PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) BERBASIS POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • I Made Diarta Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Desak Nyoman Budiningsih Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v13i1.6054

Keywords:

problem-based learning (PBL), media PowerPoint, hasil belajar

Abstract

Hasil belajar siswa belum maksimal, sebelum diterapkannya model pembelajaran yang inovatif.  Sebenarnya di sekolah ini sudah tersedia LCD sebagai media pembelajaran dengan jumlah yang cukup memadai, hanya saja tidak semua guru memanfaatkan LCD tersebut untuk mengajar di kelas. Adapun tujuan penelitian adalah untuk menganalisis  penerapan  Problem-based Learning (PBL) berbasis media PowerPoint terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar. Populasi adalah seluruh siswa kelas X, dengan pengambilan sampel secara simple random sampling. Hasil belajar dianalisis dengan uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol, didapatkan hasil belajar yang berbeda. Hasil belajar di uji dengan  T-test, dimana didapatkan nilai yang signifikan (p=0,000<0,01). Simpulan penelitian adalah bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis PowerPoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, D. M. D.D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbasis Media PowerPoint Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Presentasi PowerPoint Peserta Didik SMA Negeri 8 Denpasar. Skripsi. FKIP Unmas: Denpasar.

Febrianto, V. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di MAN 4 Bantul.

Magdalena, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 5 Kelas XI Kota Samarinda Tahun Ajaran 2015. Skripsi. FKIP Univeritas Mulawarman: Samarinda.

Priyadi, (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Contextual Teaching and Learning Pada Mata Pelajaran Perpajakan Kelas X Semester 1 Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal FE Universitas Negeri Malang.

Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-03-31

Most read articles by the same author(s)