MENGASAH KREATIVITAS SISWA DENGAN IMPLEMETASI PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) BEBRASIS BARANG BEKAS

Authors

  • Elton Kabukut Takanjanji Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Ekayanti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Diarta Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Evektivitas PjBL, Barang bekas, Kreativitas siswa

Abstract

Pendidikan diperlukan agar mampu memfasilitasi potensi dan kreativitas siswa, tetapi kenyataannya implementasi pembelajaran kurang bervariasi menyebabkan kreativitas siswa kurang optimal. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menganalisis efektivitas implementasi PjBL berbasis barang bekas terhadap kreativitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental rancangan One-Group Pretest-Posttest, yang dilakukan bulan Februari-Mei 2020 di SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar, dan sampelnya adalah siswa kelas X IIS 1 LAB yang didapatkan dengan teknik purposive sampling. Instrument penelitian berupa rubrik kreativitas siswa dengan lima kriteria pengamatan berdasarkan tampilan dan inovasi, kelengkapan materi, desain dan penggunaan barang bekas, kemampuan elaborasi dan presentasi. Data kreativitas dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan Mann Whitney U Test. Penelitian ini menunjukan adanya perbedaan yang nyata antara penilaian kreativitas 1 dan 2 yang dibuktikan dengan uji statistik dengan taraf sig. P=0,001Kesimpulan dari penelitian menunjukkan implementasi PjBL berbasis barang bekas efektif meningkatkan kreativitas siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, M. (2015). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi konsep masalah ekonomi. Seminar Nasional Universitas Negeri Surabaya, (p. http://eprins.uny.ac.id/21708/1/18%20Maria%Anita%20Titu.pdf). Surabya.

Anonim. (2003). https://jdih.setkab.go.id/PUUdoc/7308/UU0202003.htm.

Ekayanti, N., & Setiawati, G. (2018). Interaksi sosial skill dengan model group investigation erbasis lingkungan sekitar sekolah terhadap hasil belajar. Seminar Nasional Pendidikan Biologi. Semarang.

Ekayanti, N., Puspawati, D., & Sardi, N. (2018). Kebun Sekolah Sebagai Laboratorium Alami Untuk Pembelajaran IPA: Mengenalkan Nama Ilmiah Tanaman Dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Suluh Pendidikan.

Insyasiska, D., Siti, Z., & Herawati, S. (2015). Pengaruh project based learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan Biologi.

Khoiri, N. M. (2016). Keefektifan model pembelajaran PjBL (projec based learning) terhadap keampuan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas XI. Jurnal Penelitian Pembelajaran fisika, 142-146.

Laila, A. d. (2016). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Dalam Pemanfaatan Barang-Barang Bekas Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Desa Nusantara PGRI Kediri.

Pradita, Y., Bakti, M., & Tri, R. (2015). Penerapan model pembelajaranproject based learning untul meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas siswa pada materi pokok sistem koloid kelas XI IPA semester genap madrasah aliyah negeri klaten tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia.

Sari, R., & Siska, A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (pjbl) upaya peningkatan kreativitas mahasiswa. Jurnal Pendidikan.

Suryanti, N. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning(PjBL) Dengan Media Mind Mapping 3 Dimensi Terhadap Kreativitas Siswa Dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA Negeri 7 Denpasar.

Downloads

Published

2022-03-31