PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KOMPETENSI DAN KARAKTERISTIK PEKERJAAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. SEMANGAT ANAK RANTAU

Authors

  • I Gusti Ngurah Adi Pratama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Dwi Widyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Tiksnayana Vipraprastha Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Budaya Organisasi, Kompetensi, Karakteristik Pekerjaan, Kinerja Karyawan

Abstract

Kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi, kompetensi dan karakteristik pekerjaan terhadap kinerja karyawan pada PT. Semangat Anak Rantau.

   Penelitian ini dilakukan di PT. Semangat Anak Rantau. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Semangat Anak Rantau yang berjumlah 92 orang sebagai responden penelitian. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini adalah teknik sensus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda melalui program SPSS versi 23.

   Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Semangat Anak Rantau. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik budaya organisasi pada PT. Semangat Anak Rantau maka semakin baik pula kinerja karyawan. Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Semangat Anak Rantau. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kompetensi pada PT. Semangat Anak Rantau maka semakin baik pula kinerja karyawan. Karakteristik pekerjaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Semangat Anak Rantau. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik karakteristik pekerjaan pada PT. Semangat Anak Rantau maka semakin baik pula kinerja karyawan.

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Ataunur, I., & Ariyanto, E. (2016). Pengaruh kompetensi dan pelatihan terhadap kinerja karyawan PT. Adaro Energy Tbk. Telaah Bisnis, 16(2).

Fatmah, D. (2017). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan dan Kompetensi Karyawan terhadap Kinerja Karyawan pada CV. Percetakan Fajar Mojokerto. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 700-709.

Jufnidar, J., & Ma'arif, S. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja (studi kasus di PT. Cahaya Internusa Group Indonesia). Jurnal Riset Perbankan Manajemen dan Akuntansi, 2(2), 109-122.

Locke, E.A. 1968. Toward A Theory of Task Motivation and Incentives.Organizational Behavior and Human Performance. pp: 68-106.

Manik, S., Syafrina, N. (2018). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis,11(1),1-6.

Mondy, R Wayne, (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia, jilid 1 edisi Sepuluh, Erlangga, Jakarta.

Oktora, F. E. (2014). Kinerja PT. POS Indonesia (Persero) Cabang Manado Dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Senco: Journal of Management & Business, 3(1), 172-186.

Porter, L, W. 2015. Motivation and Management. InjosphE, Mc. Guire eds, contemporary manajemen, issue and viewpoint englewodclifs. Printice Hall. New Jersey.

Putri, N. K. A. A., Widyani, A. A. D., & Saraswati, N. P. A. S. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi, Iklim Organisasi Dan Burnout Terhadap Kinerja Karyawan Pada LPD Desa Adat Kerobokan. EMAS, 2(4), 133-144.

Ratnasari, S.L. (2016). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Departemen Quality Assurance PT. Peb Batam. Jurnal Ekonomi dan Bisnis FEB Umsida,424- 434.

Rivai, Veithzal dan Deddy Mulyadi. 2012. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Robbins, P. Stephen. (2006). Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh. Diterjemahkan oleh: Drs. Benyamin Molan. Erlangga, Jakarta.

Robbins, Stephen P. dan Coulter, Mary. 2010. Manajemen Edisi Kesepuluh. Jakarta: penerbit Erlangga

Sanjaya. 2009. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil belajar Prenada: Jakarta

Sari, P. E. (2017). Pengaruh Stres Kerja dan Karakteristik Pekerjaan terhadap Kinerja Karyawan di PDAM Surya Sembada Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 5(1).

Simanjuntak, P.J.2011. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Lembaga Penerbit Univ. Indonesia, Jakarta.

Sudja, N.A.P., Mujiati, N.W. (2017). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan Penempatan Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Sekretariat Daerah Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(1), 550-578.

Syamsuddinnor. 2014. Pengaruh Pemberian Insentif Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Ben Line Agencies (Bla) Banjarmasin. STIMI. Vol. 6. No 1. Banjarmasin.

Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja Edisi Ketiga. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Widianingsih, M. N., Widyani, A. A. D., & Saraswati, N. P. A. S. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Jatim Watkoraya. Values, 2(1), 113-124.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles