PENGARUH STORE ATMOSPHERE, LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA LANGKAH COFFEE SHOP

  • Putu Vriska Andria Dewi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Putu Agung Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: store atmosphere, location, service quality, customer satisfaction

Abstract

In today's business era, competition in the business world is getting tighter. Companies must strive to study and understand the needs and wants of their customers, so as to create a sense of satisfaction for customers. This study aims to determine the effect of store atmosphere, location and service quality on customer satisfaction. Coffee Shop Steps.

The population of this research is consumers who make purchases at the Step Coffee Shop. The sampling technique used a purposive sampling method. The data analysis technique used to test the deep hypothesis is multiple linear regression analysis. The results showed that the store atmosphere, location and service quality had a positive and significant effect on customer satisfaction. Coffee Shop Steps. Further researchers are expected to add variables other than store atmosphere, location and service quality, because there are still other factors that can affect customer satisfaction.

 

References

Anggraini, Ivone S. Saerang dan Agus Supandi Soegoto. 2019. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Hasjrat Abadi Ranotana. Program Studi Manajemen Universitas Sam Ratulangi. Manado.
Arif, Muhammad. 2018. Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Di Soban Café Medan. Skripsi. Program Studi Ekonomi Islam. Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Islam Negeri Sumatra Utara. Medan.
Avi Riztanto. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Rumah Makan Kedai Ibu Di Surakarta. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah. Surakarta.
Berman, Berry and Evans, Joel R. 2010. Retail Management: A Strategic Approach. 8th Edition. Upper Saddle River: Pretice Hall International, Inc.
Dwijayanti, Mery. 2017. Pengaruh Lokasi, Promosi dan Fasilitas Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Di Hotel Ramada Bintang Bali Resort. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati. Denpasar.
Kristiana, Maria. 2017. Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Heerlijk Gelato Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri. Surabaya.
Nurdiansyah, Muhammad Demas dan Matadji. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Atmosfer Toko Terhadap Kepuasan Pelanggan Toko Buku Togamas Gajah Mada Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Manajemen.
Prayogo, Dodik, Budi Utami, dan M.Syamsul Hidayat. (2018). Pengaruh Store Atmosphere, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Studi Pada DreamBlack Coffee Mojokerto. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Majapahit. Mojokerto.
Situmeang, Lina Sari. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Istana Hot Plate Medan. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri. Sumatera
Stanley Lemeshow, David W. Hosmer J, Janeile Klar & Stephen K. Lwanga, 1997 ,Besar Sampel dalam Penelitian Kesehatan, Gajah Mada Unerversity Press, Yogyakartan, hal. 2
Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono, Fandy & Gregorius Chandra. (2011). Service, Quality & Satisfaction Edisi 3. Yogyakarta : Andi.
Utami, C. W. 2017. Manajemen Ritel : Strategi Dan Implementasi Oprasional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Wirawan, Andi Andika, Herman Sjahruddin dan Nurlaely Razak. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Lamunan Coffee di Kabupaten Bone. Program Studi Manajemen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bongaya. Makasar.
Published
2021-02-22
Section
Articles