PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP DWIJENDRA DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.36733/jsp.v14i2.9877Keywords:
Model Pembelajaran, Kooperatif Jigsaw, Hasil BelajarAbstract
Pembelajaran yang berkualitas dan menyenangkan di sekolah merupakan suatu proses yang sangat penting untuk menciptakan suasana nyaman dalam menjalankan kegiatan pembelajaran bersama peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Dwijendra Denpasar. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi eksperimental). Rancangan penelitian Control Group Pretest and Posttest Design. Penelitian ini dilakukan di SMP Dwijendra Denpasar dan dilaksanakan pada 16 Aptil-3 Mei Tahun ajaran 2023/2024. Sampel di pilih secara acak (random cluster). Didapatkan sebagai sampel kelas eksperimen yaitu peserta didik di kelas VIII D dan peserta didik kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian berdasarkan uji independent sample test, didapatkan nilai sangat signifikan sebesar 0,001**(0,001 < 0,01), ini berarti bahwa pembelajaran tipe kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik, dimana Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dilihat dari nilai mean atau rata-rata dari pembelajaran kelas kontrol bernilai 62,7705 dan lebih kecil dibandingkan dengan nilai dari kelas eksperimen yaitu sebesar 69,9300. Berdasarkan hasil ini menunjukkan bukti bahwa rata-rata nilai hasil belajar pada kelas eksperimen memiliki peningkatan yang lebih baik dibanding pada kelas kontrol, sehingga dapat dinyatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Downloads
References
Arisanti, Devi (2020). Model Pembelajaran Kooperatif pada Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan, 8(2), 82-93
Asmara, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Journal of Education and Instruction 3 (1)
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp
Dewi, P, P, R., & Sukendra, K. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XII MIPA 2 SMA negari 1 Kuta Utara. Jurnal WIDYADARI 24 (1) 106-115
Eliana, N., Handayani, B., & Bahri, S. (2023). Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa SMAN 1 Praya Tengah Tahun Ajaran 2022/2023 yang Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Investigasi Kelompok (KI) Berbentuk Media Audio Visual. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3)
Ernawati & Yani, Ahmad. (2020). Penerapan Model Peembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa. Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 1(1)
Haryani, E., Ahmad, S., & Ardea, R. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Daya Serap Siswa Pada Pelajaran Akutansi. Journal of Education Research 2 (2) 82-88
Kahar, M, S., Anwar, Z., Murpiri, D, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Jurnal Program Studi Pendidikan 9 (2) 279-295
Lestari, Eka & Azzahra, Fatimah. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal Research and Education Studies, 3 (3)
Wanti, M, D., Wati, S., Kamal,M.,& Afrinaldi. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Jigsaw Oleh Guru PAI di SM Negeri 1 Kota Baru Dharmasraya. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia 1 (1) 158-171
Yelani, M., Amaluddin, L, A., & Ramly. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akutansi Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan Akutansi 2 (1) 10-19.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Welhelmince Umbu Pati, Desak Nyoman Budiningsih, I Made Diarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.