GROUP INVESTIGATION BERBASIS POWER POINT: PENGARUHNYA TERHADAP HASIL PRESENTASI SISWA

Authors

  • Desak Nyoman Budiningsih Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v13i2.7669

Keywords:

Group Investigation, Power Point, Hasil Presentasi Power Point

Abstract

Alat media power point digunakan untuk menciptakan presentasi dalam bentuk slide power point dengan harapan memudahkan pemahaman topik substansi pelajaran oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur implikasi dari penerapan model pembelajaran Group Investigation yang menggunakan media power point terhadap hasil presentasi power point peserta didik. Jenis penelitian yang diterapkan adalah Quasi Experimental Design, dengan rancangan non equivalent Control Group Design. Sampel diambil melalui Teknik Simple Random Sampling untuk membentuk dua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui rubrik penilaian hasil presentasi power point. Analisis data dilakukan secara deskriptif menggunakan metode Gain Score, dan secara inferensial menggunakan uji Mann Whitney U. Hasil presentasi power point menunjukkan bahwa skor nilai kelompok eksperimen adalah 55,35, yang lebih tinggi daripada skor nilai kelompok kontrol yang mencapai 44,59. Hasil uji Mann Whitney U juga mengindikasikan signifikansi, dengan probabilitas (P) = 0,020, yang lebih rendah dari 0,05. Simpulan dari penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran tipe Group Investigation berbasis media power point efektif dalam meningkatkan hasil presentasi power point siswa di SMAN 1 Mengwi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Dept. of Physics Indiana University. Diunduh dari http://www.physics.indiana.edu.

Hubulo, A. R. (2013). Meningkatkan Minat Belajar Siswa melalui Media Berbasis Komputer pada Program Aplikasi Power point di Kelas X SMK Negeri Batudaa. (Skripsi). Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.

Khamim. (2012). Efektivitas Penggunaan Media Power point dalam Pembelajaran PAI di Kelas X SMA Negeri 3 Bantul. (Skripsi). Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Lestari, D. S. (2011). Pengaruh Penggunaan Media Power point Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA N I Depok Tahun Ajaran 2010/2011 Pada Pokok Bahasan Jamur. (Skripsi), Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Lusita, A. (2011). Buku Pintar Menjadi Guru Kreatif, Inspiratif dan Inovatif. Yogyakarta: Araska.

Priyadi, I. H. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Mata Pelajaran Perpajakan Kelas X Semester 1 Sekolah Menengah Kejurua. Journal of Accounting and Business.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suratman, D. (2007). Pemanfaatan Ms Power Point dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 5(1). 1–10.

Downloads

Published

2023-09-29