PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, VARIASI PRODUK DAN PROMOSI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG DI RESTORAN LAKOO BALI

Authors

  • Ni Putu Mira Khrisna Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Daniel Manek Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Service Quality, Product Variety, Social Media Promotion, Repeat Purchase Decision

Abstract

A restaurant is a place that is organized commercially, which provides good service to consumers in the form of food and drinks so that consumers feel satisfied and will make repeat purchases. Apart from service quality, restaurants must also pay attention to the variety of products offered so that consumers are interested in visiting the restaurant. Apart from service quality and product variety, social media promotion is also very important in marketing in the restaurant sector because nowadays everything is digital so the reach of consumers is greater. . This research aims to examine the influence of service quality, product variety and social media promotions on repeat purchase decisions. The research was conducted at Lakoo Bali Restaurant. The sample from this research was 160 visitors who visited the restaurant. Sampling used non-probability sampling using the formula (5 x indicators). The method used is multiple linear regression analysis. The results of this research show that service quality has a positive and significant influence on repurchase decisions. Product variations have a positive and significant influence on repurchase decisions and social media promotions have a positive and significant influence on repurchase decisions.

References

Afifah Khansa, Lidwina Mutia Sadasri, 2016. Pengaruh Social Media Marketing Instagram terhadap Tingkat Brand Awareness Roaster and Bear Coffee Lounge & Kitchen.Skripsi. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

.

Anggraeni, Jeni. (2016). Pengaruh Keanekaragaman Produk, Kualitas Pelayanan, dan Store Atmosphere terhadap DAP Impulse Buying di Butik Cassanova Semarang. Journal of Management , Vol.II No.2, pp. 544-564.

Atmaja, N. P. C. D. Mitariani,N.W.E.& Aristayasa, I. K. 2020. Pengaruh Persepsi harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, Vol. 15 No.2

Atmaja,N.P .C.D., Keniten,I. A.P.P.,& Teja Kusuma, I.G.NG.A. G. E. 2023. Pengaruh Sosial Media Marketing, Word of Mount(WOM) dan Brand Image Terhadap Minat Beli di Tiara Collection Karangasem.Emas,Vol.4 No.3

Ghozali, Iman. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Ichsanudin dan Hery Purnomo. 2021.

Monograf Analisis Gaya Hedonis, Status Sosial, Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek. Bandung: Media Sains Indonesia.

Isfiand. Amirudin dan .M.Amin .2019. Dengan judul penelitian “Pengaruh variasi produk, harga, dan customer experience terhadap keputusan pembelian ulang keramik mulia tile pada Pt. Surya Asia Abadi Di Pekanbaru”. Jurnal Akuntansi,Kewirausahaan dan Bisnis, Vol.4 No.3,pp 114-129 .

Murdani,N,K.,Ni.W.A dan Kadek P.P. 2020. Penelitian ini berjudul Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Yang Dimediasi Oleh Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian Ulang 25 Pengguna Kartu Perdana Telkomsel”. Vol.3 No 1,pp 97-105.

Priansa, D.J. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontenporer, Alfabeta. Bandung: Alfabeta.

Prihadi,D., dan Susilawati, A.D .2018 . Pengaruh Kemampuan E-Commerce dan Promosi di Media Sosial terhadap Kinerja Pemasaraan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis,Vol.3 No.1,pp. 15-20.

Setyawati 2021 dengan judul penelitierhjmn`man Pengaruh Kualitas Layanan dan sevicescape Rumah Sakit Terhadap Kepercayaan Konsumen (Studi Pada Pasien Piliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Siloam Bali Pada Pandemi Covid-19.Skripsi. Program Studi Manajemen,Fakultas Ekonomi,Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Sianturi.C.I. 2019. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Konsumen Dengan Shopping Life Style Sebagai Variabel Moderating di Minimarket Waralaba Kota Medan”. Skripsi, Universitas Sumatera Utara.

Sisnuhadi dan Stefanus, K.S. 2021 dengan judul penelitian “ Pengaruh Promosi Media Sosial, Celebrity Endorse dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Ulang” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis,Vol.16 No.1,pp.45-56

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan

R&D). Bandung: Alfabeta.

Susanto Budi & Puji Astutik 2020.dengan judul penelitian “ Pengaruh Promosi Media Sosial dan Daya Tarik Wisatawan Terhadap Minat Berkunjung Kembali di Objek Wisata Edukasi Mayung” Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi Vol 1.pp 37-46

Tiefani, A. S. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Konsumen pada PT Anugerah Avava Cemerlang Batam. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol.6 No.1

Tjiptono Fandy & Gregorius Chandra. 2016. Service, Quality & Satisfaction,Edisi 4, ANDI, Yogyakarta.

Wirte,W (2019) Dengan judul penelitian “Pengaruh variasi produk, harga, dan

customer experience terhadap keputusan pembelian ulang J.CO Donuts Ambarukmo Plaza”. Skripsi, Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Ni Putu Mira Khrisna Putri, Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja, & Daniel Manek. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, VARIASI PRODUK DAN PROMOSI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG DI RESTORAN LAKOO BALI. EMAS, 5(8), 98–110. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/10026

Issue

Section

Articles