PENGARUH CITRA PERUSAHAAN, KUALITAS LAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PT CAKRAWALA ANTARA NUSANTARA CARGO BALI

Authors

  • I Komang Wira Kencana Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I G NG A Gede Eka Teja Kusuma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Brand Image, Promotion, Service Quality, Customer Loyalty

Abstract

 

Today's marketing-related company goals have shifted from buyer acquisition to customer loyalty. This study aims to determine the effect of brand image, promotion and service quality on customer loyalty at the Furious Bali Distro. The population in this study are customers of the Furious Bali Distro. The sampling technique was carried out by purposive sampling method, so the number of samples in this study were 160 customers at the Furious Bali Distro. The data analysis technique used to answer the hypothesis is multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that brand image has a positive and significant effect on customer loyalty at the Furious Bali Distro. Promotion has a positive and significant effect on customer loyalty at the Furious Bali Distro. Service quality has a positive and significant effect on customer loyalty at the Furious Bali Distro.

References

Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan pada konsumen gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86-94.

Apriliani, R. A. E. (2019). Pengaruh Brand Trust, Brand Equity dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Teh Botol Sosro di Wonosobo). Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(2), 112-121.

Ardhiansyah, M., & Rizaldi, M. I. (2022). Data Mining Dan Implementasinya Untuk Klasifikasi Loyalitas Pelanggan. Pascal Books: Tangerang Selatan.

Atmaja, J. (2018). Kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas pada bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49-63.

Bancin, J. B. (2021). Citra Merek dan Word of Mouth (Peranannya dalam Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina). Jakad Media Publishing: Surabaya.

Choiriah, E. N. M., & Liana, L. (2019). Pengaruh kualitas produk, citra merek, dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan (studi pada pelanggan sepeda motor Honda di kota Semarang). MADIC, pp. 236-244.

Curatman, A., & Suroso, A. (2020). Program Loyalitas Pelanggan. Deepublish: Yogyakarta.

Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148-159.

Habibullah, M., & Fitria, S. E. (2017). Pengaruh brand image terhadap loyalitas pelanggan (Studi Pada Bisnis Clothing P-Clothes). eProceedings of Management, 4(3).

Kurniasih, D. (2021). Kepuasan konsumen: studi terhadap word of mouth, kualitas layanan dan citra merek. Bintang Visitama: Banten.

Mu’ah, S. E. (2021). Loyalitas Pelanggan Tinjauan Aspek Kualitas Pelayanan dan Biaya Peralihan. Zifatama Jawara: Sidoarjo.

Pertiwi, R. D., & SE, M. (2021). Pemasaran Jasa Pariwisata (Dilengkapi dengan Model Penelitian Pariwisata Gedung Heritage di Bandung Raya). Deepublish: Yogyakarta.

Pranoto, I. M. A., & Giantari, I. G. A. K. (2022). Membangun Brand Loyalty mobile banking berbasis Celebrity Endorsement Credibility. Media Sains Indonesia: Bandung.

Putra, M. C. S. D., & Ekawati, N. W. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Vespa. E-Jurnal Manajemen Unud, 6 (3), 1674-1700.

Putri, Y. L., & Utomo, H. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan sebagai variabel intervening (Studi persepsi pada pelanggan dian comp ambarawa). Among Makarti, 10(1).

Rosalina, M., Qomariah, N., & Sari, M. I. (2019). Dampak Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Oppo Smartphone. Jurnal Penelitian IPTEKS, 4(2), 161-174.

Rusandy, D. S. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Titin Trenggalek. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan, 2(1), 1-11.

Sari, A. A. R. P., & Yasa, N. N. K. (2020). Kepercayaan pelanggan di antara hubungan citra perusahaan dan kewajaran harga dengan loyalitas pelanggan mapemall. com. Penerbit Lakeisha: Klaten.

Sawlani, D. K., & SE, M. (2021). Digital Marketing: Brand Images. Scopindo Media Pustaka: Surabaya.

Sinurat, E. S., Lumanauw, B., & Roring, F. (2017). Pengaruh inovasi produk, harga, citra merek dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan mobil suzuki ertiga. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 2230-2239.

Wangsa, I. N. W., Rahanatha, G. B., Yasa, N. N. K., & Dana, I. M. (2022). Promosi Penjualan Untuk Membangun Electronic Word Of Mouth Dan Mendorong Pengambilan Keputusan Pembelian. Penerbit Lakeisha: Klaten.

Yunaida, E. (2017). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(2), 798-807.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles