PENGARUH CONTENT MARKETING, LIVE STREAMING, DAN ONLINE CUSTOMER REVIEWS TERHADAP ONLINE PURCHASE DECISIONS PADA CUSTOMER BHUMIMI KEBAYA

Authors

  • Ida Ayu Made Diah Kencana Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.30388/emas.v6i2.11327

Keywords:

content marketing, live streaming, online customer reviews

Abstract

Tren peningkatan aktivitas belanja online melalui platform e-commerce, seperti TikTok, membuka peluang bagi perusahaan untuk menerapkan strategi pemasaran digital yang efektif demi menarik minat konsumen. Oleh sebab itu, memahami faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen menjadi hal yang sangat penting. Pengkajian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh Content Marketing, Live Streaming, dan Online Customer Reviews terhadap keputusan pembelian online pada pelanggan Bhumimi Kebaya.  Pengkajian ini menggunakan metode survei dengan data yang dikumpulkan melalui kuesioner yang didistribusikan kepada konsumen Bhumimi Kebaya yang bertransaksi melalui TikTok. Pendekatan pengkajian didasarkan pada Theory of Planned Behavior (TPB), yang melibatkan aspek sikap, norma subjektif, serta persepsi terhadap kendali perilaku. Hasil pengkajian menunjukkan bahwa Content Marketing dan Live Streaming memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Selain itu, Online Customer Reviews turut membentuk persepsi konsumen terhadap produk. Implikasi dari pengkajian ini menunjukkan bahwa pemasar perlu mengoptimalkan strategi digital untuk mendorong keputusan pembelian konsumen. Namun demikian, pengkajian ini memiliki keterbatasan, seperti cakupan populasi yang hanya mencakup konsumen Bhumimi Kebaya serta durasi pengkajian yang relatif singkat, sehingga hasilnya belum dapat sepenuhnya mewakili konsumen di berbagai platform e-commerce

References

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Bo, L., Chen, Y., & Yang, X. (2023). The Impact Of Contradictory Online Reviews On Consumer Online Purchase Decision: Experimental Evidence From China. Sage Open, 13(2). Https://Doi.Org/10.1177/21582440231180107

Du Plessis, C. (2022). A Scoping Review Of The Effect Of Content Marketing On Online Consumer Behavior. Sage Open, 12(2). Https://Doi.Org/10.1177/21582440221093042

Fachmy, R. N., & Rasmini, M. (2023). Pengaruh Content Marketing Pada Instagram Pegipegi Terhadap Keputusan Pembelian. Management Studies And Entrepreneurship Journal, 4(5).

Faradita, P. A., & Widjajanti, K. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia. Solusi, 21(2). Https://Doi.Org/10.26623/Slsi.V21i2.6333

Ghozali, I. (2018). Ghozali 2018. In Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Haliza, H. N., & Anasrulloh, M. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Marketplace Shopee Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka Pgri. Jurnal Economina, 2(7). Https://Doi.Org/10.55681/Economina.V2i7.671

Imbayani, I. G. A., & Gama, A. W. S. (2018). The Influence Of Electronic Word Of Mouth (E-Wom), Brand Image, Product Knowledge On Purchase Intention. In Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Jagaditha (Vol. 5, Issue 2).

Lee, C. H., & Chen, C. W. (2021). Impulse Buying Behaviors In Live Streaming Commerce Based On The Stimulus-Organism-Response Framework. Information (Switzerland), 12(6). Https://Doi.Org/10.3390/Info12060241

Misbakhudin, A., & Komaryatin, N. (2023). Content Marketing, Live Streaming, And Online Customer Reviews On Fashion Product Purchase Decisions. Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 12(2). Https://Doi.Org/10.46367/Iqtishaduna.V12i2.1572

Mufid Suryani, Nida Nusaibatul Adawiyah, & Erlin Beliya Syahputri. (2022). Pengaruh Harga Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Sociolla Pada Masa Pandemi Covid-19. Formosa Journal Of Multidisciplinary Research, 1(1). Https://Doi.Org/10.55927/Fjmr.V1i1.416

Netrawati, I. G. A. O., Nuada, I. Wayan, & Syakbani, B. (2022). The Influence Of Live Streaming Video On Consumer Decisions. Sentralisasi, 11(2). Https://Doi.Org/10.33506/Sl.V11i2.1623

Petcharat, T., & Leelasantitham, A. (2021). A Retentive Consumer Behavior Assessment Model Of The Online Purchase Decision-Making Process. Heliyon, 7(10). Https://Doi.Org/10.1016/J.Heliyon.2021.E08169

Putra, R. D., & Setiawan, B. (2021). Pengaruh Promosi Melalui Sosial Media Dan Online Customer Reviews Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(1). Https://Doi.Org/10.37641/Jikes.V1i1.405

Putri Adilla, & Christiawan Hendratmoko. (2023). Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk Dan Content Marketing Terhadap Keputusan Pemeblian Barang Thrift Melalui Instagram Di Solo Raya. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (Snpk), 2. Https://Doi.Org/10.36441/Snpk.Vol2.2023.152

Rahmawati, A. I. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Pgri Semarang). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Ekonomi Kreatif, 1(1). Https://Doi.Org/10.26877/Jibeka.V1i1.3

Ribek, P. K. (2022). Pengaruh Iklan Televisi Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Bali. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 5(2). Https://Doi.Org/10.47532/Jis.V5i2.539

Sangkardi, R., Jfa Tumbuan, W., & Tielung, M. V. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Di Manado. Jurnal Lppm Bidang Ekososbudkum (Ekonomi, Sosial, Budaya, Dan Hukum), 5(2).

Shadrina, R. N., & Sulistyanto, Y. (2022). Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer, Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Pengguna Instagram Dan Tiktok Di Kota Magelang). Diponegoro Journal Of Management, 11(1).

Sono, M. G., Assayuti, A. A., & Rukmana, A. Y. (2023). Hubungan Antara Perencanaan Strategis, Ekspansi Pasar, Keunggulan Kompetitif Terhadap Pertumbuhan Perusahaan Fashion Di Jawa Barat. Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 2(02). Https://Doi.Org/10.58812/Jbmws.V2i02.340

Suarna, I. F. (2022). Purchase Decision Pada Live Streaming Shopping Pengguna Media Sosial Tiktok Di Bandung. Ekono Insentif, 16(2). Https://Doi.Org/10.36787/Jei.V16i2.942

Sugiyono. (2019). Metode Pengkajian Kuantitatif Kualitatifo Title. In Alfabeta.

Wang, Y., Lu, Z., Cao, P., Chu, J., Wang, H., & Wattenhofer, R. (2022). How Live Streaming Changes Shopping Decisions In E-Commerce: A Study Of Live Streaming Commerce. Computer Supported Cooperative Work: Cscw: An International Journal, 31(4). Https://Doi.Org/10.1007/S10606-022-09439-2

Wati, P. (2022). Pengaruh Iklan, Harga Dan Online Customer Review Pada Marketplace Tokopedia Di Kota Denpasar. Jurnal Emas, 3(1).

Downloads

Published

2025-03-09

How to Cite

Putri, I. A. M. D. K., Imbayani, I. G. A., & Prayoga, I. M. S. (2025). PENGARUH CONTENT MARKETING, LIVE STREAMING, DAN ONLINE CUSTOMER REVIEWS TERHADAP ONLINE PURCHASE DECISIONS PADA CUSTOMER BHUMIMI KEBAYA. EMAS, 6(2), 402–413. https://doi.org/10.30388/emas.v6i2.11327

Issue

Section

Articles