STRATEGI PENGEMBANGAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (STUDI KASUS SMP DI KOTA DENPASAR)

Authors

  • Bernardus Pawe Due Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Bagus Ari Arjaya Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Hermawan Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v14i2.9941

Keywords:

Strategi, Pengembangan, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Fenomena masalah yang akhir-akhir ini terjadi di lingkungan sekolah membutuhkan penerapan program penguatan pendidikan karakter. Masalah yang terjadi diantaranya kasus intoleran, prostitusi, pergaulan bebas, bullying, pornografi dan cybe crime. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk menguatkan karakter siswa adalah dengan mengembangkan profil pelajar pancasila. Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan strategi dan penerapan pelaksanaan profil pelajar pancasila SMP di kota Denpasar sehingga nantinya dapat diterapkan lebih banyak dan menambah pengetahuan bagi siswa terlebih pada nilai pancasila. Pengumpulan data dilakukan secara offline dengan menggunakan berupa pertanyaan yang meliputi 6 dimensi dengan total 16 pertanyaan. Data yang diperoleh dari persepsi guru terhadap profil pelajar pancasila dianalisis mengunakan aplikasi berbasis web Atlas ti Profil Pelajar Pancasila memiliki enam dimensi yang saling berkaitan dan menguatkan sehingga upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang lengkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan profil pelajar pancasila pada SMP sekota Denpasar, dimensi beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia (mengingat berdoa atau sembahyang) dan dimensi berkebhinekaan global (tanggung jawab) merupakan dimensi paling menonjol diantara semua dimensi lainnya. Lebih lanjut Profil Pelajar Pancasila telah diterapkan dengan baik di sekolah, melalui pembelajaran intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayuningtyas, F., Venus, A., Suryana, A., & Yustikasari, Y. (2021). Using e-Social Story to Improve the Social Behavior of Children with Autism during the COVID-19 Pandemic at Rumah Autis Depok, Indonesia. Library Philosophy and Practice, 2021(February), 1–16.

Dewi, M. E. T. D., Dewi, A. . W. P., & Warniti, K. P. A. (2022). Pengukuhan Profil Pelajar Pancasila Menggunakan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Proyek. Pedalitra II: Seminar Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, Pedalitra II, 46–49.

Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Project-based Learning untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Ejournal UPI, 19(2), 213–226.

Diputera, A. M., Damanik, S. H., & Wahyuni, V. (2022). Evaluasi Kebijakan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Prototipe untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(1), 1. https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i1.32650

Ernawati, Y., & Rahmawati, F. P. (2022). Jurnal basicedu. 6(4), 6132–6144.

Fitriyani, F., Sunaryati, T., & Surya, V. (2023). Implementation of project-based learning oriented to the merdeka learning curriculum in the form of a pancasila student profile with global diversity. Buana Pendidikan Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 19(1), 115-124. https://doi.org/10.36456/bp.vol19.no1.a6832

Gunawan, D. M. R., & Suniasih, N. W. (2022). Profil Pelajar Pancasila dalam Usaha Bela Negara di Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 133–141. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45372

Harahap, A. C. P. (2019). Character Building Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 9(1), 1–11.

Harefa, T. (2019). Penerapan Model Group Investigation Terhadap Kemampuan Menulis Hal-Hal Penting Dalam Wawancara Oleh Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 192–202. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i1.634

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. 6(1), 1224–1238.

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). “Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah.” Jurnal Manajemen Pendidikan …, 2(1), 76–84.

Jamaludin, J., Alanur S, S. N. A. S., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698–709. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553

Julkarnain, M., & Ananda, K. R. (2020). Sistem Informasi Pengolahan Data Ternak Unit Pelaksana. Jinteks, 2(1), 32–39.

Khoirillah, F., Cahyono, T., & ... (2022). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Projek Profil Pelajar Pancasila di SDN Banjaran 3 Kota Kediri. Prosiding …, 1026–1034.

Mashuri, I. (2021). Komparasi Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 2 Banyuwangi Dalam Pembelajaran Materi Akidah Akhlak Menggunakan Metode Pembelajaran Make a Match Dan Picture And Picture. International Journal of Educational Resource, Vol 02(E-ISSN : 2723-2611), 39–53.

Maulidah, E. (2019). Character Building Dan Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 138–146.

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617

Najah M, E. Z., & Rahmat, R. (2022). Profil Keterampilan Kerjasama Peserta Didik dalam Pembelajaran PPKn SMP. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1396–1407. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2064

Niron, M. D., & Budiningsih, C. A. (2013). Rujukan integratif dalam pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah dasa. Pendidikan, 43, 19–31.

Ntimuk, P., Hadi, M. Y., & Arifin, I. (2022). Analisis kebijakan profil pelajar pancasila dalam dunia pendidikan. Semnas Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada PAUD Dan Pendidikan Dasar, 1(1).

Nurhayati, -. and Marsidin, S. (2022). Strengthening pancasila student profiles in independent learning curriculum in elementary school. International Journal of Humanities Education and Social Sciences (Ijhess), 1(6). https://doi.org/10.55227/ijhess.v1i6.183

Pala, A. (2011). the Need for Character Education. International Journal of Social Sciences and Humanity Studies, 3(2), 23–32.

Pattanang, E., Limbong, M., & Tambunan, W. (2021). Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Pada Smk Kristen Tagari. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 112–120. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3275

Prayogi, A. (2021). Pendekatan Kualitatif dalam Ilmu Sejarah: Sebuah Telaah Konseptual. Historia Madania: Jurnal Ilmu Sejarah, 5(2), 240–254. https://doi.org/10.15575/hm.v5i2.15050

Putra, I. S., & Puspitasari, A. (2020). An Analysis of Figurative Language in Jalaluddin Rumi’s Quotes in Book The Meaningful Life With Rumi. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(7), 303. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i7.1462

Qiqi Yuliati Zakiah. (2021). “Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah.” Jurnal Manajemen Pendidikan …, 2(1), 76–84.

Qurroti, A., Pamungkas, M. B. A., Sintia, I., Agustin, D., & Afandi, R. G. (2023). Penerapan nilai iman , takwa dan akhlak mulia profil pelajar Pancasila dalam membentuk karakter islami siswa. 16(1), 9–20. https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i1.8650

Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Rouf, M. (2009). Grass roots. Engineering, 250(2), 44–47.

Sabanil, S., Sarifah, I., & Imaningtyas, I. (2022). Peran Guru dalam Pelaksanaan Hidden Curriculum untuk Menumbuhkan Karakter Kebhinekaan Global Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6567–6579. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3306

Sari, Z. A. A., Nurasiah, I., Lyesmaya, D., Nasihin, N., & Hasanudin, H. (2022). Wayang Sukuraga: Media Pengembangan Karakter Menuju Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3526–3535. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2698

Satria, P. N. (2018). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dalam upaya pencegahan kenakalan remaja. Edutech, 17(1), 32–54.

Setiawan, A. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pemanfaatan Perpustakaan Politeknik Lp3I Dalam Tridharma Perguruan Tinggi. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 19. https://doi.org/10.34127/jrlab.v8i2.307

Sobakh, N., Sangadji, E., & Shalikha, P. (2022). Fostering an entrepreneurial spirit through a project to strengthen the profile of pancasila students., 272-279. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-15-2_29

Subandi, P. (2011). Deskriptif Kualitatif sebagai Salah Satu Metode Penelitian Pertunjukan. 19, 173–179.

Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165–173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251

Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25, 155–167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897

Sutriani, E., & Octaviani, R. (2019). Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong Tugas Resume Ujian Akhir Semester (UAS). INA-Rxiv, 1–22.

Swadnyana, I. P. B., & Tobing, D. H. (2019). Hubungan antara kecerdasan emosional dan agresivitas pada remaja madya di SMA Dwijendra Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01), 120. https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i01.p12

Syaefulloh, A. M., Windiani, D., Putriani, P., Rohaeni, S., & Nugraha, R. G. (2022). Implementasi Habituasi Profil Pelajar Pancasila Dan Eksistensinya Bagi Mahasiswa. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 2141–2149.

Utami, M. S., Arifin, I., Malang, U. N., Malang, U. N., & Malang, U. N. (2022). Manajemen Mutu Pendidikan untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila pada Sekolah Penggerak. Seminar Nasional Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (DIKDAS).

Wakka, A. (2020). Petunjuk Al-Qur’an Tentang Belajar Dan Pembelajaran (Pembahasan Materi, Metode, Media dan Teknologi Pembelajaran). Education and Learning Journal, 1(1), 83–84.

Warsita, B. (2013). Perkembangan Definisi Dan Kawasan Teknologi Pembelajaran Serta Perannya Dalam Pemecahan Masalah Pembelajaran. Jurnal Kwangsan, 1(2), 72. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.6

Widarini, N. (2023). Implementation of the profile strengthening of pancasila student profile (p5) in building student character in first middle school. International Journal of Multidisciplinary Sciences, 1(2), 218-231. https://doi.org/10.37329/ijms.v1i2.2276

Wiwin, Y. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Yuliartini, Ni Putu Rai; Mangku, Dewa Gede Sudika; Ardhya, S. N. (2022). Diseminasi dan advokasi terkait pentingnya kesadaran hukum dalam upaya penanggulangan kenakalan remaja di lembaga kesejahteraan sosial anak ananda seva dharma. Proceeding Senadimas Undiksha, 16(9), 168–180.

Zuriah, N., & Sunaryo, H. (2022). Kontruksi Profil Pelajar Pancasila dalam Buku Panduan Guru Ppkn di Sekolah Dasar. Civic Hukum, 7(1), 71–87.

Downloads

Published

2024-09-30