EFEKTIVITAS SEDIAAN CAIR ELEKTRIK DARI EKSTRAK BUNGA GUMITIR (Tagetes erecta L.) SEBAGAI ANTINYAMUK Aedes aegypti

  • I Gusti Agung Ayu Kusuma Wardani Fakultas Farmasi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Mrs. Fitria Fakultas Farmasi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Mr. Santoso Fakultas Farmasi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Mr. Tangkas Fakultas Farmasi Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: antinyamuk, bunga gumitir, demam berdarah dengue, sediaan cair elektrik

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus dengue yang masuk ke peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Pencegahan penyebaran penyakit DBD dapat dilakukan dengan memutus mata rantai penularan melalui pengendalian vektor. Insektisida hayati yang berasal dari tumbuh-tumbuhan berpotensi untuk mengendalikan vektor. Bunga gumitir (Tagetes erecta L.) merupakan tumbuhan tahunan, dapat tumbuh pada tanah dengan pH netral di daerah yang cukup sinar matahari dan drainase yang baik. Bunga gumitir mengandung golongan senyawa metabolit sekunder flavonoid, saponin, tanin dan steroid/triterpenoid yang bersifat racun bagi nyamuk Aedes aegypti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas sediaan cair elektrik dari ekstrak bunga gumitir (Tagetes erecta L.) sebagai antinyamuk Aedes aegypti. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan randomized control grup posstest only design. Pengujian menggunakan 75 ekor nyamuk Aedes aegypti yang dibagi menjadi 5 kelompok perlakuan yaitu kontrol positif, kontrol negatif, formula dengan konsentrasi ekstrak bunga gumitir 15%, 30%, dan 60%. Perlakuan diamati selama 3 jam dan dihitung jumlah nyamuk yang mati. Analisis data diuji secara statistik dengan menggunakan metode SPSS. Hasil uji One Way Anova pada masing-masing kelompok diperoleh nilai sig. 0,002 (p<0,005), hal ini menunjukkan ada perbedaan yang bermakna pada kematian nyamuk setelah perlakuan. Hasil uji Post Hoc LSD menunjukkan antara kontrol positif dengan konsentrasi ekstrak bunga gumitir 60% diperoleh nilai sig. sebesar 0,082 (p>0,005), hal ini menunjukkan tidak ada perbedaan bermakna pada jumlah kematian nyamuk. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulakan bahwa sediaan cair elektrik dari ekstrak bunga gumitir (Tagetes erecta L.) dengan konsentrasi 60% efektif dalam membunuh nyamuk Aedes aegypti.

Author Biographies

I Gusti Agung Ayu Kusuma Wardani, Fakultas Farmasi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Farmakologi dan Farmasi Klinik

Mrs. Fitria, Fakultas Farmasi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Program Studi D3 Farmasi

Mr. Santoso, Fakultas Farmasi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Program Studi D3 Farmasi

Mr. Tangkas, Fakultas Farmasi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Program Studi D3 Farmasi

References

Aradilla, A.S. 2009. Uji Efektivitas Larvasida Ekstrak Etanol Daun Mimba (Adzadirachta indica) terhadap Larva Aedes aegypti. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Semarang.

Depkes RI. 2005. Kajian Masalah Kesehatan Demam Berdarah Dengue. Jakarta: Badan Litbang dan Pengembangan Kesehatan.

Dinata, A. 2003. Mengatasi DBD Dengan Kulit Jengkol. Skripsi. Fakultas Kedokteran. Universitas Sebelas Maret.

Guomin, J., Y. Xiaolin., C. Rongchang. 2003. The Handbook of Insecticide Formulations and Its Technologies for Household and Public Health Uses. Hong Kong: Jin Tai Printing Ltd.

Kusmiati. 2011. Daya Antioksidan Senyawa Lutein dari Bunga Kenikir (Tagetes erecta L.) Terhadap Tikus Putih yang Mengalami Hiperkolesterolemik. Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI. Bogor.

Musdalifah. 2016. Uji Efektivitas Ekstrak Kulit Buah Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia) Sebagai Insektisida Hayati Terhadap Nyamuk Aedes aegypti. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin. Makassar.

Novizan. Membuat dan Memanfaatkan Pestisida Ramah Lingkungan. Jakarta: Agromedia Pustaka. 2002 Kematian Larva Nyamuk Aedes aegypti. Skripsi. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah. Surakarta.

Supartha, I.W. 2008. Pengendalian Terpadu Vektor Virus Demam Berdarah Dengue, Aedes aegypti (Linn.) dan Aedes albopictus (Skuse) (Diptera: Culicidae ). Skripsi. Pertemuan Ilmiah Universitas Udayana. Bali.

Suyanto F. 2009. Efek Larvasida Ekstrak Kulit Buah Manggis (Garcinia mangostana L.) Terhadap Larva Aedes aegypti L. Skirpsi. Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

Utomo, M, dkk. 2010. Pengaruh Jumlah Air yang Di Tambahkan pada Kemasan Serbuk Bunga Sukun (Artocarpus communis) sebagai Pengganti Isi Ulang (Refill) Obat Nyamuk Elektrik Terhadap Lama Waktu Efektif Daya Bunuh.
Published
2020-06-19
How to Cite
Wardani, I. G. A. A. K., Megawati, F., Santoso, P., & Suwantara, I. P. T. (2020). EFEKTIVITAS SEDIAAN CAIR ELEKTRIK DARI EKSTRAK BUNGA GUMITIR (Tagetes erecta L.) SEBAGAI ANTINYAMUK Aedes aegypti. Jurnal Ilmiah Medicamento, 5(1), 1-5. https://doi.org/10.36733/medicamento.v5i1.831

Most read articles by the same author(s)