PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL EXHIBITION BERBASIS RME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA
DOI:
https://doi.org/10.36733/pemantik.v3i1.6399Keywords:
High Order Thinking Skills (HOTS), Realistic Mathematics Education (RME), Virtual Exhibition, ImplementationAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan HOTS siswa melalui media pembelajaran virtual exhibition berbasis RME. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya HOTS siswa dalam mata pelajaran matematika. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8A SMP Negeri 10 Denpasar pada tahun ajaran 2021/2022. Materi dalam penelitian ini adalah lingkaran yang mencakup konsep dasar, karakteristik, keliling, dan luas daerah lingkaran.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Penelitian ini menggunakan 2 teknik analisis data yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis kualitatif menggunakan model seperti model matematika dan analisis yang dilakukan terbatas pada teknik manajemen data dengan melakukan deskripsi. Analisis data kuantitatif bertujuan untuk mengukur HOTS siswa dalam bentuk skor dan persentase menggunakan tingkat perhitungan sederhana. Hasil pada siklus I, perubahan terlihat pada perkembangan HOTS siswa dari 68 menjadi 71.125 dengan ketuntasan belajar mencapai 62.5%. Namun, nilai tersebut belum memenuhi batas minimum dari nilai ketuntasan minimal. Pada siklus II, rata-rata nilai siswa mencapai 84,125 dengan ketuntasan belajar mencapai 87,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran pembelajaran virtual exhibition berbasis RME dapat meningkatkan HOTS siswa dalam mata pelajaran matematika.