MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBASIS MIND MAPPING

Authors

  • Desak Nyoman Budiningsih Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Ayu Sri Ratnani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Diarta Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v12i2.5194

Keywords:

Model Pembelajaran NHT, Mind Mapping, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh diterapkamnya model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbasis media mind mapping untuk meningkatkan minat belajar Biologi siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimental design dengan rancangan non equivalent control groups design. Tempat pelaksanaan penelitian adalah di SMA Negeri 1 Mengwi.  Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari - Februari 2022. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X (IIS) pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Sampel dipilih secara acak. Sebagai kelas eksperimen yaitu kelas X (IIS) 4, sedangkan untuk kelas kontrol adalah kelas X (IIS) 6. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif NHT berbasis mind mapping memberikan pengaruh yang signifikan (0,00˂0,05) terhadap minat belajar siswa. Pada kelas eksperimen, dari pretest ke posttest terjadi peningkatan persentase minat belajar siswa sebesar 81,1%. Sedangkan peningkatan persentase minat belajar siswa pada kelas kontrol dari pretest ke posttest adalah sebesar 51,3%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran NHT berbasis media mind mapping dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas X (IIS) di SMA Negeri 1 Mengwi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buzan, T. (2007) Buku Pintar Mind Map untuk Anak Pintar di Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia Pusaka Utama.

Mon, M. C. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran TPS Dengan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 12 Denpasar. (Skripsi). Universitas Mahasaraswati, Denpasar.

Nurdin, R (2012). Studi Komparatif Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe GI Dengan Konvensional Pada Pembelajaran Ilmu statistika di SMKN 1 Cilaku (Skipsi). Universitas Pendidikan Indonesia).

Setyosari, P. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Malang: Kencana

Slameto (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, I. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Yani, P. (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heards Together (NHT) Divariasikan dengan Mind Mapping Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA N 1 Abiansemal. (Skripsi). Denpasar. Universitas Mahasaraswati.

Downloads

Published

2022-09-28

Most read articles by the same author(s)