PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN KEPUTUSAN INVESTASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2021-2023
DOI:
https://doi.org/10.36733/emas.v6i3.11403Keywords:
profitabilitas, leverage, keputusan investasi, nilai perusahaanAbstract
Perusahaan makanan dan minuman ini memiliki peran yang sangat penting dalam memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari. Perusahaan ini banyak diminati oleh para investor karena dianggap sebagai sektor yang dapat bertahan ditengah tantangan perekonomian Indonesia. Dalam hal tersebut nilai perusahaan dapat menggambarkan kemakmuran pemilik atau pemegang saham melalui peningkatan nilai saham, harga saham yang tinggi dapat meningkatkan kepercayaan investor untuk menginvestasikan dananya, serta dapat mencerminkan kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2021-2023. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 33 perusahaan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan periode pengamatan 3 (tiga) tahun dari 2021 sampai tahun 2023, sehingga jumlah data yang digunakan sebanyak 99 data. Teknis analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik analisis linear berganda. Hasil penelitian menujukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif daan signifikan terhadap nilai perusahaan, leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, keputusan investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.
References
Arsita, Y. (2020). Analisis rasio keuangan untuk mengukur kinerja keuangan PT Sentul City, Tbk. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 152–167.
Brigham, & Houston. (2019). Dasar-dasar manajemen keuangan (Edisi ke-14). Jakarta: Salemba Empat.
Faldiansyah, A. K., Arrokhman, D. B. K., & Shobri, N. (2020). Analisis pengaruh leverage, ukuran perusahaan, dan arus kas terhadap financial distress. Bisnis-Net Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 3(2), 90–102.
Husna, A., & Satria, I. (2019). Effects of return on asset, debt to asset ratio, current ratio, firm size, and dividend payout ratio on firm value. International Journal of Economics and Financial, 9(5), 50–54.
Indrayani, N. K., Endiana, I. D. M., & Pramesti, I. G. A. A. (2021). Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, kebijakan dividen, akuntansi lingkungan, leverage, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 3(1), [halaman].
Kasmir. (2019). Analisis laporan keuangan. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Nirawati, L., Samsudin, A., Stifanie, A., Setianingrum, M. D., Syahputra, M. R., Khrisnawati, N. N., & Saputri, Y. A. (2022). Profitabilitas dalam perusahaan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 5(1), 60–68.
Ningrum, R. A. (2021). Pengaruh kebijakan dividen, profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017–2019 [Tesis]. Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Oktavia, D., & Nugraha, N. M. (2020). Aneka industri yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2014–2018. Jurnal Computech & Bisnis, 14(1), 1–9.
Oviani, N. P. B. (2021). Pengaruh keputusan investasi, kebijakan hutang, current ratio, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018–2020 [Tesis]. Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Putri, M. L. (2019). Pengaruh profitabilitas, likuiditas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016–2018 [Tesis]. Denpasar.
Radja, F. L., Artini, L. G. S., & Gede, S. (2020). The effect of firm size, profitability, and leverage on firm value. International Journal of Economics and Management Studies, 7(11), 18–24.
Ranti, M., & Pertiwi, T. K. (2022). Pengaruh profitabilitas, leverage, dan risiko bisnis terhadap nilai perusahaan otomotif dan komponen Bursa Efek Indonesia (BEI). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen), 9(1), 12–20.
Siagian, A. O., Asrini, & Wijoyo, H. (2022). Pengaruh ukuran perusahaan, akuntansi lingkungan, leverage, kebijakan dividen, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ikraithekonomika, 5(2), 68.
Suardana, I. K., Endiana, I. D. M., & Arizona, I. P. E. (2020). Pengaruh profitabilitas, kebijakan utang, kebijakan dividen, keputusan investasi, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 2(2).
Syahrani, K. M., Merawati, L. K., & Tandio, D. R. (2023). Pengaruh leverage, pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan, risk profile, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Inovasi Akuntansi, 1(1), 32–44.
Utami, W. D., & Darmayanti. (2018). Pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan food and beverage. Jurnal. Universitas Udayana (Unud), 7(10).
Vianti, M., Zakaria, A., & Fauzi, A. (2023). Pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan properti dan real estate. Jurnal Akuntansi, Perpajakan dan Auditing, 4(2), 307–324.
Wulandari, C., & Efendi, D. (2022). Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 11(6).
Yuniastri, N. P., Endiana, I. D. M., & Kumalasari, P. D. (2021). Pengaruh profitabilitas, kebijakan dividen, keputusan investasi, struktur modal, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017–2019. Karma (Karya Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ni Kadek Dwi Saskarini, I Gusti Ngurah Bagus Gunadi, Agus Wahyudi Salasa Gama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.