PERSEPSI SISWA TERHADAP PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI SMP SARASWATI 1 DENPASAR
Keywords:
persepsi, pendekatan saintifik, pembelajaran biologi, media gambarAbstract
Penerapan pendekatan saintifik melalui media gambar di SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar masih terdapat siswa yang terlihat pasif dan tidak bersemangat dalam belajar. Akibatnya masih banyak siswa yang tidak dapat menyelasaikan tugas yang diberikan oleh guru dengan tepat waktu. Sehingga timbul dugaan apakah pembelajaran pendekatan saintifik melalui media gambar yang sudah pernah diterapkan sudah cukup efektif atau belum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap penerapan pendekatan saintifik melalui media gambar pada pembelajaran IPA Biologi. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.B SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar yang berjumlah 40 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan Analisis Deskriptif Kuantitatif dengan pendekatan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tehadap penerapan pendekatan saintifik melalui media gambar diperoleh nilai persentase tertingi pada aspek persepsi kompetensi memahami materi pelajaran berbasis media gambar dengan kecenderungan skor rerata (mean) 17.025 dengan persentase sebesar 85.125% berada dalam kategori sangat baik dan skor terendah pada aspek persepsi interaksi siswa dan guru dengan kecenderungan skor rerata (mean) 15.875 dengan persentase sebesar 79.375% berada dalam kategori baik. Hal ini membuktikan bahwa bahwa penerapan pendekatan saintifik melalui media gambar terhadap siswa kelas VIII.B SMP (SLUB) saraswati 1 Denpasar, sudah efektif untuk diterapkan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.