PERSEPSI SISWA TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA SECARA DARING BERBASIS APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DI SMP (SLUB) SARASWATI 1 DENPASAR

Authors

  • Desak Nyoman Budiningsih Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v14i1.8618

Keywords:

Efektivitas, Google Classroom, Pembelajaran Daring, Persepsi

Abstract

Pembelajaran online, yang menjadi solusi terhadap tantangan belajar mengajar di masa pandemi Covid-19, telah diadopsi oleh SMP Saraswati 1 Denpasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi persepsi siswa terhadap efektivitas pembelajaran daring berbasis aplikasi Google Classroom pada mata pelajaran IPA serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi siswa dalam proses belajar. Penelitian ini dilakukan pada 02 Mei hingga 16 Juni 2022, di SMP Saraswati 1 Denpasar. Variabel terikat penelitian ini adalah persepsi siswa terhadap efektivitas pembelajaran daring menggunakan aplikasi Google Classroom. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner tertutup. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei deskriptif kuantitatif. Populasi studi ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Saraswati 1 Denpasar, dan sampelnya adalah kelas VIII D dan VIII G. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dianalisis dengan pendekatan statistik regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap efektivitas pembelajaran daring dengan Google Classroom pada beberapa aspek, meskipun ada aspek yang mendapat respon negatif. Dengan demikian, model pembelajaran daring dengan Google Classroom dianggap efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ammy, P. M. (2020). Analisis motivasi belajar mahasiswa menggunakan video pembelajaran sebagai alternatif pembelajaran jarak jauh (PJJ). Jurnal Mathematic Paedagogic, 5(1), 27-35.

Asnawi, N. (2018). Pengukuran Usability Aplikasi Google Classroom Sebagai E-learning Menggunakan USE Questionnaire Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UNIPMA, Research: Journal of Computer, information system, & technology management, 1(2).

Hakim, A. B. (2016). Efektivitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom dan Edmodo. Jurnal I-Statement, 2(1).

Nafiah, N., & Hartatik, S. (2020). Penerapan manajemen pembelajaran berbasis daring dengan menggunakan aplikasi google classroom untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membuat perangkat pembelajaran. Education and Human Development Journal, 5(1), 9-23.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9-16.

Rusman. (2015). Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalisme guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.

Sobron, A. N., Bayu, B., Rani, R., & Meidawati, M. (2019, Oktober). Pengaruh daring learning terhadap hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship (Vol. 1, No. 1).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfbeta

Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., & Listiawati, M. (2020). Pembelajaran daring berbasis Google Classroom mahasiswa pendidikan biologi pada masa wabah Covid-19. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati, 1-10.

Susanti, L., & Estherina, R. (2022). Pembelajaran Blending Asynchronous-Synchronous Learning Berbasis Relevan terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Sekolah Dasar pada Masa Pandemi. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 7(1), 79–89.

Downloads

Published

2024-03-29