Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Prosedur Newman Di Kelas IX C SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar

Authors

  • Adelvina Dewanti Dena Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Gusti Ayu Made Arna Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Suarniti Noviantari Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/pemantik.v5i2.12426

Keywords:

Analisis kesalahan, Bangun ruang sisi datar, Pemecahan masalah, Prosedur newman

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat diketahuinya jenis dan penyebab masalah yang dihadapi siswa yang siswa kelas IX C SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar terkait penyelesaian soal bangun ruang sisi data berdasarkan Prosedur Newman, ditemukan bahwa siswa melakukan berbagai jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal, yaitu kesalahan membaca, memahami masalah, transformasi masalah, proses penyelesaian, dan penulisan jawaban akhir. Penyebab utama kesalahan tersebut meliputi kurangnya pemahaman terhadap istilah soal, ketidaktelitian, ketidaktahuan atau kelupaan terhadap rumusan yang digunakan, serta kurangnya latihan dan kebiasaan dalam kesimpulan jawaban. Kesalahan yang paling sedikit dilakukan adalah kesalahan membaca (4,31%), sedangkan kesalahan yang paling sering dilakukan adalah kesalahan penulisan jawaban akhir (50,41%). Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih menekankan pada pemahaman konsep, ketelitian, serta pembiasaan dalam kesimpulan jawaban untuk mengurangi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika.

Downloads

Published

01-09-2025

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>