PENGARUH PROFITABILITAS, KEPUTUSAN INVESTASI, DAN KEPUTUSAN PENDANAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PROPERTI DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Ni Kadek Yunita Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Widnyana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ngurah Bagus Gunadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Profitabilitas, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Nilai Perusahaan

Abstract

Perusahaan sebagai entitas ekonomi lazimnya memiliki tujuan dalam jangka pendek dan jangka panjang. Dalam jangka pendek perusahaan bertujuan memperoleh laba secara maksimal dengan menggunakan sumber daya yang ada, sementara dalam jangka panjang tujuan utama perusahaan adalah memaksimalkan nilai perusahaan. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas, Keputusan Investasi dan Keputusan Pendanaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Teknik dalam pemilihan sampel yang digunakan adalah menggunakan teknik pemilihan sampel non acak (purposive sampling) sehingga didapat sebanyak 43 perusahaan yang sesuai dengan kriteria. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis  regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Profitabilitas dan Keputusan Investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan, sedangkan Keputusan Pendanaan tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan.

References

Aditya, Purwitasari Devi. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijkan Dividen terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta. Alfabeta.

Brigham, Eugene F. dan Houston, Joel F. 2011. Dasar-dasar Manajemen. Keuangan Terjemahan (Ali Akbar). Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Diah, Puspita Rini, dan Winarno. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Yang Termasuk Dalam Indeks LQ45. E-Jurnal Manajemen, Universitas Negeri Yogyakarta.

Fajaria, Ardina Zahra. 2015. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Program Study Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Halim, Abdul. 2013. Analisis Investasi. Edisi Pertama, Penerbit Salemba Empat: Jakarta.

Hasnawati, Sri. 2005. Dampak Set Peluang Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Publik Di Bursa Efek Indonesia Jakarta: Jurnal Akutansi dan Auditing Indonesia. Vol. 9.2, Hlm 117-126.

Hendra, I Putu., dan Sri, Luh Gede. 2019. Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen, Universitas Udayana, Vol 8 No. 2

Hermawati, Titin. 2013. Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan yang termasuk Indeks Kompas 100 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Negeri Padang.

Husnan, Suad dan Pudjiastuti, Enny. 2012. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi Keenam, Cetakan Pertama, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Indriyani, Eka. 2017. Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Akuntansi, Vol. 10 No. 2.

Juniari, Ni Kadek Dwi. 2019. Pengaruh Profitabilitas, Keputusan Investasi dan Keputusan Pendanaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Jusriani, Ika Fanindya, dan Shiddiq Nur Rahardjo. 2013. Analisis Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2011). Diponegoro Journal Of Accounting, 2(2), h: 1- 10.

Mulyadi. 2001. Akuntansi Manajemen. Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.

Myers, S.C. (1984). The Capital Structure Puzzle. Journal of Finance. V.39 (3): 573-592.

Novasari, Ema. 2013. Pengaruh PER, EPS, ROA dan DER Terhadap Harga Saham Perusahaan Subsektor Industri Textile yang Go Public di Bursa Efek Indonesia(DEI) tahun 2009-2011. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Nurhayati, M. (2013). Profitabilitas, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan Pengaruhnya Terhadap Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan Sektor Non Jasa. Jurnal Keuangan dan Bisnis, Vol. 5, No. 2.

Oktiwianti, Eka Dela., Nurhayati, Mafizatun. 2020. Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Farmasi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017. Jurnal Ilmiah Universitas Mercu Buana,Vol. 10 No. 2 (2020).

Pirashanthini, S, and Nirmalathasan B. 2013. Capital Structure and Firm Value: An Empirical Study of Listed Manufacturing Firm in Sri Lanka. Merit Search Journal of Art, Social Science and Humanities, 1(6), pp: 086- 091.

Prasetyorini, Bhekti F. (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning Ratio dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Manajemen. 1(1), hal.183-196.

Safitri, Lia Achmad. 2014.”Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen dan Kinierja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol.3 No.9

Saleem, Faiza., Bisma Rafique, Qaiser Mehmood, Muhammad Irfan, Rabia Saleem, Sidra Tariq, dan Ghazala Akram. 2013. The Determinant of Capital Structure of Oil and Gas Firms Listed on Karachi Stock Exchange In Pakistan. Interdisciplinary Journal of Contemporary Reaserch In Business, Vol. 4 No.9, pp: 225-235.

Sartini, Luh Putu Novita., dan Purbawangsa, Ida Bagus Anom.(2014). Pengaruh Keputusan Investasi, Kebijakan Dividen, Serta Keputusan Pendanaan Terhadap Nilai Perusahaan manufakturdi Bursa Efek Indonesia. E-jurnal Manajemen. Universitas Udayana, Vol. 3, No. 8

Sartono, Agus. 1997. Manajemen Keuangan. BPFEE, Yogyakarta.

Setiawan, Andre. 2018. Pengaruh Profitabilitas, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan yang Bergabung dalam Jakarta Islamic Index. Skripsi. Program Study Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Surmadewi, Ni Komang Yulan, dan Saputra, I Dewa Gede Dharma. 2019. Pengaruh Likuiditas, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana,Vol 08, No 06 Tahun 2019.

Tunnisa, Sarah Rizkia. 2016. Pengaruh Kebijakan Hutang Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Program Study Akutansi Universitas Pasundan. Bandung.

Ummi., Istiadah. 2015. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Nominal, Vol. 4, No. 2.

Weston, J Fred, dan Brigham, Eugene F. 1991. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta : Erlangga.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles