UPAYA MENGASAH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA CALON GURU PENDIDIKAN BIOLOGI DI ERA COVID-19: SEBUAH LITERATURE REVIEW

Authors

  • Ni Putu Pradnya Paramitha Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Wori Eta Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Ekayanti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Ayu Puspawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Inten Paraniti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Ledyari Noviyanti Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v13i1.6049

Keywords:

microteaching, mahasiswa calon guru, pendidikan

Abstract

Guru adalah profesi seorang pendidik yang harus menguasai kemampuan dasar mengajar. Untuk menghasilkan guru yang profesional dibidangnya, maka seyogyanya mahasiswa calon guru mendapatkan pembelajaran yang menggambarkan kondisi nyata dilapangan saat mahasiswa itu nantinya akan menjadi seorang guru yang sebenarnya. Adanya pandemi Covid-19 membuat kegiatan pembelajaran microteaching juga mengalami hambatan, untuk itu menarik untuk dilakukan kajian tentang cara mengasah keterampilan mengajar mahasiswa calon guru biologi di era Covid-19. Penelitian ini merupakan sitematic literatur review dengan mereview tujuh artikel yang terkait dengan keterampilan mengajar mahasiswa calon guru biologi di era Covid-19. Dari tujuh artikel yang direview didapatkan bahwa dari tujuh artikel yang direview semuanya membahas tentang cara membekali keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru di era Covid-19 dengan berbagai pendekatan dan model inovatif yang memanfaatkan pembelajaran berbasis internet seperti Kippin School, video YouTube, buku dengan model pembelajaran Everyone is A Teacher Here, dan pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) melalui virtual class. Selain itu ketujuh artikel juga membahas tentang pentingnya membekali mahasiswa calon guru dengan keterampilan dasar mengajar karena  kesiapan calon guru adalah kunci dari keberhasilan pembelajaran yang dilakukan. Dapat disimpulkan bahwa ketujuh artikel telah mengkaji tentang upaya yang dilakukan untuk mengasah keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sadikin, A. & Hakim, N. (2019). Buku Ajar Berbantuan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here: Upaya Meningkatkan Keterampilan Dasar Mengajar Calon Guru Biologi. Indonesian Journal of Biology Education.

Atikah, N., Sohilatin, E., & Martono, A. (2013). Hubungan antara Keterampilan Dasar Guru dalam Mengajar dengan Hasil Belajar PKn. Jurnal PPKn UNJ, 1(2), 01–13.

Kitchenham, B. (2004). Procedures for Performing Systematic Reviews.

Meha, A. M., & Bullu, N. I. (2021). Hubungan Kesiapan Mengajar Dan Proses Praktik Pengalaman Lapangan Dengan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Biologi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 412–420. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.323

Ode, L., Azhar, M., Roini, C., & Hasan, S. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Reading Questioning And Answering (Rqa) Melalui Virtual Class Terhadap Keterampilan Metakognitif Dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Pada Mata Kuliah Kemampuan Dasar Mengajar. 19(2), 2021. https://doi.org/10.33387/Edu

Siswanto. (2010). Tingkat Penguasaan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 41–51.

Sundari, F. S., & Muliyawati, Y. (2017). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PGSD. . P e d a g o n a L, 1(1), 26–36.

Victor, S. R., & Srinivasan, V. (2013). Pre-University Teachers’ Teaching Skills. www.iiste.org

Wardhani, M. K. (2020). Persepsi dan Kesiapan Mengajar Mahasiswa Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus dalam Konteks Sekolah Inklusi. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2). https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p152-161

Yusuf, M., & Dwijayanti, K. (2019). Kontribusi guru pamong, dosen pembimbing dan kepala sekolah terhadap pelaksanaan praktik pengalaman lapangan (PPL) mahasiswa PJKR di sekolah latihan. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 5(1), 1–13.

Zawacki-Richter, O., Kerres, M., Bedenlier, S., Bond, M., & Buntins Eds, K. (2020). Systematic Reviews in Educational Research.

Downloads

Published

2023-03-31