ANALISA STRATEGI MARKETING MIX (BAURAN PEMASARAN) 4P (PRICE, PRODUCT, PLACE, PROMOTION) PADA PT SENSATIA BOTANICALS BALI

Authors

  • Ida Ayu Komang Tiara Pratistha Sari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Ayu Diah Widari Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Nyoman Yudha Astriayu Widyari Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/emas.v6i6.11656

Keywords:

marketing mix, marketing strategy, product

Abstract

PT Sensatia Botanicals Bali merupakan salah satu produk kosmetik yang terbuat dari bahan alami yang berlokasi di Desa Jasri, Karangasem, Bali. Persaingan yang ketat dan munculnya banyak produk kosmetik baru menimbulkan pertanyaan bagi para peneliti mengenai penerapan strategi marketing mix yang digunakan oleh PT Sensatia Botanicals Bali untuk bertahan dan bersaing di dunia pemasaran yang semakin cepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menerapkan strategi marketing mix produk Sensatia Botanicals. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk Sensatia Botanicals menerapkan strategi pemasaran 4P, yaitu produk, harga, tempat, dan promosi. Sensatia Botanicals kini memiliki lebih dari 200 produk yang telah terdaftar di BPOM dan merupakan perusahaan yang telah bersertifikat GMP. Sensatia Botanicals menentukan harga produk sesuai dengan kualitasnya. Kosmetik yang higienis dan minimalis, namun kaya akan bahan baku berkualitas tinggi. Strategi promosi yang digunakan adalah media sosial. PT Sensatia Botanicals Bali dapat menjalankan bisnisnya hingga saat ini karena dapat menerapkan aspek-aspek strategi pemasaran campuran dan terus berinovasi sehingga bisnisnya dapat tumbuh dan bertahan.

References

Adinda, N. (2021). Aman untuk kulit dan bumi, ini dia 5 skincare organik lokal 2021. [Blog post].

Cahyaningrum, A. R., & Tresnawaty, Y. (2024). Pengaruh environmental concern terhadap purchase intention pada produk skincare organik. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 8(2), 535–542.

Coursehero. (2019). Tujuan pemasaran adalah mengubah orientasi falsafah. Retrieved July 6, 2021, from https://www.coursehero.com

Effendy, A. A. (2019). Analisis bauran pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan Azka Toys Pamulang Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Feasible, 1, 79–95.

Hukrisna, A. (2021). Rekomendasi skincare organik lokal untuk perbaiki skin barrier. [Blog post].

Rachmad, Y. E., Sudiarti, S., Fajariana, D. E., Kisworo, Y., Suryawan, R. F., Tanadi, H., & Kutoyo, M. S. (2022). Manajemen pemasaran.

Rusin, F. R. A. Z., Pratama, K., Ardianto, E., & Ali, A. (2019). Pengaruh green perceived value dan green perceived risk terhadap green trust, green purchase intention, dan green purchase behavior pada produk green cosmetics di Indonesia, studi kasus: Sensatia Botanicals. Kajian Branding Indonesia, 1(1), 140–147.

Vannia, D., Sadat, A. M., & Sari, D. A. P. (2022). Pengaruh green marketing, environmental concern, dan attitude toward behavior terhadap purchase intention: Studi pada laki-laki pengguna skincare lokal di DKI Jakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan, 3(3), 852–863.

Downloads

Published

2025-06-26

How to Cite

Sari, I. A. K. T. P., Putri, P. A. D. W., & Widyari, N. Y. A. (2025). ANALISA STRATEGI MARKETING MIX (BAURAN PEMASARAN) 4P (PRICE, PRODUCT, PLACE, PROMOTION) PADA PT SENSATIA BOTANICALS BALI. EMAS, 6(6), 1403–1412. https://doi.org/10.36733/emas.v6i6.11656

Issue

Section

Articles