PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021)

Authors

  • Pande Ni Luh Eka Dwi Payanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Agus Wahyudi Salasa Gama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Dewan Direksi, Dewan Komisaris, Kepemilikan, Manajerial, Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh good corporate governance dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas perusaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel bebas (X) yaitu dewan direksi, dewan komisaris, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan ukuran perusahaan sedangkan variabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah profitabilitas. Sampel dalam penelitian ini adalah 12 perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minumanyang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji Autokorelasi, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi, uji signifikansi simultan (F), dan uji signifikansi parameter individual (t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel Dewan Direksi, Dewan Komisaris, Kepemilikan Institusional, dan Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas Perusahaan. Sedangkan variable Kepemilikan Manajerial berpengaruh positif terhadap Profitabilitas.

References

Agung Santoso P., Nila Firdausi N. 2016. Pengaruh Corporate Governance Terhadap Profitabilitas (Studi Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015).

Ahmad Wandri & Aminar Sutra D. 2017. Pengaruh Leverage, Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Plastik Dan Kemasan Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2012-2016).

Anggrek Fitriana M. 2020. Pengaruh Good Corporate GovernanceTerhadap Profitabilitas (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018).

Ari Anjani & Yadnya. 2017. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bei.

Ayu Sukma. G. 2022. Pengaruh Struktur Modal, Struktur Kepemilikan Manajerial, Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei).

Bintara Purba W.T.A. 2021. Pengaruh Good Corporate Governance Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018).

Dompak Pasaribu & Melisa Simatupang. 2018. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Profitabilitas Perusahaan Industri Dasar Dan Kimia Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia.

Faisal Suroto & Iwan Setiadi. 2019. Pengaruh Good Corporate Governance Dan Firm Size Terhadap Profitabilitas (Studi Empiris Pada Perusahaan Non Keuangan Indeks LQ 45 Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2013-2017).

Fitri A., Arief Tri H., Patar Simamora. 2016. Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Yang Tergabung Dalam LQ 45 Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015.

Irma Safitri. 2021. Pengaruh Good Corporate Governance Dan Leverage Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.

Jeli Makrifat. 2019. PENGARUH Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Profitabilitas (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index tahun 2013-2017).

Raina Betaria S. 2019. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2015-2017).

Rekha Dwi A., Benny Barnas, Radia Purbayati. 2022. Analisis Pengaruh Mekanisme Internal Good Corporate Governance Terhadap Profitabilitas Perusahaan.

Riski Sekar M. 2020. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.

Rolita Christina P. 2020. Pengaruh Good Corporate Governance Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perbankan Yang Terdaftar Di Bei.

Sri Suratmi A. P., Kartika Hendra T. & Riana Rachmawati D. 2022. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Likuiditas Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Profitabilitas.

Sugeng Nugroho. 2019. Analisis Pengaruh Penerapan Corporate Governance Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah (Studi Empiris Pada Bank Umum Syariah Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018).

Thorman Lumbanraja. 2021. Pengaruh Good Corporate Governance ( Dewan Direksi, Dewan Komisaris, Dan Komite Audit ) Terhadap Profitabilitas

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles