PENGARUH PERPUTARAN PIUTANG, PERPUTARAN KAS DAN DEBT TO ASSET RATIO (DAR) TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2017-2019

Authors

  • Ni Made Wika Riandani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Agus Wahyudi Salasa Gama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Bank, Perputaran Piutang, Perputaran Kas, Debt to Asset Ratio (DAR), Profitabilitas

Abstract

Perbankan di Indonesia memegang peranan yang sangat penting, bank merupakan lembaga keuangan yang kegiatan utamanya adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dana tersebut kepada masyarakat serta jasa bank lainnya. Kinerja perbankan dapat dilihat dari profitabilitas suatu bank, karena profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba atau ukuran efektivitas pengelolaan manajemen untuk mengetahui berapa laba yang diperoleh dalam suatu periode tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Perputaran Piutang, Perputaran Kas dan Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Profitabilitas. Sampel dalam penelitian ini adalah 36 perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2019. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perputaran Piutang dan Perputaran Kas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas sedangkan Debt to Asset Ratio (DAR) berpengaruh negatif terhadap Profitabilitas.

References

Bank Indonesia, 1998. Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan. Jakarta : Gramedia.

Hery. (2016). Mengenal dan Memahami dasar dasar laporan keuangan. Jakarta: PT Grasindo.

Hidayat, Imam & Fitria, A. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran, Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kupunya Rumah Mode. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.Vol. 6. No 4.

Karina, Tri. (2018). Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Piutang Terhadap Return On Assets pada Perum Perumnas Regional 1 Medan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.

Kasmir, 2016, Analisis Laporan Keuangan, Jakarta: Rajawali Pers.

Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Matondang, Rina S., (2019). Pengaruh Current Ratio, Debt to Assets Ratio dan Perputaran Kas Terhadap Return On Assets Pada Perusahaan Sektor Perkebunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Sari, Poppy P., (2019). Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Persediaan, dan Perputaran Piutang terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Plastik yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Taswan. 2017. Akuntansi Perbankan : Transaksi dalam Valuta Rupiah. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan (UPP) STIM YKPN.

Widyana & Yando, Agus D., (2020). Pengaruh Perputaran Piutang Dan Perputaran Kas Terhadap Profitabilitas pada PT Soxal Batamindo Industrial Gases. Jurnal Akuntansi, Universitas Putera Batam.

www.idx.co.id diakses pada tahun 2021

Downloads

Published

2022-08-15

Issue

Section

Articles