PENGARUH KOMUNIKASI, PERILAKU PRODUKTIF, KERJASAMA TIM TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. TUNAS JAYA SANUR DENPASAR

Authors

  • Ni Wayan Mira Damayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Mendra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Gede Putu Purnawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Komunikasi, Perilaku Produktif, Kerjasama Tim, Kinerja Karyawan

Abstract

Permasalahan yang ada pada PT. Tunas Jaya Sanur Denpasar adalah persentase realisasi penjualan periode Januari sampai Desember 2020 mengalami penurunan. Permasalahan lain terlihat pada kurangnya komunikasi sehingga menyebabkan kejelasan informasi mengenai perkerjaan tidak sesuai. Perilaku produktif berupa semangat kerja karyawan menurun dan rendahnya tanggungjawab bersama yang ada antar anggota tim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi, perilaku produktif dan Kerjasama tim terhadap kinerja karyawan pada PT. Tunas Jaya Sanur Denpasar. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 55 orang karyawan. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode sensus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan software SPSS versi 23. Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi, perilaku produktif dan kerjasama tim secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Tunas Jaya Sanur Denpasar.

References

Arifin, A., 2020. Pengaruh Kepemimpinan Dan Kerjasama Tim Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan. Kinerja, 17(2), pp.186-193.

Dira, A.A., Kusniawati, A. and Muhidin, A. 2020. Pengaruh Budaya Organisasi dan Teamwork terhadap Kinerja Pegawai (Studi pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis). Business Management and Entrepreneurship Journal, 2(2).

Fachrezi, H., Khair, H. 2020. Pengaruh Komunikasi, Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Kualanamu. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), pp.107-119.

Hasibuan, R.2020. Pengaruh Kompetensi Komunikasi, Kecerdasan Emosional Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. POS Pusat Batam. BENING, 7(1), pp.105-118.

Kartini, T.M., 2021. Pengaruh Komunikasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. JURNAL PELITA ILMU, 14(02), pp.58-67.

Lawasi, E.S. and Triatmanto, B. 2017. Pengaruh komunikasi, motivasi dan kerjasama tim terhadap peningkatan kinerja karyawan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), pp.47-57.

Muhti, Andi Febriyan Eka., Sunaryo, H., ABS, M.K. 2017. Pengaruh Kerjasama Tim dan Kreativitas Terhadap Kinerja Karyawan UD. Agro Inti Sejahtera Jember. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 6(04).

Noor, R.H., Achmadi, F. 2016. Pengaruh Total Quality Management (Tqm) Terhadap Kecelakaan Kerja Nol (Zero Accident) Melalui Kepemimpinan Dan Perilaku Produktif Karyawan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pt Varia Usaha Beton Jawa Timur). In Prosiding Seminar Nasional Manajemen Tekhnologi (Vol. 25, pp. 1-8).

Palguna, N.A., Kawiana, I.G.P., Wilyadewi, I.I.D.A.Y. 2021. Pengaruh Budaya Kerja Dan Perilaku Produktif Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali Cabang Tabanan. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Parwisata, 1(4), pp.1292-1300.

Saptono, A., Sutanto, A., Hidayat, A.C., 2020. Pengaruh Prilaku Produktif Dan Total Quality Management Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada TV MU). Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis dan Manajemen, 5(1), pp.1-11.

Saputra, I.G.W. 2018. Transformasi Budaya, Total Quality Management, Perilaku Produktif Karyawan, Kinerja Karyawan dan Image Perusahaan (Studi Kasus Bank BPD Bali). Jurnal Manajemen Bisnis, 15(4), pp.62-81.

Sari, R., Agustino, M.R., Zulkurniawati, Z., 2021. Pengaruh Komunikasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan di Boom Futsal Palembang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(2), pp.290-301.

Shinta, D., & Siagian, M. 2020. Pengaruh Komunikasi, Disiplin Kerja, dan Insentif Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Citra Mandiri Distribusindo. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(2), 338-346.

Sinuhaji, E., 2020. Pengaruh Komunikasi dan Kerjasama Tim terhadap Kinerja Karyawan. BISMA Cendekia, 1(1), pp.29-34.

Wiandari, I.A.A., Darma, G.S. 2017. Kepemimpinan, Total Quality Management, Perilaku Produktif Karyawan, Kinerja Karyawan dan Kinerja Perusahaan. Jurnal Manajemen Bisnis, 14(2), pp.61-78.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles