PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA COFFFEE SHOP MAMBAL

Authors

  • Kadek Anggi Trisnayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Service Quality, Product Quality, Store Atmosphere, Customer Satisfaction

Abstract

Every company is required to provide satisfaction to consumers so that business people can maintain their business on an ongoing basis with other companies. Great attention to customer satisfaction is most important because satisfied customers will tend to be loyal to the company.

This study aims to determine the effect of service quality, product quality, and store atmosphere on customer satisfaction at Coffee Shop Mambal. In this problem, the population to be used is consumers at Coffee Shop Mambal whose number is unknown.

The sampling technique was carried out using a purposive sampling method, so the number of samples in this study were 120 consumers at the Mambal Coffee Shop. The data analysis technique used to answer the hypothesis is multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that brand image has a positive and significant effect on customer loyalty in service quality. Service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction at Coffee Shop Mambal. Product quality has a positive and significant effect on customer satisfaction at Coffee Shop Mambal. Store atmosphere has a positive and significant effect on customer satisfaction at Coffee Shop Mambal.

References

Aditia, A., Komara, A. T., Roslina, N. Y., & Jatmika, L. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Acman: Accounting and Management Journal, 1(2), 104–114. https://doi.org/10.55208/aj.v1i2.25

Afnina, A., & Hastuti, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 21–30. https://doi.org/10.33059/jseb.v9i1.458

Andella, Ditha (2022) Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Bolu Kemojo Pada Gerai Aurel Mandiri Di Kelurahan Muara Lembu Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi)

Armaniah, H., Marthanti, A. S., & Yusuf, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Ahass Honda Tangerang. Penelitian Ilmu Manajemen, 2(2), 2614–3747. https://bmspeed7.com

Arsyanti, N. M., & Astuti, R. T. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang (Studi pada Toko Online Shopastelle, Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(2), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Damayanti, C., & Wahyono. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal, 4(3), 236–251. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj

Darmanto, R. F., & Ariyanti, A. (2020). Peranan Kualitas Pelayanan, Harga Dan Suasana Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Bakso Boedjangan Bintara. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(01), 71. https://doi.org/10.33370/jpw.v22i01.383

Darwin, S., Yohanes, D., Kunto, S., & Si, S. (2014). Sebagai Variabel Intervening Pada Asuransi Jiwa Manulife Indonesia-Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–12.

Elemen elemen yang ada di dalam suasana toko adalah komunikasi visual, pencahayaan, warna, musik, aroma. Dengan demikian store atmosphere merupakan salah satu cara untuk menarik konsumen atau pelanggan yang dimiliki toko. Setiap toko mempunyai tata letak, N., & Seminari, N. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Indus Ubud Gianyar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(8), 250437.

Ginting, M., & Yuliawan, E. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Kasus pada STMIK Mikroskil Medan). Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 5(1), 61–70. https://doi.org/10.55601/jwem.v5i1.226

Hartadi, N., & Husda, N. E. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Tanjung Uncang Di Kota Batam. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(3), 34–43.

Ilmiyah, L., Purnama, S., & Mayangsari, S. N. (2018). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 105–115. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a9.2018

Indrawati, F. (2018). Pengaruh Kulitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagau Variabel Intervening di Cincau Station Surabaya. Agora, 6(2), 121–131.

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.251

Iswandi, F. N. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Lokasi, Dan Shariah Compliance Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Hotel Grand Dafam Rohan Yogyakarta). https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/30132

Kawasan, D. I., Alam, W., Nyet, A. I. K., & Lombok, K. (2022). 5 1,2,3. 2(2), 243–256.

Kartika, D. M., & Syahputra. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffee Shop Di Bandung. Jurnal Ecodemica, 1(2), 162–171.

Khairusy, M. A., & Febriani, R. (2020). The influence of product quality and service quality on customer satisfaction (Survey on customers of KFC Store Merdeka Bandung). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 1–12. http://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/jmb/article/view/811

Kristiana, M., & Muhammad, E. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Layanan Terhadap KepuasKhairusy, M. A., & Febriani, R. (2020). The influence of product quality and service quality on customer saKhairusy, M. A., & Febriani, R. (2020). The influence of product quality and service q. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 01(01), 113–117.

Lesmana, R. (2017). PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT . RADEKATAMA PIRANTI NUSA Berikut ini data penjualan PT . Radekatama Piranti Nusa Tahun 2013 dibawah ini : Data Jumlah penjualan Jumlah Keluhan Pelanggan Tahun 2013- 2017 Jenis Keluhan / Complaint Tahun Ketepata. 2(2), 115–129.

Lenzun, J. J., Massie, J. D. ., & Adare, D. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal EMBA, 2(3), 1237–1245. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/viewFile/5802/5335

Lieyanto, D. M., & Pahar, B. H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan. BIP’s JURNAL BISNIS PERSPEKTIF, 13(2), 88–101. https://doi.org/10.37477/bip.v13i2.216

Mahira, Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. Prosiding Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(1), 1267–1283.

Maryati, F., & Husda, N. E. (2020). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Holiday Hotel Di Kota Batam. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 19–26. https://doi.org/10.35829/magisma.v1i1.65

Novia, M. A., Semmaila, B., & Imaduddin, I. (2020). Pengaruh kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Tata Kelola, 7(2), 201–212. https://doi.org/10.52103/tatakelola.v7i2.174

Normasari, S. (2013). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN, CITRA PERUSAHAAN DAN LOYALITAS PELANGGAN Survei padaTamu Pelanggan yang Menginap di Hotel Pelangi Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 1–9.

Paila, J. A. (2018). Pengaruh Suasana Toko Terhadap Minat Beli Konsumen Pada UD. Sinar Anugerah Pratama Manado. Jurnal Administrasi Bisins, 6(1), 58–65.

Pengembangan, P., Kreatif, E., Pelanggan, L., Kepuasan, M., Nilai, D. A. N., Zuraida, L., Akhmad, J., Manajemen, M., Widya, S., Manajemen, M., Widya, S., Pengembangan, P., & Kreatif, E. (2019). Seminar Nasional dan Call For Paper ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN , KEPERCAYAAN TERHADAP ( STUDI PADA JASA RUMAH KOS DI WILAYAH KAMPUS YOGYAKARTA ) Seminar Nasional dan Call For Paper. 201–216.

Putri, L. H. (2014). PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN PELANGGAN ( Studi pada Monopoli Cafe and Resto Soekarno Hatta Malang ). 15(2).

Rahayu, S., & Syafe’i, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Jesya, 5(2), 2192–2107. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.808

Ramadhan, D., & Mahargiono, P. B. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Store Atmosphere Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Tepi Barat Rumah Kopi Rungkut Surabaya. Jurnal Ilmu Dan …, 9(5), 2. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/3072

Retnoningtyas, D. A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Atmosfer Toko, Dan Kelengkapan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Galeri Smartfren Cabang Nganjuk. Simki-Economic, 01(08), 14–16.

Sari, D. P., Winanda, A. P., Bakhtiar, A., Ika, D., & Widharto, Y. (2017). Semarang-Bawen Dengan Integrasi Metode Importance PerfSari, D. P., Winanda, A. P., Bakhtiar, A., Ika, D., & Widharto, Y. (2017). Semarang-Bawen Dengan Integrasi Metode Importance Performance Gap Analysis , Lean , Dan Six Sigma. Jurnal Ilmiah Teknik Indust. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 12(2), 143–148.

Santika, D., Suharyono, & Fanani, D. (2017). Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei pada pelanggan Cafe OTW Food Street Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 52(1), 100–105.

Santosa, D. L. (2021). Sari, D. P., Winanda, A. P., Bakhtiar, A., Ika, D., & Widharto, Y. (2017). Semarang-Bawen Dengan Integrasi Metode Importance Performance Gap Analysis , Lean , Dan Six Sigma. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 12(2), 143–148.Pengaruh insentif dan komitmen orga. 26–37.

Sembiring, I. (2014). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMBENTUK LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada Pelanggan McDonaldâs MT.Haryono Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 15(1), 84504.

Siamena, E., Sabijono, H., & Warongan, J. D. . (2017). Pengaruh Sanksi Perpajakan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Manado. Going Concern : Jurnal Riset Akuntansi, 12(2), 917–927. https://doi.org/10.32400/gc.12.2.18367.2017

Wahyujatmiko, S., & Yon Hadi, I. (2018). Manajemen Pemasaran Online Makaroni Huhhah Yogyakarta. JBTI : Jurnal Bisnis Teori Dan Implementasi, 9(2), 100–120. https://doi.org/10.18196/bti.92104

Wardhana, F. A., & Sitohang, F. M. (2021). Pengaruh Produk, Harga, Tempat, dan Store Atmosphere terhadap Kepuasan Pelanggan Pada warkop Benpadang Sidoarjo. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(1), 51–59.

Welsa, H., & Khoironi, M. (2019). Pengaruh Kualiatas Layanan dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. Jurnal EBBANK, 10(1), 1–16.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles