LEARNING COMMUNITY: ALTERNATIF SOLUSI PENINGKATAN PEMAHAMAN GURU TERHADAP ASESMEN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • I Made Surya Hermawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Diarta Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Ketut Wardana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Gede Agus Putra Prabawa Politeknik Ganesha Guru
  • Jesminarti Lero Zogara Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Sintya Purnama Sari Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v13i2.7415

Keywords:

Learning Community, Pemahaman Guru, Asesmen Pembelajaran, Kurikulum Merdeka

Abstract

Baru-baru ini, Indonesia melakukan peralihan kurikulum pendidikan dari Kurikulum 2013 menuju Kurikulum Merdeka. Dalam menyikapi perubahan tersebut, diperlukan upaya peningkatan pemahaman guru sehingga esensi perubahan kurikulum dapat dicapai. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman guru tentang asesmen pembelajaran Kurikulum Merdeka melalui strategi Learning Community (LC). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN Negeri 2 Kerambitan dari bulan Juni sampai dengan Agustus 2023 yang melibatkan 46 orang guru. Pendekatan pra eksperimen digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini dengan one group pretest-posttest design. Data dikumpulkan dengan instrumen tes yang terdiri atas 15 soal pilihan ganda. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif yang dilanjutkan dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata pemahaman guru terhadap asesmen pembelajaran Kurikulum Merdeka setelah penerapan strategi LC yang signifikan (p<0,05). Ditemukan pula terjadi pengurangan gap pemahaman antarguru setelah perlakuan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengungkap efektivitas LC dalam meningkatkan pemahaman guru terhadap asesmen pembelajaran Kurikulum Merdeka dengan melibatkan subjek yang lebih luas serta menggunakan pendekatan penelitian kuasi eksperimen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DuFour, R. (2004). What Is a Professional Learning Community? Schools as Learning Communities, 61(8), 6–11.

Flora, F., Setiyadi, B., Raja, P., & Sukirlan, M. (2021). Pelatihan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) melalui Learning Community bagi Guru-Guru Bahasa Inggris. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(1), 52–28. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i1.6930

Gu, V. C., Hoffman, J. J., Cao, Q., & Schniederjans, M. J. (2014). The Effects of Organizational Culture and Environmental Pressures on IT Project Performance: A Moderation Perspective. International Journal of Project Management, 32(7), 1170–1181. https://doi.org/10.1016/j.ijproman.2013.12.003

Hamidi, F., Meshkat, M., Rezaee, M., & Jafari, M. (2011). Information Technology in Education. Procedia Computer Science, 3(2011), 369–373. https://doi.org/10.1016/j.procs.2010.12.062

Iksan, Z., Ariffin, R. ‘Aqilah, & Imam, S. S. J. (2021). Membina Pembangunan Insan Melalui Kolaboratif Guru dalam Komuniti Pembelajaran Profesional. Sains Insani, 6(1), 105–112. https://doi.org/10.33102/sainsinsani.vol6no1.258

Jaya, P. E. J. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Learning Community. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 36–49. https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i3.11115

Kemendikbudristek. (2021). Kajian Akademik Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Leedy, P. D., Ormrod, J. E., & Johnson, L. R. (2021). Practical Research Planning and Design. Pearson Education Limited.

Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27. https://doi.org/https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104

Sugiri, W. A., & Priatmoko, S. (2020). Persprektif Asesmen Autentik Sebagai Alat Evaluasi dalam Merdeka Belajar. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 53–61.

Sukarjita, I. W. (2020). Learning Community dalam Perkuliahan untuk Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 11–24. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i1.93

Vescio, V., Ross, D., & Adams, A. (2008). A Review of Research on the Impact of Professional Learning Communities on Teaching Practice and Student Learning. Teaching and Teacher Education, 24(2008), 80–91. https://doi.org/10.1016/j.tate.2007.01.004

Wahyuni, S., Susetyarini, R. E., Prihanta, W., & Yuliana, F. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Lesson Study Learning Community pada Materi “Waktu 24 Jam” di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 78–91. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.10477

Wang, T. (2019). Competence for Students’ Future: Curriculum Change and Policy Redesign in China. ECNU Review of Education, 2(2), 234–245. https://doi.org/10.1177/2096531119850905

Downloads

Published

2023-09-29

Most read articles by the same author(s)