ANALISIS SIKAP MAHASISWA CALON GURU TERHADAP KONSERVASI MANGROVE SEBAGAI SUMBER BELAJAR

Authors

  • Della Rahmadani
  • Dewa Ayu Sri Ratnani Mahasaraswati Denpasar University
  • Ni Wayan Ekayanti

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v14i2.9033

Keywords:

Mahasiswa Calon Guru, Konservasi, Sikap

Abstract

Sikap mahasiswa calon guru memiliki peranan yang penting bagi keberadaan konservasi magrove, terutama di Hutan Tahura Ngurah Rai Bali.  Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis sikap mahasiswa calon guru terhadap konservasi magrove sebagai sumber belajar. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari hingga Juni 2022. Tempat penelitian dilaksanakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar secara daring (dalam jaringan) dengan membagikan link google form yang disebar melalui aplikasi whatsapp.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengadopsi model Miles and Huberman. Apabila jawaban yang diwawancarai setelah dianalisis belum memuaskan, maka peneliti akan melanjutkan pertanyaan lagi sampai dianggap kredibel. Hasil penelitian angket sikap menunjukkan bahwa perbedaan selisih persentase sikap kognitif, afektif dan behaviour  memiliki rentang nilai 78,00 % - 81,23%, dimana sikap kognitif dan behaviour  memiliki kategori sangat baik karena mahasiswa calon guru memiliki pengetahuan yang kreatif dan dapat diterapkan melalui perilaku sehari-hari. Sikap afektif memiliki kategori baik karena mahasiswa calon guru memiliki rasa peduli terhadap konservasi magrove. Simpulan dari penelitian ini adalah sikap kognitif dan behaviour  memiliki kategori sama yaitu sangat baik karena mahasiswa calon guru memiliki pengetahuan yang kreatif dan dapat diterapkan melalui perilaku sehari-hari. Sedangkan sikap afektif memiliki kategori baik, karena mahasiswa calon guru memiliki rasa peduli terhadap konservasi magrove.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, P., Putri Kus Sundari, P., & Ardani, D. E. (2016). Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Biologi dalam Merancang Pembelajaran Berbasis Praktikum: Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UMS. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 536–540. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/issue/view/728/showToc

Arsyad, A. M. (2015). Analisis tingkat kesadaran masyarakat terhadap konservasi dan rehabilitasi burung: studi kasus pada pedagang burung di Pasar Pasundan, Sukabumi [Thesis(S1)]. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hayati, A. A. (2017). Manifestasi Konsep Living Values Education pada Materi Hak dan Kewajiban Warga Negara melalui Kegiatan Konservasi Mangrove Mahasiswa Unswagati Cirebon. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 152–159. http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/9775

Kusumaningtyas, L. (2017). Sikap Siswa Kelas Atas Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SD Negeri 3 Pengasih [Thesis(S1)]. Universitas Negeri Yogyakarya.

Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Kelas X pada Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika, 2(1), 48–62. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Noviar, D., & Hastuti, D. R. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Scientific Approach terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Di SMA N 2 Banguntapan T.A. 2014 / 2015. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v8i2.3874

Amelia, P., & Marlina. (2020). Efektivitas Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Anak Disgrafia. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 8(1), 25–29. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/juppekhu1059880.64

Sarlito, W. S., & Eko, A. M. (2009). Psikologi Sosial: Vol. I (I). Salemba Humanika.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (I). Alfabeta.

Sukmawati, R. (2019). Analisis Kesiapan Mahasiswa Menjadi Calon Guru Profesional Berdasarkan Standar Kompetensi Pendidik. Jurnal Analisa, 5(1), 95–102.

https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4789

Suryanto. (2008). Aspek Afektif Hasil Pembelajaran Matematika. Paedagogia: Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1). https://doi.org/https://doi.org/10.20961/paedagogia.v11i1.36015

Wika, A., Nasirun, M., & Yulidesni. (2020). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 31–39.

https://doi.org/10.33369/jip.5.1.31-39

Zuhri, A. (2020). Implementasi Taksonomi Bloom Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Darusy Syafa’ah Kotagajah Tahun Ajaran 2019/2020 [Thesis (S2)]. Institut Agama Islam Negeri Metro.

Downloads

Published

2024-09-30

Most read articles by the same author(s)