PENGARUH TINGKAT PERPUTARAN KAS, TINGKAT PERPUTARAN KREDIT DAN LOAN TO DEPOSIT RATIO TERHADAP PROFITABILITAS LPD SEKECAMATAN ABIANSEMAL, KABUPATEN BADUNG

Authors

  • I Gst. Ngr Wiliada P.P Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Agus Wahyudi Salasa Gama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

tingkat perputaran kas, tingkat perputaran kredit, loan to deposit ratio, profitabilitas

Abstract

Profitabilitas merupakan kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan laba dalam suatu periode tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah tingkat perputaran kas, tingkat perputaran kredit, dan loan to deposit ratio secara parsial berpengaruh terhadap profitabilitas, dan untuk menegetahui antara variabel tingkat perputaran kas, tingkat perputaran kredit, dan loan to deposit ratio yang manakah berpengaruh dominan terhadap profitabilitas. Lokasi penelitian ini dilakukan pada 33 LPD Sekecamatan Abiansemal Kabupaten Badung. Objek penelitian ini adalah LPD Sekecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung periode 2018 – 2020 khususnya mengenai tingkat perputaran kas, tingkat perputaran kredit, loan to deposit ratio dan profitabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian adalah dilakukan tingkat perputaran kas berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas pada LPD Sekecamatan Abiansemal Kabupaten Badung periode 2018-2020. Tingkat perputaran kredit tidak berpengaruh terhadap profitabilitas pada LPD Sekecamatan Abiansemal Kabupaten Badung periode 2018-2020. Loan to deposit ratio berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas pada LPD Sekecamatan Abiansemal Kabupaten Badung periode 2018-2020.

References

Agus. 2012. Manajemen Keuangan. Edisi Kedua. Ekonisia. Yogyakarta.

Dewi, I. G. A. S., & Suartana, I. G. M. (2016). Pengaruh Pemberdayaan Karyawan, Komitmen Organisasional dan Kompensasi Finansial Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Doctoral dissertation, Udayana University).

Erdiawan, I Gusti Agung Putu. 2017. Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Tingkat Perputaran Kredit, Tingkat Kecukupan Modal dan Jumlah Nasabah terhadap Profitabilitas LPD di Kota Denpasar. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Warmadewa. Denpasar.

Ghozali, Imam, 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Ketiga, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kartini, E. (2013). Komparasi Non Performing Loan Kredit Tanpa Agunan dan Kredit Agunan Terhadap Pertumbuhan Kredit Perbankan Di Indonesia. Jurnal Valid Vol, 10(3), 64-71.

Kasmir. (2017).Analisis Laporan Keuangan (EdisiSatu, Cetakan Kesepuluh). Jakarta: Rajawali Pers.

Lilis, N. K., Widnyana, I. W., & Tahu, G. P. (2021). Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Perputaran Kredit Dan Tingkat Pertumbuhan Simpanan Terhadap Profitabilitas Di LPD Sekecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar. Emas, 2(3), 108-121.

Maryati. 2017. Pengaruh Loan to Deposit Ratio (LDR), Capital Adequacy Ratio (CAR), Net Interest Margin (NIM), Net Performing Laon (NPL) Terhadap Return On Asset (ROA) (Studi Kasus Pada Bank Umum Go Publik di BEI Tahun 2011-201). Artikel Skripsi : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Munawir, S. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Liberty. Yogyakarta.

Padmiwati,Yuesti, Dan Sudiartana 2016 Pengaruh Kecukupan Modal, Dana Pihak Ketiga Dan Pertumbuhan Kredit Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bei

Pandia, Frianto. 2012. Manajemen Dana dan Kesehatan Bank. Cetakan Pertama. Jakarta:

Pudja, Ni Made Ayu Dwikayanthi., dan I Wayan Suartana. 2014. Pengaruh Perputaran Kredit, Kecukupan Modal, dan Jumlah Nasabah Pada Profitabilitas. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana

Riyanto, B. (2008). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi 4. Yogyakarta: BPFE

Sasonko, 2014 Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Return On Equity, Tingkat Suku Bunga Dan Nilai Tukar Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Sub Sektor Perkebunan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017

Septiani, N. P. N., & Suaryana, I. G. N. A. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Aset, Risiko Bisnis Dan Likuiditas Pada Struktur Modal. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 22(3), 1682-1710.

Septiani, R., & Lestari, P. V. (2016). Pengaruh NPL dan LDR terhadap Profitabilitas dengan CAR sebagai variabel mediasi pada PT BPR pasarraya kuta (Doctoral dissertation, Udayana University).

Suarmi 2014 Analisis Pengaruh Tingkat Suku Bunga Kredit Dan Tingkat Pertumbuhan Jumlah Nasabah Kredit Terhadap Profitabilitas Lembaga Perkreditan Desa (LPD)

(Studi Kasus Pada Lembaga Perkreditan Desa Sekecamatan Buleleng Yang Sudah Terdaftar Di LPLPD Di Buleleng Periode 2010-2013)

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta

Sulistya.2013. Pengaruh Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Suku Bunga DepositoTerhadap Profitabilitas Bank. Skripsi. Bandung: Universitas Widyatama

Suputra, Eka. 2014. Pengaruh Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK), Penyaluran Kredit, dan Kredit Bermasalah Terhadap Profitabilitas Pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Kecamatan Karangasem. E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha.

Sutami, 2019. Ni Putu Sri, Ni Made Sunarsih, and I. Gusti Ayu Asri Pramesti. "Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Loan To Deposit Ratio, Capital Adequacy Ratio Dan BOPO Terhadap Profitabilitas." Seminar Nasional Inovasi dalam Penelitian Sains, Teknologi dan Humaniora-InoBali.

Sutika Dan Sujana, 2013. Analisis Faktor Kinerja Yang Mempengaruhi Profitabilitas Pada Lembaga Perkreditan Desa

Wahyuni, G. A. R., & Westra, I. K. (2019). Pengaruh Pertumbuhan Kredit Pada Profitabilitas Dengan Tingkat Perputaran Kredit Sebagai Variabel Pemoderasi Pada LPD Kaba-Kaba Periode 2014-2016. Social Studies, 7(1), 82-98.

Wicaksono, 2016. Analisis Pengaruh CAR, NIM, LDR, BOPO, dan NPL Terhadap Return On Aset. Diss. UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Yani, I Wayan Darma. 2018. Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Tingkat Kecukupan Modal, Penyaluran Kredit, Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), Dan Jumlah Nasabah Terhadap Profitabilitas LPD Di Kecamatan Abiansemal Periode 2014 - 2016. Skripsi. Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Downloads

Published

2022-12-01

Issue

Section

Articles