anastasia. 2017. Pengaruh Total Quality Management Terhadap Ekspektasi Kinerja Karyawan Pada PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero). Skripsi Universitas Hasanuddin Makassar

Mathis, Robert L dan John H. Jackson, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Buku 1, Alih Bahasa: Jimmy Sadeli dan Bayu. Prawira Hie, Salemba Empat. Jakarta

Nata Wirawan. 2002. Cara Mudah Memahami Statistik 2. Edisi Kedua,Keraras Emas,Denpasar.

Nuryanti.,dkk. 2020. Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional Berpengaruh Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Pos Indonesia cabang Denpasar.

Rivai., Ella Sagala. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Rajawali Pers. Jakarta.

Robbins SP, dan Judge. 2007. Perilaku Organisasi, Salemba Empat, Jakarta.

Sedarmayanti. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Cetakan Kelima, PT Refika Aditama, Bandung

Sembiring.,dkk. 2020. Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja, dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Jayapura.

Sherlie.,dkk. 2020. Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja, dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Benwin Indonesia di Kota Batam.

Soekidjan. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Srimindarti, Ceacilia & Elen Puspitasari, (2012), Kinerja Sistem Informasi Akuntansi (SIA) ditinjau dari Kepuasan Pemakai dan Pemkaian SIA yang dipengaruhi oleh partisipasi, kemampuan, pelatihan dan Pendidikan pemakai SIA, Pekan Ilmiah, Dosen FEB-UKSW,Pp. 517-530.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi Kedua). CV. Alfabeta

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles